img_title
Foto : Sbs.com.au

IntipSeleb Gaya HidupTVXQ adalah salah satu boyband Korea Selatan legendaris yang masih aktif hingga saat ini. Meski boyband yang didebutkan oleh agensi SM Entertainment ini sekarang hanya beranggotakan dua orang, namun sejarah yang ditorehkannya terus dikenang oleh para penggemar.

Tak hanya itu, karya-karya yang dirilis oleh TVXQ juga masih menjadi pembicaraan hingga saat ini, contohnya seperti lagu “Mirotic” yang diluncurkan pada 2008 silam.

Pengaruh yang diberikan oleh boyband ini untuk industri musik K-Pop pada masa mereka debut pun tidak main-main. Selain itu meski mendulang sukses besar hingga menjadi grup K-Pop legendaris, perjalanan karier mereka penuh dengan lika-liku.

TVXQ juga memiliki banyak fakta menarik yang mungkin belum diketahui oleh para penggemar K-Pop. Apa saja? Yuk, simak lebih lengkapnya berikut ini.

7 Fakta Menarik TVXQ

1. TVXQ Punya Bakat Vokal Terbaik Sejak Trainee

Allkpop.com
Foto : Allkpop.com

Ternyata grup ini terdiri dari anggota yang memiliki kemampuan vokal terbaik sejak trainee. Hal itu karena setiap anggota TVXQ seharusnya debut sebagai penyanyi solo atau menjadi pemimpin dari 5 grup yang berbeda.

Hanya saja karena keterbatasan dana, SM Entertainment akhirnya mengumpulkan mereka semua dalam satu grup dan membentuk TVXQ dengan konsep grup acapella-dance. Menurut Lee Soo Man, anggota yang ia pilih adalah anggota terbaik.

2. Nama Grup Awalnya Dianggap Mengecewakan

Allkpop
Foto : Allkpop

Ternyata para anggota grup awalnya kecewa dengan nama yang dipilih oleh Lee Soo Man. Nama TVXQ atau DBSK sendiri menurut Lee Soo Man memiliki arti yaitu ‘Dewa yang Bangkit dari Timur’.

Meski memiliki nama yang cukup filosofis, nyatanya para anggota tetap kecewa. Bahkan dua dari lima anggota, yakni Yunho dan Jaejoong, sempat menangis setelah mengetahui nama tersebut.

Meski awalnya sempat tidak menyukai nama dari grup mereka sendiri, namun pada akhirnya para anggota dapat menerima. Apalagi, perlahan-lahan grup mereka mendulang kesuksesan di industri musik K-Pop.

3. TVXQ Menyelamatkan Industri Musik K-Pop

Allkpop.com
Foto : Allkpop.com

Salah satu pengaruh besar yang diberikan oleh grup yang satu ini untuk industri musik Korea Selatan adalah menjadi penyelamat bagi musik K-Pop.

Hal itu dikarenakan pada awal tahun 2000-an, minat masyarakat Korea Selatan terhadap musik K-Pop diketahui mulai hilang dan sudah tidak seantusias sebelumnya. Sehingga perlahan industri musik K-Pop pun mulai sekarat dan dalam bahaya karena kurangnya pemasukan.

Namun kondisi tersebut berubah setelah grup yang beranggotakan 5 orang ini debut di tahun 2003 silam dengan lagu mereka yang berjudul “Hug”. Saat itu perhatian masyarakat langsung tertuju pada TVXQ dan debut mereka disambut dengan meriah.

Kondisi tersebut membuat industri musik K-Pop mulai menggeliat naik, dan penjualan musik digital juga turut meningkat.

Kemudian di tahun 2004, album debut mereka berhasil mencapai total penjualan yang fantastis pada saat itu, yakni mencapai 800 ribu keping.

Ditambah lagi, TVXQ perlahan-lahan mulai mendapatkan popularitas mereka di Asia, terutama di China dan Jepang. Sehingga industri musik K-Pop tidak hanya kembali bangkit, namun juga berhasil melakukan ekspansi ke negara Asia lainnya.

4. Masuk Guinness World Record Hingga 2 Kali

Instagram/tvxq.official
Foto : Instagram/tvxq.official

Kepopuleran yang berhasil mereka raih membuat grup ini bahkan berhasil tercatat dalam Guiness World Record sebanyak dua kali, yakni di tahun 2008 dan 2009.

Di tahun 2008, mereka tercatat sebagai grup yang memiliki grup penggemar resmi dan berbayar yang terbesar. Diketahui grup penggemar TVXQ yang bernama Cassiopeia menjadi fandom K-Pop terbesar saat itu dengan jumlah anggota tercatat lebih dari 800.000 orang.

Sayangnya klub penggemar TVXQ Korea harus ditutup di tahun 2009 lantaran terjadinya perpecahan di dalam grup, yang menyebabkan tiga anggota yakni Jaejoong, Yoochun, dan Junsu harus hengkang dari grup.

Meski terjadi perpecahan, namun di tahun 2009 itu pula mereka kembali mencatatkan nama di Guiness World Record untuk yang kedua kali sebagai grup yang paling banyak difoto di tahun 2009.

Diketahui melalui berbagai kegiatan resmi yang mereka jalankan, grup ini memiliki total foto hingga lebih dari 500 juta. Angka yang fantastis, ya?

5. TVXQ Menjadi Grup K-Pop dengan Penghasilan Tertinggi

Instagram/tvxq.official
Foto : Instagram/tvxq.official

Prestasi lainnya yang berhasil ditorehkan oleh grup yang digawangi oleh Yunho ini adalah dengan dinobatkan sebagai grup K-Pop yang memiliki penghasilan tertinggi.

Di tahun 2009, TVXQ menduduki peringkat pertama grup dengan penghasilan tertinggi, dengan capaian hingga USD 109 juta. Peringkat kedua diisi oleh Rain yang berhasil mengumpulkan pendapatan USD 53 juta, dan posisi ketiga adalah BIGBANG dengan perolehan USD 17 juta.

Kemudian di tahun 2013, menurut laporan media Korea Sports Seoul, TVXQ berhasil mengumpulkan total pendapatan hingga USD 1,1 miliar sejak mereka debut.

Daftar tersebut terus berlanjut hingga di tahun 2018, media Korea Cidermics melaporkan jika pendapatan mereka kembali bertambah hingga USD 2 miliar. Jumlah ini menjadikan TVXQ sebagai grup dengan penghasilan tertinggi di industri K-Pop.

6. Menciptakan Salah Satu dari 3 Konser Terbesar di Jepang

Instagram/tvxq.official
Foto : Instagram/tvxq.official

Popularitas grup ini di Jepang sudah tidak diragukan lagi. Selain Korea Selatan, Jepang menjadi negara dengan jumlah Cassiopeia terbanyak.

Kepopuleran tersebut membuat konser mereka berhasil tercatat sebagai salah satu dari Big Three atau tiga besar konser di Jepang bersama dengan Arashi dan EXILE yang merupakan dua grup terpopuler asal Negeri Matahari Terbit itu.

TVXQ juga pernah dinobatkan dalam posisi kedua sebagai grup yang tiket konsernya paling sulit didapatkan di Jepang. Hal itu karena besarnya persaingan dalam memperebutkan tiket konser mereka.

7. Mengalahkan 21 Artis Top di Jepang

Instagram/tvxq.official
Foto : Instagram/tvxq.official

Di Jepang terdapat sebuah ajang penghargaan musik tahunan yang bertajuk Kohaku Uta Gassen. TVXQ berpartisipasi dalam ajang tersebut sebanyak tiga kali yakni pada tahun 2008, 2009, dan 2011.

Pada tahun 2011, mereka berhasil mencatatkan kemenangan historis di ajang bergengsi Jepang itu. Pasalnya, TVXQ berhasil menang dengan perolehan suara sebesar 49,7% dari seluruh total suara yang diberikan.

Jumlah tersebut mengalahkan 21 artis dan grup musik top di Jepang seperti Arashi, AKB48, Perfume, SMAP, dan masih banyak lagi.

Hebatnya lagi, proses pemungutan suara hanya terbuka bagi mereka yang ada di Jepang. Sehingga penggemar dari Korea Selatan maupun penggemar internasional tidak dapat membantu dalam pemungutan suara tersebut.

Kemenangan mereka dalam Kohaku Uta Gassen di tahun 2011 itu pun membuktikan bahwa popularitas TVXQ di Jepang memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nah, seperti itulah 7 fakta menarik dari TVXQ yang menjadi salah satu grup legendaris Korea Selatan. Meski sempat mengalami keterpurukan akibat perpecahan di internal grup pada tahun 2009, namun TVXQ tetap mampu menunjukkan kekuatan mereka sebagai grup K-Pop legendaris. Kini, TVXQ hanya memiliki dua orang anggota saja yaitu Yunho dan Changmin. (jra)

Topik Terkait