img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Dalam upaya mengelola tekanan darah tinggi, terdapat berbagai langkah yang dapat diambil, termasuk perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Salah satu makanan yang kini semakin menarik perhatian sebagai bagian dari strategi pengelolaan hipertensi adalah buah belimbing. Yuk intip seberapa efektif konsumsi belimbing untuk penderita darah tinggi:

Belimbing dan Darah Tinggi

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Menurut Dokter Gizi Samuel Utoro di kanal YouTube Kata Dokter, belimbing mengandung tinggi kalium, sebuah mineral yang memiliki efek merelaksasi dan melenturkan pembuluh darah.

"Jadi kalau dimakan setiap hari dia akan terjaga kandungan kalium di darahnya. Kalium itu salah satu mineral yang punya efek membuat lenturnya pembuluh darah," ungkapnya.

Dokter Utoro menjelaskan bahwa pada penderita tekanan darah tinggi, pembuluh darah dapat menjadi kaku, yang pada gilirannya meningkatkan tekanan darah. Belimbing, dengan kandungan kaliumnya, dapat membantu mengatasi masalah ini dengan merelaksasi pembuluh darah.

Topik Terkait