img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup – Hari Museum Internasional, juga dikenal sebagai Internasional Museum Day, dirayakan setiap tahun pada tanggal 18 Mei. Hari ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran penting museum dalam masyarakat, serta untuk mempromosikan pertukaran budaya, pemahaman, dan kerja sama antara museum di seluruh dunia.

Lantas, apa saja rekomendasi dari tempat Museum di Jakarta? Yuk, intip artikel di bawah ini!

Sejarah Hari Museum Internasional

everybodygoesblog.com
Foto : everybodygoesblog.com

Hari Museum Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1977 setelah dipilih oleh Dewan Internasional Museum (International Council of Museums/ICOM). ICOM adalah organisasi internasional yang didedikasikan untuk mempromosikan dan melindungi warisan budaya dan alamiah dunia, serta mengkoordinasikan kegiatan museum di seluruh dunia.

Setiap tahun, ICOM menetapkan tema khusus untuk Hari Museum Internasional, yang menjadi fokus acara dan kegiatan yang dilakukan oleh museum di berbagai negara. Tema-tema ini dapat berkisar dari topik seperti lingkungan, warisan budaya, inovasi, pendidikan, kesetaraan, dan banyak lagi. Tema tersebut dipilih untuk mencerminkan isu-isu aktual yang relevan dengan peran museum dalam masyarakat.

Selama Hari Museum Internasional, museum di seluruh dunia mengadakan berbagai kegiatan seperti pameran, tur, ceramah, pertunjukan seni, dan lokakarya. Tujuan utama adalah untuk melibatkan masyarakat dan mempromosikan pemahaman dan apresiasi terhadap kekayaan budaya yang diwakili oleh museum.

Topik Terkait