img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb Gaya Hidup – Umumnya, museum adalah tempat untuk menyimpan sejarah atas kejadian atau peristiwa di masa lalu, baik itu dalam bentuk benda aslinya maupun tiruan.

Itulah mengapa, hampir semua museum bersejarah dibangun dengan bangunan lama. Alhasil, kisah-kisah mistis kerap melekat dengan museum itu. Seperti deretan museum di Jakarta berikut ini. Konon, beberapa museum ini dikenal paling angker di Jakarta. Apa saja?

1. Museum Fatahilah

berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Bagi para warga asli Jakarta pasti sudah nggak asing dengan museum yang terletak di kawasan Kota Tua ini. Museum dengan gaya bangunan khas Eropa ini sudah berdiri sejak 1707-1712 atas perintah Gubernur-Jenderal Joan van Hoorn. Halaman depan museum dan ruangan penjara bawah tanah di belakang pernah menjadi lokasi hukuman mati.

Usianya yang sudah ratusan tahun dan menjadi saksi berbagai macam peristiwa, membuat tempat ini diselimuti berbagai kisah mistis. Konon, cerita yang paling sering didengar dari Museum Fatahillah adalah sering terdengar suara tangisan serta bau amis darah.

Topik Terkait