img_title
Foto : Pixabay

IntipSeleb Gaya Hidup – Pekerjaan yang berat menuntut setiap orang untuk memiliki tubuh yang sehat dan tulang yang kuat. Tetapi, seiring bertambahnya usia kekuatan tubuh juga semakin berkurang.

Mulai dari tulang hingga sendiri mulai mengalami penurunan kekuatan. Hal ini dikenal sebagai istilah osteoarthritis atau nyeri sendi. Dibeberapa kasus penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan sendi secara permanen. Seperti apa bahaya dan cara pencegahannya? Berikut ulasannya.

Pengertian dan Penyebab Osteoarthritis

Pixabay
Foto : Pixabay

Osteoarthritis secara sederhana merupakan kondisi dimana sendiri mengalami keausan akibat dari penuaan. Masalah persendian ini bisa muncul ketika kartilago pelindung pada ujung tulang mengalami kerusakan seiring waktu.

Biasanya beberapa orang mengalami osteoarthritis pada bagian pinggul, lutut dan tulang belakang. Namun, sebenarnya penyakit ini bisa saja merusak seluruh sendi yang ada di bagian tubuh manusia.

“Sendi di tulang tumpuan dan sendi di jari tangan, lutut, pinggul dan tulang punggung merupakan bagian sendi yang paling sering terkena. Gejala yang timbul saat mengalami osteoarthritis akan berkembang secara perlahan,” ujar dokter spesialis orthopedi dan traumatologi, dr. Wijaya Johannes Chendra, SpOT(K) dalam keterangan yang diterima awak media, Kamis, 22 Desember 2022.

Topik Terkait