img_title
Foto : News Schoolmedia

IntipSelebTMII atau Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang menyajikan berbagai macam wahana yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran bila TMII menjadi salah satu destinasi liburan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

TMII sendiri berlokasi di sebuah kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang berada di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Taman Mini Indoneia Indah, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tujuan awal dari dibangunnya TMII adalah untuk memperkenalkan kebudayaan dan kekayaan alam Indonesia kepada wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Intinya, TMII merupakan kompleks wisata yang menampilkan miniatur dari berbagai budaya, arsitektur, dan keanekaragaman etnis di Indonesia yang sangat kaya.

Rekomendasi Wahana di TMII

Lantas, apa saja sih yang bisa dinikmati pengunjung di TMII? Berikut ini rekomendasi wahana di Taman Mini Indonesia Indah yang patut dicoba.

1. Anjungan Daerah

Salah satu rekomendasi wahana di Taman Mini Indonesia Indah adalah miniatr bangunan dan rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia yang disebut sebagai Anjungan Daerah.

Di wahana ini, pengunjung dapat melihat berbagai kumpulan kebudayaan bangsa dari berbagai provinsi tanah air. Hal tersebut ditampilkan dalam Anjungan Daerah yang berarsitektur tradisional, serta menampilkan busana, tarian dan tradisi daerah.

Anjungan Daerah dibangun di skeitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia. Secara tematik, wahana ini dibagi menjadi 6 area, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

2. Dunia Air Tawar

Dunia Air Tawar merupakan rekomendasi wahana di Taman Mini Indonesia Indah yang wajib dikunjungi. Di wahana ini, pengunjung akan disajikan sarana rekreasi berupa peragaan koleksi yang bertema ‘Indonesia dan Dunia Air Tawar’.

Wahana yang didominai dengan berbagai bentuk akuarium ini menjadi sarana rekreasi, pendidikan, penelitian, konservasi alam dan atraksi.

Wahana ini terletak di selatan kawasan TMII, yang diapit oleh Museum Serangga dan Taman Bunga Keong Emas. Bangunannya didominasi oleh warna hijau yang terdiri dari dua lantai seluas 5500 m persegi.

3. Istana Anak-anak Indonesia

Istana Anak-anak Indonesia atau IAAI merupakan bangunan berbentuk istana yang mirip dengan bangunan seperti dalam dongeng Cinderella. Di wahana ini, pengunjung dapat bermain sekaligus mempelajari kebudayaan Indonesia.

Wahana ini terdiri dari bangunan utama istana yang dinamai Graha Widya Tama, yang terdiri atas empat lantai dengan ruangan terbuka di lantai dua. Bangunan ini memiliki dua sayap dan sebuah menara yang tinggi menjulang.

Ada beberapa wahana yang bisa ditemukan di sini, seperti Kereta Api Kelinci, Mandi Bola, Kolam Renan Sendang Sejodo, Monorail, Roda Tamasya, Pesawat Capung, ATV Motor, hingga Kapal Ayun.

Tak hanya itu saja, di Istana Anak-anak Indonesia juga disajikan pameran wayang serta peragaan aneka permainan tradisional anak.

4. Kereta Gantung TMII

Rekomendasi wahana di TMII selanjutnya adalah Kereta Gantung atau Skylift. Skylift TMII menghubungkan beberapa titik penting di dalam kompleks TMII yang mempunyai tiga stasiun, yaitu A, B dan C.

Rute kereta gantung ini biasanya terdiri dari perjalanan dari pintu masuk utama menuju Puntu Gerbang Utama, melintasi Danau Indah, dan Anjungan Daerah.

Selama perjalanan dengan menggunakan kereta gantung, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian sembari melihat miniatur pea Indonesia di atas danau dan seluruh pemandangan TMII dari atas.

5. Museum Fauna Indonesia

Seperti namanya, Museum Fauna Indonesia mengangkat tema dunia satwa Indonesia yang menghadirkan binatang yang hidup maupun yang telah diawetkan.

Salah satu keunikan dari museum di TMII ini adalah bentuk bangunannya yang menyerupai hewan langka dan dilindungi di Indonesia, yaitu Komodo.

Fauna di museum ini dikelompokkan berdasarkan persebarannya, yaitu dari barat ke timur dan persebaran dari pantai ke pegunungan, untuk menunjukkan masing-masing habitat dari mereka.

6. Sky World

Sky World Indonesia merupakan salah satu rekomendasi wahana di Taman Mini Indonesia Indah berupa eduwisata antariksa atau taman rekreasi edukatif yang bertemakan antariksa dan aeronautika.

Tempat wisata ini didirikan dengan tujuan untuk mengedukasi generasi muda Indonesia tentang ilmu pengetahuan seputar dunia antariksa, aeronautika, dan teknologinya.

7. Taman Burung

Wahana di TMII yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Taman Burung. Tempat ini terletak di bagian belakang atau timur kawasan TMII, dan berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas Graha Widya Patra.

Koleksi burung di sana merupakan yang terlengkap di Indonesia, yaitu mencapai 175 jenis burung dengan jumlah mencapai ribuan ekor, baik yang berasal dari Indonesia bagian Barat maupun Indonesia bagian Timur.

Taman Burung dilengkapi sarana karantina sebagai tempat memisahkan burung-burung yang sakit agar mendapatkan perawatan.

8. Taman Kuliner Nusantara

Rekomendasi wahana di TMII selanjutnya adalah Taman Kuliner Nusantara. Ya, di TMII, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan keanekaragaman budaya Indonesia tapi juga kekayaan kulinernya. Di Taman Kuliner Nusantara, pengunjung dapat melihat ragam kuliner yang lezat dan menggugah selera.

9. Taman Legenda Keong Emas

Rekomendasi wahana di Taman Mini Indonesia Indah selanjutnya adalah Taman Legenda Keong Emas. Wahana ini menyediakan taman hiburan dengan wahana klasik. Tempat ini memiliki 14 museum dengan tema ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi.

Jenis museum yang dapat dikunjungi mulai dari museum bertema transportasi, keprajuritan, perangko Indonesia, pusaka, telekomunikasi, IPTEK, Timor Timur, dan museum Al-Qur’an.

10. Teater IMAX Keong Emas

Teater Imax Keong Mas adalah sebuah kompleks teater yang memiliki bentuk menyerupai keong mas raksasa, yang digunakan sebagai tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus dengan memanfaatkan teknologi canggih.

Gedung teater ini diinisiasi berdasarkan gagasan Ibu Tien Soeharto dan secara resmi diresmikan pada tanggal 20 April 1984.

Tujuan pendirian gedung teater ini adalah sebagai fasilitas rekreasi yang bersifat edukatif bagi generasi muda Indonesia, dengan maksud untuk memperkenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tayangan film.

Dengan dimensi bangunan yang besar, teater ini mampu menampung sekitar 400 hingga 500 penonton dalam satu pertunjukan. Penonton dapat duduk di dalam keong tersebut dan menikmati pertunjukan dengan pemandangan yang optimal dari berbagai sudut.

Nah, itulah sederet rekomendasi wahana di Taman Mini Indonesia Indah yang dapat kamu kunjungi saat liburan. Sebagai tempat wisata edukatif, TMII sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak agar mereka belajar tentang pesona keindahan dan keberagaman Indonesia sejak dini. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait