img_title
Foto : Google Maps/PHREAKER BOYS | Irfan Firmansyah

IntipSelebKediri adalah salah satu wilayah di Jawa Timur. Kediri berlokasi di 130 kilometer dari sebelah barat daya Surabaya.

Seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia, Kediri memiliki sejarah yang panjang. Seperti apa? Mengutip berbagai sumber, yuk intip sejarah Kediri di bawah ini!

Sejarah Kediri

kediri
Source: Wikipedia

Sejarah Kediri dimulai pada abad ke-11 Masehi, ketika Kerajaan Kediri berdiri sebagai salah satu kerajaan besar di pulau Jawa. Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Raja Jayabaya, yang terkenal dengan ramalannya yang mendalam. Kediri pada saat itu menjadi pusat perdagangan yang penting dan tempat berkembangnya seni, sastra, dan arsitektur yang megah.

Namun, kejayaan Kerajaan Kediri tidak berlangsung lama. Pada abad ke-13, Kerajaan Singhasari yang dipimpin oleh Raja Ken Arok menaklukkan Kediri, mengakhiri kekuasaan Kerajaan Kediri. Singhasari kemudian digantikan oleh Majapahit, yang menjadikan Kediri sebagai salah satu provinsi di bawah kekuasaannya. Selama periode Majapahit, Kediri tetap menjadi pusat penting di pulau Jawa, dengan pembangunan kuil-kuil yang indah dan kegiatan perdagangan yang makmur.

Pada abad ke-16, kejayaan Majapahit mulai meredup dan Kediri jatuh ke tangan Kesultanan Demak. Di bawah kekuasaan Demak, Islam menjadi agama dominan di wilayah ini. Kediri tetap menjadi pusat perdagangan dan pengaruh Islam semakin kuat, dengan pembangunan masjid-masjid yang menghiasi kota.

Topik Terkait