img_title
Foto : Instagram/halomajalengka

IntipSeleb Gaya HidupMajalengka dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak kesenian khas daerah dan permainan jadul yang hingga kini masih dilestarikan.

Bukan hanya kulinernya yang saja yang bikin ngangenin, kesenian khas Majalengka juga sukses membuat pengunjung terhibur saat mampir ke kotanya. Penasaran? Scroll artikel berikut!

Sampyong

Identik dengan segala permainan khas Jawa Barat yang menggunakan bahan dasar bambu, kali ini Senin tarung Sampyong yang merupakan kesenian lawas di Majalengka yakni mengandalkan adu ketangkasan kaki dimana setiap pemainnya harus memukul betis lawan.

Diiringi musik gamelan khas Sunda, biasanya Sampyong selalu menjadi pertunjukkan atraksi yang kini eksistensinya sudah mulai pudar. Dimainkan oleh dua orang dengan memakai busana buhun hitam khas Sunda, Sampyong ini cara mainnya yakni peserta mengikuti suara alunan kendang saat akan melakukan serangan.

Zaman dahulu, Sampyong ini digunakan sebagai persembahan upacara adat dan sebagai media silaturahmi dan lama-lama mulai dipertunjukkan untuk umum sebagai sarana hiburan masyarakat setempat.

Topik Terkait