img_title
Foto : Unsplash/The Dancing Rain

IntipSeleb – Ada banyak keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa jadi jarang diketahui meskipun banyak umat Islam membacanya setiap hari dalam salat. Surat yang menjadi salah satu syarat sah dalam salat ini merupakan surat pembuka dalam Al-Qur’an.

Saat membuka kitab suci Al-Qur’an, surat ini akan menjadi yang pertama kali kita temui. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya posisi surat Al-Fatihah dalam aspek ibadah yang dilakukan seluruh umat Islam.

Menurut para ulama, dalam surat ini terkandung makna dari keseluruhan Al-Qur’an. Dalam surat Al-Fatihah terdapat kandungan nilai tauhid, hukum jaza’, jalan hidup bani Adam, dan masih banyak lagi. Segala kandungan tersebut membuat surat yang satu ini juga disebut sebagai induknya Al-Quran atau Ummul Quran.

Tak hanya memiliki kandungan dan makna yang luas, surat Al-Fatihah juga memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan. Ingin tahu apa saja keutamaan surat Al-Fatihah ini? Yuk, cari tahu dan simak sampai akhir!

Seklias Tentang Surat Al-Fatihah

aura-ilmu.com
Foto : aura-ilmu.com

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keutamaan surat Al-Fatihah, akan lebih baik jika mengenal seperti apa surat ini terlebih dahulu. Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat dan termasuk ke dalam kategori surat Makkiyah yang berarti surat ini diturunkan di kota Mekkah.

Topik Terkait