img_title
Foto : Pexels.com

IntipSelebDoa meminta jodoh menjadi salah satu hal yang dipanjatkan bagi banyak insan manusia karena ingin memiliki pasangan sesuai dengan kriteria serta terbaik dari Allah SWT. Sehingga banyak yang bersungguh-sungguh dalam memanjatkan doa meminta jodoh.

Lantas sebenarnya apasih yang dimaksud dengan jodoh? Dalam Islam sendiri, jodoh merupakan anugerah yang Allah SWT berikan kepada kita, sama halnya dengan takdir lain seperti rezeki dan maut. Jodoh telah ditentukan oleh Allah SWT jauh sebelum kita lahir ke dunia. Jodoh yang telah ditentukan sejak sebelum lahir juga telah dijelaskan pada Surat An Nisa ayat 1 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” – (Q.S. An Nisa (4:1).

Untuk membina rumah tangga, pastinya banyak individu yang ingin memiliki pasangan satu frekuensi. Dalam artian, bisa berkomunikasi dan saling memahami menjadi kuncinya. Belajar bersama-sama untuk menjadi pasangan yang lebih baik kedepannya. Sehingga doa meminta jodoh jadi salah satu cara untuk mendapatkan pasangan yang ingin bersama kita untuk kedepan. Bagimana ciri-ciri jika dia jodoh kamu?

1. Nyaman

Dengan rasa nyaman, seseorang akan merasa kalau selama bersamanya akan dipenuhi dengan rasa bahagia. Rasa nyaman dalam hubungan kisah cinta bisa dibilang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata karena mengalir begitu saja. Bahkan, rasa nyaman ini akan selalu ada walaupun aktivitas yang dilakukan tidak selalu sama.

2. Percaya Satu Sama Lain

Rasa saling percaya akan menghilangkan kecurigaan-kecurigaan dalam suatu hubungan percintaan. Kamu harus percaya dengan dia, sehingga menciptakan rasa saling percaya satu sama lain. Adanya rasa saling percaya bukan hanya menciptakan saling mengerti dan memahami saja, tetapi keharmonisan akan terus meningkat. Maka dari itu, sebelum melangkah lebih jauh, kamu dan pasangan harus bisa membangun pondasi rasa saling percaya terlebih dahulu agar lika-liku di masa depan dapat diselesaikan dengan bersama-sama.

3. Jadi Diri Sendiri

Dalam suatu hubungan percintaan, menjadi diri sendiri itu sangat penting karena seseorang tidak perlu berubah. Pasalnya kita sudah diciptakan dengan karakter masing-masing. Seseorang akan berubah jika dirinya sadar, sehingga jika kamu mengingatkan apapun dan berharap orang akan berubah, itu akan sulit jika bukan dirinya yang sadar. Sehingga dengan menjadi apa adanya, rasa nyaman dengan kekasih tetap bisa tercipta. Jadi, perlu yang perlu digarisbawahi adalah hubungan percintaan tetap akan harmonis dan bahagia dengan menjadi diri sendiri.

4. Saling Menghargai

Kehidupan dan hobi ini yang sudah ada ini harus bisa saling dihargai, kamu harus bisa menghargai pasanganmu dan kekasihmu juga harus bisa menghargai kehidupan dan hobimu.

Lantas apa saja yang harus dipanjatkan dalam doa meminta jodoh? Yuk intip bareng IntipSeleb.

1. Al-Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَ

al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْ

ar-raḥmānir-raḥīm

Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْ

māliki yaumid-dīn

Pemilik hari pembalasan.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْ

iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

ۙihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّلِّيْنَ

ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

2. Doa Meminta Berjodoh dengan Orang Baik

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

3. Doa Wanita Agar Mendapat Jodoh

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi habli milladunka jaujan toyyiban wayakuuna soohiban lii fiiddiini wa dunya wal akhirah.

Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

4. Doa Pria Agar Mendapat Jodoh

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii miladunka zaujatan toyyibah akhtubuha wa atazzawaju biha watakuunu sohibatan lii fiddiini waddunya wal akhiroh.

Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang gua lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

5. Doa Meminta Jodoh yang Nyaman

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.

6. Doa Jodoh Akan Datang dengan Percaya

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ -

Wa ming kulli syai`in khalaqnā zaujaini la'allakum tadzakkarụn

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).

7. Bunyi Ayat Soal Jodoh

سُبْحٰنَ الَّذِيْ خَلَقَ الْاَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُبِتُ الْاَرْضُ وَمِنْ اَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُوْنَ

Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.

8. Ayat Soal Jodoh

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ اَزْوَاجًا وَّذُرِّيَّةً ۗوَمَا كَانَ لِرَسُوْلٍ اَنْ يَّأْتِيَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗلِكُلِّ اَجَلٍ كِتَابٌ

Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad) dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Tidak ada hak bagi seorang rasul mendatangkan sesuatu bukti (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Untuk setiap masa ada Kitab (tertentu).

Itulah beberapa doa dan bunyi ayat mengenai jodoh. Semoga doa meminta jodoh ini dikabulkan oleh Allah SWT agar kamu segera mendapatkan pasangan hidup terbaik di dunia dan akhirat, sehingga pasrahkan semua, ikhtiar, dan percaya pada Allah SWT. (rth)

Topik Terkait