img_title
Foto : Instagram/@kotatuajakarta.id

IntipSeleb Gaya Hidup – Warga Jakarta pasti sudah sangat akrab dengan Kota Tua yang terkenal dengan bangunan tua khas ala Belanda. Kota Tua Jakarta menjadi icon ibu kota yang tak lekang oleh zaman, walau sudah melewati ratusan tahun setelah penjajahan kolonial Belanda.

Mengunjungi ibu kota Jakarta tidak akan lengkap tanpa kita mengenal satu ikon perkembangan peradaban yang berjaya pada masa kolonial ini, Kota Tua Jakarta.

Salah satu ikon ibu kota negara Republik Indonesia selain Taman Mini Indonesia Indah dan Monas. Kota Tua Jakarta adalah sebutan bagi sebuah bangunan gedung cagar budaya yang dipertahankan hingga kini untuk mengenang awal terbentuknya Jakarta.

Pada masa lalu gedung Kota Tua adalah simbol kekuasaan dan kejayaan yang diperebutkan oleh banyak pemimpin besar. Konon siapapun yang berhasil menguasai wilayah ini maka dia adalah pemimpin sejati.

Jadi, wajar saja bila ikon gedung tua ini sangat dijaga kelestariannya hingga sekarang. Penasaran dengan sejarah Kota Tua Jakarta dan ragam wisatanya? Baca artikel di bawah ini ya.

Sejarah Kota Tua Jakarta

Instagram/@kotatuajakarta.id
Foto : Instagram/@kotatuajakarta.id

Kota Tua Jakarta terletak diantara dua kotamadya yaitu Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Tepatnya di Kelurahan Pinansia, Kecamatan Tamansari.

Posisinya yang sangat strategis ini membuat Kota Tua Jakarta mudah disinggahi oleh penjajah melalui Pelabuhan Sunda Kelapa. Bahkan berbagai kerajaan turut memperebutkan kekuasaan di Kawasan Kota Tua Jakarta ini.

Topik Terkait