img_title
Foto : SM TOWN

IntipSeleb Gaya HidupEXO merupakan salah satu boy group K-Pop asal SM Entertainment yang sangat terkenal dan memiliki fandom besar dan solid bernama EXO-L, sebutan untuk para penggemarnya.

Grup yang satu ini terkenal bukan hanya karena debut dari agensi besar di Korea Selatan, namun juga karena bakat dan visual para anggotanya yang tak main-main.

Meski kini memiliki nama besar di industri musik K-Pop, bukan berarti jalan mereka mulus sejak awal. Perjuangan EXO untuk sampai di puncak karier pun penuh dengan kendala dan rintangan berat yang harus dihadapi.

Penasaran ingin kenal lebih jauh tentang grup multitalenta yang satu ini? Yuk, cari tahu sama-sama lewat sederet fakta berikut ini.

5 Fakta Grup EXO

1. EXO Debut dengan Konsep Tak Biasa

Dok. EXO
Foto : Dok. EXO

EXO pada awalnya dibentuk atas dasar ide dari Lee Soo Man selaku CEO SM Entertainment yang berkeinginan untuk mendebutkan sebuah boy group baru yang menjadi penerus dari Super Junior.

Kala itu, Super Junior begitu sukses membawa gelombang K-Pop ke kancah internasional lewat berbagai lagu hits mereka mulai dari Sorry Sorry, Bonamana, hingga Mr. Simple.

Sehingga akhirnya pada tahun 2012, EXO resmi debut. Kala itu debut grup baru SM Entertainment ini begitu dinanti. Sampai-sampai teaser pertamanya saja sudah mampu menghebohkan publik yang antusias menunggu.

Konsep debut yang diusung oleh grup yang awalnya beranggotakan 12 orang ini pun terbilang unik dan beda dari boy group lainnya. Mereka debut dengan mengusung konsep sebagai makhluk luar bumi yang memiliki kekuatan super masing-masing.

Untuk memperkenalkan konsep yang diusung grup ini, di awal debut EXO merilis total 23 video teaser yang menampilkan masing-masing anggota beserta kekuatan mereka, serta lagu-lagu yang ada di album perdana mereka.

Dalam serangkaian video teaser tersebut, kekuatan para anggota EXO adalah sebagai berikut:

Kai-Teleportation, Suho-Water, Baekhyun-Light, Chanyeol-Flame, Kyungsoo-Earth, Chen-Lightning, Sehun-Wind, Kris-Flight (Dragon), Luhan-Telekinesis, Tao-Time Control, Xiumin-Frost, Lay-Healing.

2. Arti Nama EXO

Soompi.com
Foto : Soompi.com

Tak hanya konsepnya yang unik dan berbeda, nama grupnya sendiri pun memiliki arti tersendiri yang cukup filosofis. EXO memiliki arti yaitu outsider atau sesuatu yang berasal dari luar.

Mereka dikisahkan merupakan para makhluk dari luar bumi dan berasal dari planet tersendiri yang dinamakan EXOPLANET.

Anggota EXO yang ketika debut berjumlah 12 orang pun terbagi menjadi dua sub unit, yakni EXO-K dan juga EXO-M.

EXO-K merupakan sub unit yang khusus membawakan lagu-lagu yang berbahasa Korea. Sedangkan EXO-M adalah sub unit selanjutnya yang bertugas membawakan lagu berbahasa Mandarin dan berfokus pada promosi di China.

Meski terbagi dua, namun lagu yang dibawakan oleh kedua sub unit tersebut sebenarnya adalah sama saja. Faktor utama yang membedakan kedua sub unit tersebut adalah dari segi formasi personil dan juga bahas ayang digunakan pada lagunya.

Anggota yang tergabung dalam EXO-K semuanya berasal dari Korea Selatan yakni Suho, Baekhyun, Chanyeol, Kyungsoo, Kai dan juga Sehun.

Sedangkan mereka yang tergabung dalam sub unit EXO-M terdiri dari empat anggota asal China yaitu Kris, Tao, Luhan dan Lay, serta dua anggota Korea Selatan yakni Xiumin dan Chen.

3. EXO Sempat Dicap Produk Gagal SM Entertainment

Soompi.com
Foto : Soompi.com

Walaupun debut dengan konsep yang unik dan musik video yang apik dengan efek visual tak main-main, tetapi grup ini sempat mendapat kritik dari netizen di Korea Selatan. Mereka sempat mengatakan EXO sebagai produk gagal dari agensi besar seperti SM Entertainment.

Akan tetapi, para personil EXO tak mau menyerah dan terus mengeluarkan karya serta menunjukkan bakat terbaik mereka meski saat itu banyak komentar pedas yang menyudutkan mereka.

Kedua belas idol multitalenta itu terus tampil dari satu panggung ke panggung lainnya meski terkadang apa yang mereka dapatkan tidak sebanding. Grup ini bahkan pernah dibayar hanya dengan sekantung beras.

Akhirnya kerja keras dan jerih payah grup yang digawangi oleh Suho ini terbayar di tahun 2013 silam. Mereka meraih popularitas besar dan mulai menanjak tangga kesuksesan berkat lagu hits mereka yang berjudul Growl.

Lagu tersebut membuat EXO banyak menyabet penghargaan dari berbagai ajang penghargaan musik ternama di Korea Selatan. Sehingga grup mereka pun perlahan mulai dihormati dan fandom EXO-L menjadi semakin luas lagi.

Growl bahkan berhasil meraih penjualan sebanyak 1 juta album hanya dalam beberapa hari. Prestasi tersebut membuat mereka berhasil memecahkan rekor yang dipegang oleh grup legendaris yakni g.o.d.

4. Harus Kehilangan Tiga Personel Sekaligus

EXO
Foto : EXO

Rintangan lainnya yang harus dihadapi oleh grup EXO adalah merelakan tiga anggota mereka hengkang dari grup. Tak tanggung-tanggung, ketiga anggota tersebut hengkang di tahun yang sama.

Mereka adalah Kris, Luhan, dan Tao yang ketiganya sama-sama mengajukan tuntutan kepada SM Entertainment sebelum memutuskan meninggalkan grup.

Kepergian Kris, Luhan, dan Tao mengejutkan banyak pihak dan meninggalkan luka tersendiri bagi anggota EXO lainnya dan juga para penggemar yang sudah mendukung dan menemani mereka sejak awal debut.

Meski begitu, EXO tetap melanjutkan perjalanan mereka dan terus berkarya mengeluarkan berbagai musik baru. Mereka pun terus mengukir banyak prestasi dengan karya-karya yang dipersembahkan.

Karena banyaknya prestasi dan penghargaan yang dikumpulkan, EXO bahkan mendapatkan julukan ‘daesang all kill’ karena seringkali berhasil menyabet berbagai piala di ajang musik bergengsi Korea Selatan.

Beberapa prestasi membanggakan yang berhasil diberikan oleh grup ini di antaranya adalah penghargaan Album of the Year selama empat tahun berturut-turut, yakni dari tahun 2013 hingga 2016.

Kemudian pada tahun 2017, mereka berhasil menyabet penghargaan Song of the Year. Serta di tahun 2018 EXO mendapatkan penghargaan Fandom Award.

5. Anggota EXO Jajal Dunia Akting

Dok. Secred
Foto : Dok. Secred

Para anggota EXO semakin membuktikan bahwa mereka adalah idol multitalenta dengan melebarkan sayap mereka ke dunia akting.

Salah satu anggota EXO yang paling sukses di dunia seni peran adalah Doh Kyungsoo atau yang biasa disebut D.O EXO. Ia telah banyak membintangi drama hingga sederet film layar lebar.

Untuk drama televisi, beberapa judul populer seperti To the Beautiful You (2012), It’s Okay That’s Love (2014), hingga 100 Days My Prince (2018) telah dibintanginya.

Sedangkan untuk film layar lebar, D.O EXO juga memerankan tokoh penting di sederet judul seperti My Annoying Brother (2016), Along with the Gods: The Last 49 Days (2018), Swing Kids (2018), hingga Underdog (2019).

Selain D.O, personil EXO lainnya yang juga menjajal dunia akting yakni Baekhyun yang terkenal membintangi Scarlet Heart: Ryeo/Moon Lovers (2016), Chanyeol di drama Missing Nine (2017) hingga So I Married My Anti Fan (2017).

Ada pula Xiumin yang berperan di Seondal Kim-The Man Who Sells the River (2016). Begitu juga dengan Suho di drama One Way Trip (2016), hingga Rich Man (2018).

Tak ketinggalan Sehun yang beradu akting dengan Song Hye Kyo di drama Now, We Are Breaking Up (2021), serta Kai di drama Andante (2017), dan The Miracle We Met (2018)

Topik Terkait