img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSelebInselicious, lagi-lagi kasus penyalahgunaan narkoba menjadi berita hangat saat ini dengan terlibatnya sejumlah artis hingga selebgram muda. Hal ini pun membangkitkan kesadaran bahwa menghindari obat-obatan terlarang itu harus dilakukan dengan tegas.

Kali ini, Intip Seleb akan membagikan tips-tips untuk menjauh dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disarankan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ini, diharapkan kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan aman dari ancaman narkoba. Jangan lupa di-scrol ya!

4 Tips Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

Unsplash/christopher lemercier
Foto : Unsplash/christopher lemercier

Tak peduli alasannya, sangat tidak disarankan untuk menggunakan narkoba tanpa resep dokter atau anjuran dari pihak medis. Menggunakan narkoba tidak akan membantu menyelesaikan masalah hidup, bahkan bisa menjadi pelarian yang berbahaya untuk menghindari masalah.

Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Jauhi rasa penasaran atau iseng untuk mencoba. Sebagian besar kasus kecanduan pada remaja dan orang muda berasal dari keinginan untuk mencoba narkoba seperti yang dilakukan oleh teman-teman mereka.
  2. Ketahui konsekuensi buruk dari penggunaan narkoba terhadap kesehatan fisik dan mental. Pilihlah teman atau lingkungan yang positif. Jangan berteman atau terjebak dalam situasi yang berpotensi mempengaruhi kamu untuk menggunakan narkoba.
  3. Lakukan aktivitas positif seperti berolahraga atau bergabung dengan kelompok atau organisasi yang baik dan produktif. Ingatlah bahwa hukuman untuk penyalahgunaan narkoba sangat berat dan juga akan ada sanksi sosial dari masyarakat.
  4. Hindari kegiatan atau pergaulan di malam hari. Pilihlah aktivitas yang positif di tempat dan waktu yang aman bersama keluarga, teman, atau rekan yang berpengaruh positif. Jika menghadapi masalah, carilah solusi yang aman dan jangan sekali-kali menjadikan narkoba sebagai pelarian dari masalah.
Topik Terkait