img_title
Foto : Pinterest.com

IntipSeleb Gaya Hidup Manfaat madu mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas, tapi tahukah kamu manfaat propolis? Tidak jauh berbeda dengan madu itu sendiri, propolis juga bisa menghasilkan banyak dampak positif untuk tubuh manusia.

Khasiat propolis bahkan sudah dipercayai sejak zaman dahulu, jauh sebelum obat-obat modern mulai dimunculkan. Lantas, apa saja manfaat kesehatan dari propolis? Yuk simak dalam artikel ini.

Pengertian Propolis

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Sebelum membahas perihal manfaat propolis, kamu sendiri sudah tahu apa itu propolis? Propolis itu masih berkaitan dengan lebah dan madu juga loh!

Sebagai informasi, madu bukan satu-satunya yang dihasilkan lebah. Faktanya, lebah juga menghasilkan senyawa yang disebut propolis dari getah pada pohon berdaun jarum atau evergreen. Yang mana, lebah menggabungkan getah dengan kotoran dan lilin mereka sendiri, kemudian menciptakan produk lengket berwarna coklat kehijauan yang digunakan sebagai pelapis untuk membangun sarang mereka. Ini adalah propolis.

Penggunaan propolis sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, khususnya pada peradaban kuno dengan keunggulan khasiat obatnya. Propolis digunakan untuk obat abses orang Yunani, lalu orang Asyur mengoleskannya pada luka dan tumor untuk melawan infeksi dan membantu proses penyembuhan. Sedangkan lebih unik lagi orang Mesir yang menggunakan propolis untuk membalsem mumi.

Senyawa penyembuh dalam propolis

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Dalam laman Healthline, disebutkan bahwa para peneliti telah mengidentifikasi lebih dari 300 senyawa dalam propolis. Mayoritas senyawa ini adalah bentuk polifenol. Polifenol adalah antioksidan yang melawan penyakit dan kerusakan dalam tubuh.

Secara khusus, propolis mengandung polifenol yang disebut flavonoid. Flavonoid diproduksi pada tanaman sebagai bentuk perlindungan. Umumnya kandungan ini ditemukan dalam makanan memiliki sifat antioksidan, seperti:

  1. Buah-buahan
  2. Teh hijau
  3. Sayuran
  4. Anggur merah

Manfaat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

1. Propolis Membunuh Bakteri

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Manfaat propolis yang pertama yaitu mampu membunuh bakteri. Sebuah studi menyelidiki kemampuan anti-bakteri propolis lebah di mulut dan lebih khusus berkaitan dengan saluran akar.

Para peneliti membandingkan propolis dengan kalsium hidroksida, yang tampaknya merupakan anti-mikroba yang sangat efektif, dan menemukan bahwa propolis secara signifikan lebih kuat dalam menghilangkan kuman tertentu daripada kalsium.

Secara pengobatan tradisional, propolis telah digunakan untuk membunuh pilek dan flu. Penelitian ini dengan jelas menunjukkan bagaimana sifat membunuh bakteri yang kuat bekerja di seluruh tubuh.

2. Propolis Menurunkan Tekanan Darah

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Nitric oxide adalah zat yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Lapisan dalam pembuluh darah kita menggunakan oksida nitrat untuk memberi sinyal pada otot polos di sekitarnya untuk rileks, sehingga mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah.

Pengurangan kadar bioavailabilitas oksida nitrat memainkan peran penting dalam perkembangan tekanan darah tinggi. Tanpa itu, kita bisa mengalami serangan jantung.

Ada sebuah enzim yang disebut Tyrosine hydroxylase (atau disingkat TH) yang membatasi jumlah oksida nitrat dalam diri seseorang. Dan para peneliti menemukan bahwa propolis dapat menurunkan TH yang otomatis menurunkan tekanan darah.

Untuk itu, jika kamu menderita hipertensi, cobalah untuk mempertimbangkan penggunaan madu mentah, yang mengandung propolis, karena telah terbukti menurunkan tekanan darah.

3. Propolis Membantu Mengobati Penyakit Tulang

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Para ilmuwan pernah menyelidiki apakah Caffeic Acid Phenethyl Ester, senyawa yang sangat kuat yang ditemukan dalam propolis, dapat menghentikan atau membalikkan penyakit tulang osteolitik. Hasilnya, ditemukan bahwa senyawa ini sangat efektif dalam menekan senyawa inflamasi yang menyebabkan penyakit tulang.

Alhasil, para ilmuwan menyarankan bahwa propolis adalah pengobatan potensial untuk penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Jadi, manfaat propolis lainnya yang berkaitan dengan kesehatan adalah membantu membangun dan memelihara jaringan tulang yang sehat.

4. Propolis Membantu Mengobati Alergi

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Para ilmuwan memberikan propolis kepada tikus selama dua minggu dan menemukan bahwa propolis secara signifikan menghambat pelepasan histamin dari sel mast tikus. Histamin adalah senyawa yang membuat kita bersin, mata berair dan hidung meler, yang jelas umumnya membuat hidup kita lebih sulit. Anti-histamin adalah obat alergi utama yang dijual bebas.

Hasil temuan mereka dengan jelas menunjukkan bahwa propolis mungkin efektif dalam menghilangkan gejala rinitis alergi melalui penghambatan pelepasan histamin.

Jadi, manfaat propolis untuk kesehatan lainnya adalah kemampuannya untuk menenangkan gejala alergi musiman.

5. Propolis Meningkatkan Kematian Sel Kanker Prostat

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Kanker prostat adalah kanker yang umum didiagnosis pada pria. Tetapi ada berita menarik tentang penyakit mematikan ini, yang mana salah satu manfaat propolis untuk kesehatan tampaknya adalah mencegah dan menekan jenis kanker ini (setidaknya dalam tabung reaksi).

Para ilmuwan meneliti efek membunuh kanker dari propolis tingtur pada dua jenis umum kanker prostat. Mereka menyimpulkan bahwa tingtur propolis secara nyata meningkatkan kematian sel dalam sel kanker prostat dan menyarankan peran penting propolis dalam kemoprevensi kanker prostat.

6. Untuk Luka

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Propolis memiliki senyawa khusus yang disebut pinocembrin, sejenis flavonoid yang berfungsi sebagai antijamur. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba ini membuat propolis membantu dalam penyembuhan luka. Satu studi menemukan bahwa propolis dapat membantu orang yang mengalami luka bakar traumatis sembuh lebih cepat dengan mempercepat pertumbuhan sel baru yang sehat.

Studi lain menemukan bahwa ekstrak alkohol propolis topikal lebih efektif daripada krim steroid dalam mengurangi sel mast pada luka operasi mulut. Sel mast berhubungan dengan peradangan dan memperlambat penyembuhan luka.

7. Propolis Mengobati Luka Dingin dan Herpes Genital

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Salep yang mengandung 3% propolis, dapat membantu mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi gejala pada luka dingin dan luka akibat herpes genital.

Satu studi menemukan ketika propolis topikal dioleskan tiga kali sehari, itu membantu menyembuhkan luka dingin lebih cepat daripada tanpa pengobatan. Para peneliti menemukan bahwa krim propolis tidak hanya mengurangi jumlah virus herpes yang ada di tubuh seseorang, tetapi juga melindungi tubuh dari serangan cold sore nanti.

8. Propolis Membantu Kelola Diabetes

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Salah satu manfaat propolis lainnya yaitu berkaitan dengan kadar gula manusia. Ada sebuah penelitan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi propolis bisa membantu mengontrol gula darah dan mempengaruhi kadar insulin pada penderita diabetes aktif. Penelitan itu juga menunjukkan bahwa propolis memiliki aktivitas hipoglikemik dan memberi efek positif pada komplikasi diabetes.

9. Propolis Dapat Membantu Mengobati Keracunan Makanan

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Dalam sebuah penelitan, para ilmuwan menemukan bahwa propolis menghambat pertumbuhan C. jejuni, Enterobacter faecalis, dan Staphylococcus aureus, tiga serangga yang biasa ditemukan pada kasus keracunan makanan. Propolis dapat digunakan sebagai pendukung terapi tradisional untuk infeksi, terutama ketika antibiotik tidak menunjukkan aktivitas melawan mikroorganisme ini. Artinya, manfaat kesehatan propolis lainnya untuk kesehatan adalah untuk mengobati keracunan makanan.

10. Propolis Melindungi Gigi yang Cedera

pinterest.com
Foto : pinterest.com

Cedera traumatis pada gigi dapat menghadirkan situasi yang cukup kompleks pasca perawatan seperti peradangan. Kemudian, para ilmuwan mengevaluasi propolis sebagai agen anti-resorptif. Mereka ingin melihat apakah propolis dapat membantu mengendalikan peradangan ketika gigi seseorang dicabut sehingga mereka dapat memasang kembali giginya.

Dan apa yang ditemukan adalah ya, propolis memang membantu. Intinya, propolis memiliki aktivitas anti inflamasi yang sangat kuat di banyak area tubuh. Peradangan bertanggung jawab untuk penyakit seperti radang sendi, penyakit jantung, Alzheimer, dan banyak lagi. Sebagian besar penelitian terbaru menunjukkan bahwa salah satu manfaat kesehatan utama dari propolis sebenarnya adalah efek anti-inflamasi.

Kemungkinannya adalah orang yang mengonsumsi propolis secara teratur memiliki lebih sedikit peradangan di tubuh mereka dan pada akhirnya lebih sedikit penyakit, yang mengarah ke hidup yang lebih sehat.

Itulah dia tadi informasi seputar propolis, khasiatnya dan manfaat propolis bagi kesehatan. (bbi)

Topik Terkait