• Yoo Eun Hye dan Hwang Jung Eum

IntipSeleb – Sebelum resmi melakukan debut di industri hiburan Korea Selatan, para calon selebriti diminta untuk mengikuti serangkaian persiapan yang dinamakan masa-masa training. Berstatus sebagai trainee di bawah naungan agensi, masing-masing dari mereka dilatih untuk bisa menjadi seorang entertainer serba bisa, mulai dari menyanyi, menari, akting, pembentukan kepribadian, sikap di depan kamera, dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, akan ada beberapa idola K-pop yang memilih untuk banting setir menjadi aktris atau aktor. Hal ini bisa disebabkan karena ketidakcocokan profesi atau adanya tawaran yang lebih menggiurkan di bidang lain. Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk mengejar karier di dunia akting. Banyak dari mereka yang justru meraih kesuksesan setelah pindah haluan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 aktris tersohor Korea yang sempat menjadi idola K-pop. Siapa aja sih? Yuk langsung cek artikel di bawah ini!

Jang Na Ra

Jang Na Ra
Sumber Foto: @nara0318/Instagram

Sebelum berkecimpung di dunia seni peran, Jang Na Ra memulai kariernya sebagai seorang idola. Ia bahkan sempat menjadi trainee di salah satu agensi terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment. Wanita kelahiran 18 Maret 1981 ini melakukan debut lewat album First Story dengan lagu utama, Burying My Face in Tears. 

Tidak sepenuhnya meninggalkan tarik suara, Jang Na Ra menyeimbangkannya dengan terjun ke dunia akting tahun 2002 lewat drama Successful Story of a Bright Girl. Beberapa drama populer yang pernah ia bintangi antara lain School 2013 (2012), Fated to Love You (2014), Go Back Couple (2017), dan The Last Empress (2018).

Hwang Jung Eum

Hwang Jung Eum
Sumber Foto: Hancinema

Bagi para pecinta drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Hwang Jung Eum. Ia dikenal lihai berperan dalam drama romantis komedi, mulai dari Kill Me Heal Me (2015), She Was Pretty (2015), Lucky Romance (2016), dan The Undateables (2018). Siapa sangka, ternyata wanita kelahiran 1985 ini dulu aktif menjadi idola K-pop. Sebelum mulai berakting pada tahun 2007, ibu satu anak tersebut berkarier bersama girl band Sugar dari 2001 hingga 2004. 

Yoon Eun Hye

Yoon Eun Hye
Sumber Foto: @y1003_grace/Instagram

Nama Yoon Eun Hye mulai melejit usai membintangi drama populer pada masanya, yakni Princess Hours (2006) dan Coffee Prince (2007). Aktris kelahiran 1984 tersebut juga merupakan seorang penyanyi sebelum berkiprah di dunia akting. Ia pernah bergabung dalam girl band Baby V.O.X., yang dianggap sebagai salah satu grup wanita K-pop generasi pertama yang paling sukses pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Bintang drama Love Alert ini bergabung dalam Baby V.O.X. pada 1999 dan hengkang dari grup di 2005.

Seo Hyun Jin

Seo Hyun Jin
Sumber Foto: Hancinema

Seperti diketahui, Seo Hyun Jin dinobatkan sebagai ratu ‘rom-com’ (romance comedy) di Korea Selatan. Hal tersebut terbukti dari sederet judul drama bergenre romantis komedi yang dilakoninya selalu sukses di pasaran, diantaranya Another Miss Oh (2016), Romantic Doctor Teacher Kim (2016), Temperature of Love (2017), dan   (2018). Selain piawai memerankan karakter yang kocak dan periang, kemampuannya dalam mengekspresikan rasa emosionalnya pun patut diacungi jempol.  

Namun, sebelum menekuni dunia akting, wanita 34 tahun ini sempat menjadi vokalis utama dalam girl band M.I.L.K selama tiga tahun, terhitung dari 2001 hingga 2003. Ia beraktivitas bersama tiga orang anggota lainnya sebelum dinyatakan bubar. Pada tahun 2006, Seo Hyun Jin melakukan musikal pertamanya bertajuk The Sound of Music, dan pengalaman itu dianggap sebagai batu loncatan dalam karier aktingnya.

Jung Ryeo Won

Jung Ryeo Won
Sumber Foto: @yoanaloves/Instagram

Aktris berdarah Australia-Korea ini juga sukses membintangi berbagai jenis karakter dalam drama Korea. Jung Ryeo Won pernah berperan sebagai penulis dalam The King of Dramas (2012), dokter dalam Medical Top Team (2013), pengacara dalam Witch’s Court (2017), serta koki dalam Wok of Love (2018).

Sebelum mulai berakting, dia pernah menjadi bagian dari sebuah grup bernama Chakra, bersama dengan Eeni, Eun, dan Hwangbo. Album pertama mereka dirilis pada tahun 2000 dan memutuskan untuk bubar di 2004. Padahal, Chakra sempat menuai kesuksesan dengan memenangkan sejumlah penghargaan untuk kategori Penyanyi Wanita Pendatang Baru Terbaik, termasuk Mnet Asian Music Awards (MAMA), SBS Music Awards, dan Golden Disk Awards.

Baca Juga: Arti Nama Sederet Idola K-Pop, Siapa Paling Unik?