img_title
Foto : Instagram/wanda_haraa

IntipSelebWanda Hara merupakan fashion stylist populer di Indonesia. Tercatat sederet artis sering memakai keluwesan Wanda dalam menyusun style-nya, seperti Nagita Slavina, Titi Kamal, hingga Lesti Kejora.

Kiprah Wanda Hara di dunia fashion stylish tercipa sejak lama. Bahkan, prospek karier pekerjaannya dulu tidak semenjanjikan sekarang.

Wanda Hara menekankan, seorang fashion stylist perlu percaya diri dengan penampilannya dan pakaiannya agar klien juga merasakan hal serupa. Yuk, langsung intip gimana Wanda Hara menjalani profesinya sebagai fashion stylist!

Awal Karier

Instagram/wanda_haraa
Foto : Instagram/wanda_haraa

Wanda Hara menjajal dunia fashion sebagai stylist dengan bekerja di sebuah majalah fashion di Jakarta. Suatu ketika, Wanda diajak Titi Kamal untuk menjadi fashion stylist-nya pada tahun 2006 silam. Kala itu, Titi bermain sinetron sehingga tidak sempat mengurus penampilan berpakaiannya.

Pertama kali kerja sama Titi Kamal. Dia ngajak aku untuk memegang sinetron (jadi fashion stylist),” kata Wanda Hara, dilansir IntipSeleb dari YouTube RANS Entertainment.

Bekerja sebagai fashion stylist di sinetron, Wanda Hara bertemu dengan banyak orang, yang kemudian menawarkannya menjadi personal stylist. Dari situlah, awal mula Wanda mengibarkan sayapnya sebagai fashion stylist profesional.

Pekerjaan yang Dianggap Remeh sampai Menjanjikan

wanda_haraa/instagram
Foto : wanda_haraa/instagram

Diakui oleh Wanda Hara, pekerjaannya sebagai fashion stylist awalnya tidak menjanjikan. Wanda sadar betul, prospek karier sebagai stylist masih samar-samar.

“Fashion stylist dulu tuh belum menjanjikan. Apalagi freelance, bingung aja penghasilannya berapa. Beda sama kerja kantoran kan,” tandas Wanda.

Kini, fashion stylist menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi, Wanda Hara memiliki rate card untuk pembayaran per bulan hingga bayaran sekali menata atau mengatur pakaian artis.

“Sekarang iya, sangat menjanjikan (pekerjaan fashion stylist),” ucap Wanda dalam podcast YouTube RoTivi Media.

“(Bayaran fashion stylist) ada yang bulanan, ada yang sekali looks, tergantung. Kalau Raffi (Ahmad), dia kan MC bisa dibilang setiap hari, ‘Sekalian ya (harga looks-nya) dicatetin berapa’,” cerita fashion Stylist kelahiran Medan itu.

Pentingnya Pede dan Signature Style

wanda_haraa/instagram
Foto : wanda_haraa/instagram

Sebagai fashion stylist dengan segudang pengalaman, Wanda Hara menekankan pentingnya rasa percaya diri. Jika seorang stylist pede, kata Wanda, klien juga akan terbangun rasa self-confidence-nya.

“Dari diri sendiri itu harus pede dulu. Kadang kan banyak ya, lebih extras, tapi banyak juga yang pede. Nah dari situ, apa yang lo pakai jadi lebih bagus gitu,” papar Wanda Hara.

Nggak cuma artis yang mesti punya keunikan, fashion stylist juga harus memilikinya. Oleh karena itu, Wanda Hara memiliki signature style, berupa lipstick merah hingga tatanan rambutnya yang dirapikan ke samping.

“Rambut aku kan selalu ke samping gini (salah satu signature style). Dulu, lipstick aku selalu merah, sekarang merah, dulu lebih merah banget. Terus suka legging yang model-model. Sekarang lebih normal kayak cumin sepatunya yang lucu-lucu, kemarin neon, yang lucu lah pokoknya. Iya harus ada signature style,” simpul Wanda Hara.

Tak hanya untuk fashion stylist, Wanda Hara menekankan bagaimana sebaiknya dapat memberikan usaha maksimal dalam pekerjaan. Kuncinya satu yakni mencintai pekerjaan.

“Kita (harus) senang sama pekerjaan kita. Jangan memaksakan, kayak misalnya kita tahu passion kita apa. Kalau aku mencoba sesuatu yang baru tapi aku tetap tidak meninggalkan pekerjaan aku yang memang aku suka gitu,” ucap Wanda Hara.

Topik Terkait