img_title
Foto : Instagram @riomotret

IntipSelebFotografer artis adalah sebuah profesi yang bekerja memotret tokoh masyarakat secara profesional. Publik figur yang dimaksud antara lain artis, atlet, politisi, selebgram dan tokoh-tokoh terkenal lainnya.

Seperti diketahui, dalam dunia hiburan, artis dan pubik figur lainnya perlu mendokumentasikan potret mereka secara profesional. Semakin bagus foto yang diunggah, citranya pun menjadi semakin baik dan terpercaya di depan publik.

Untuk menghasilkan foto yang bagus, artis kerap bekerja sama dengan fotografer. Dalam hal ini, fotografer harus mampu menangkap berbagai momen, baik keseharian maupun profesional, dalam sebuah foto untuk diunggah ke media sosial.

Sebut saja nama Rio Motret. Ia adalah salah satu fotografer yang kerap menjadi langganan artis. Nama-nama seperti Nagita Slavina, Aurel Hermansyah hingga Najwa Shihab hanyalah segelintir publik figur yang menggunakan jasa Rio Motret.

Dengan demikian, profesi sebagai fotografer artis adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Lalu, bagaimana sih tips jadi fotografer artis? Scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya, ya!

Fotografer Artis

Freepik
Foto : Freepik

Meski kerap dianggap sepele, fotografer artis bukanlah pekerjaan yang mudah. Jika kamu ingin menjadi fotografer artis, kamu memerlukan lebih dari sekadr bakat. Sebab artis dan manajernya tentu akan menuntut yang terbaik untuk kepentingan sendiri ataupun klien mereka.

Lantaran banyak orang yang menginginkan peluang karier ini, kamu memerlukan etos kerja yang sangat tinggi dan bakat yang luar biasa untuk mendapatkan pijakan yang kokoh di bidang ini.

Maka dari itu, penting untuk membangun personal branding diri yang kuat melalui kerja keras yang berkelanjutan. Untuk memulai, kamu mungkin perlu batu loncatan yang mampu membuat namamu dikenal oleh calon klien artismu.

Selain itu, kamu mungkin bisa bekerja dengan seorang fotografer artis terkenal. Dengan begitu, kamu bisa belajar dari pengalaman mereka, mendapatkan referensi, dan menciptakan koneksi di industri ini.

Ini akan membantu kariermu secara jangka panjang, mengisi daftar portofoliomu, dan membuka peluang-peluang menarik yang mungkin belum pernah kamu bayangkan.

Tips Jadi Fotografer Artis

Ada beberapa tips jadi fotografer artis yang bisa kamu lakukan agar skill fotografer yang kamu miliki semakin terasah dan peluangmu untuk jadi fotografer artis semakin terbuka lebar. Apa saja? Simak tips jadi fotografer artis berikut ini!

1. Asah Keterampilan

Karena fotografi adalah bentuk seni, tips jadi fotografer artis yang penting adalah mengasah keterampilan. Kamu bisa mengasah skill fotografimu lewat kursus, buku fotografi, magang atau eksperimen sendiri.

Tidak peduli bagaimana dan dari mana sumber pembelajaranmu, kamu memerlukan seperangkat kemampuan dasar yang wajib dimiliki. Hal ini mencakup ketelitian terhadap apa yang menarik perhatian subjek foto, kemampuan untuk mendapatkan bidikan yang bagus, dan bakat dalam menangkap kepribadian subjek dengan kamera.

Dan untuk menjadi seorang fotografer artis profesional, tidak ada cara yang lebih baik selain mengembangkan keterampilan fotografi selain melalui latihan terus-menerus.

2. Keterampilan Teknis

Tips jadi fotografer artis selanjutnya adalah memiliki keterampilan teknis. Keterampilan teknis yang lebih spesifik mencakup pencahayaan atau lighting, shutter speed, aperture, focal length, processing dan touching up.

Kamu harus terbiasa dengan serangkaian lensa dan Photoshop serta perangkat lunak fotografi lainnya, yang akan kamu gunakan untuk memperbaiki dan mengedit gambar sendiri sampai kamu cukup berhasil untuk menyewa seorang editor.

Karena kemungkinan besar kamu akan bekerja lepas, kamu juga memerlukan pemahaman tentang penjualan, pemasaran, pajak, dan akuntansi.

3. Buat Portofolio

Tips jadi fotografer artis selanjutnya adalah membuat portofolio. Kamu memerlukan portofolio yang kuat untuk membuktikan keahlianmu, dan perlu waktu untuk membangun itu semua.

Kamu mungkin bisa memulai dengan berlatih mengambil foto orang lain di kelas fotografi, mencoba untuk memotret model atau selebgram dengan konsep-konsep yang unik dan kuat untuk menambah daftar panjang portofoliomu.

4. Cari Peluang dan Jalin Relasi

Di tengah industri yang sangat kompetitif ini, kamu harus bisa unggul dari yang lain. Artinya, kamu harus berusaha keras dan mencari klien selebriti untuk difoto.

Kamu bisa meminta perwakilan PR untuk ikut menghadiri acara tertentu, menghubungi humas dan melihat apakah kamu bisa menjadi tambahan dalam pemotretan atau pernikahan. Intinya, jangan sia-siakan peluang sekecil apapun itu.

Namun, jika kamu menghadiri sebuah acara dan tidak bisa memotret di sana, kamu harus memperkenalkan dirimu pada banyak orang, termasuk di antaranya para artis yang mungkin akan membutuhkan jasa fotografimu.

Dalam hal ini, yang perlu kamu lakukan ada 2, yaitu menghasilkan foto-foto luar biasa yang dapat dimasukkan ke portofolio dan menjalin hubungan baik sebanyak mungkin dengan orang-orang di industri hiburan.

Nah, itulah sederet tips jadi fotografer artis yang bisa kamu pelajari dan kamu terapkan agar peluang kariermu semakin terbuka lebar. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait