img_title
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

IntipSeleb Gaya Hidup – Di Tanah Air sudah banyak kasus kematian yang diakibatkan kanker serviks atau kanker leher rahim. Bahkan di tahun 2020 lalu, Data Observasi Kanker Dunia, Globocan mencatat ada 21.003 angka kematian.

Oleh karena itu, kenali virus Human Papillomavirus (HVP) yang bisa menyebabkan kanker serviks. Penasaran? Simak selengkapnya ulasan di bawah ini!

Bahaya Infeksi HVP

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Dalam satu kesempatan. Dokter spesialis kandungan dan ginekologi, Dr.dr. Cindy Rany SpOG-KFER memberikan informasi bahayanya infeksi HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks.

"Kanker serviks adalah kanker pada serviks (leher-rahim) bagian bawah pada rahim yang menghubungkan rahim dan vagina," tulisnya dikutip Intipseleb dalam presentasi dokter Cindy saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 2 November 2022.



Sebagai mana diketahui, Human papillomavirus atau HPV merupakan virus yang dapat menyebabkan infeksi dipermukaan kulit.

"Kanker serviks tidak terjadi secara tiba-tiba. Biasanya diperlukan waktu bertahun-tahun, walaupun terkadang dapat terjadi dalam waktu yang singkat," tulisnya.

Dalam keterangannya jika seorang perempuan terinfeksi HVP, namun sistem tubuhnya tak berhasil membunuh virus tersebut. Maka, HVP dapat mengakibatkan sel darah didaerah serviks menjadi abnormal.

Bila tidak terdeteksi atau diobati secara dini, maka sel-sel abnormal ini akan berkembang menjadi prokanker dan secara bertahap akan menjadi kanker.

Angka Kematian Kanker Servik Paling Banyak di Indonesia

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati
Topik Terkait