X

IntipSeleb – Berbagai informasi lanjutan terkait kasus manipulasi voting program survival besutan Mnet, Produce 101 terus bermunculan. Kini, terungkap nama-nama agensi hiburan yang dilaporkan menyuap PD Ahn Joon Young. Pada Jumat, 6 Desember, Yonhap News merilis tiga dari empat agensi yang diketahui menyogok PD Ahn Joon Young demi kepentingan-kepentingan pribadi.

Sebelumnya, dilaporkan oleh SBS bahwa PD Ahn Jono Young telah menerima perlakuan khusus di sebuah tempat hiburan dewasa. Perwakilan agensi diketahui memberikan suap antara 10 hingga 50 juta won kepada produser dari seri Produce 101 tersebut.

Nama-Nama Agensi yang Menyuap PD Ahn Joon Young

Starship Entertainment, Woollim Entertainment, 8D Creative
Sumber Foto: Intipseleb

Berdasarkan laporan eksklusif Yonhap News, ketiga agensi tersebut adalah Starship Entertainment, Woollim Entertainment, dan 8D Creative. Sebanyak 8 tersangka telah menerima tuntutan, termasuk PD Ahn Joon Young, PD Lee, CP (kepala produser) Kim Yong Bum, CEO Starship Entertainment Kim Si Dae, Wakil Presiden Starship Entertainment ‘Kim’, mantan karyawan Woollim Entertainment ‘Lee’, dan mantan karyawan 8D Creative ‘Ryu’.

Mereka semua telah didakwa atas kecurigaan seperti pelanggaran kepercayaan melalui penyuapan, dan pelanggaran Undang-Undang Permohonan dan Gratifikasi yang Tidak Benar. Hingga saat ini, masih diselidiki apakah suap tersebut mempengaruhi hasil akhir dari grup-grup yang telah debut dalam seri-seri Produce 101 atau tidak.

Around Us Entertainment Juga Menyuap PD Ahn Joon Young

Around Us Entertainment dan Ahn Joon Young PD
Sumber Foto: Intipseleb

Ternyata, satu orang yang turut berasosiasi dengan ketujuh tersangka lainnya adalah seorang karyawan dari Around Us Entertainment. Namanya masih disamarkan dengan sebutan ‘Kim’. Tak lama setelah itu, pihak agensi langsung membenarkan tuduhan tersebut, namun mereka mengaku tidak memanipulasi peringkat trainee dalam Produce 101.

"Memang benar bahwa (Ahn Joon Young) disuguhi minuman (oleh Around Us Entertainment), tetapi tidak ada suap terkait para trainee (yang mengikuti Produce 101),” kata pihak Around Us Entertainment, dikutip dari Soompi.

Respon dari 8D Creative

8D Creative dan Kang Hye Won IZONE
Sumber Foto: Koreaboo

Sementara itu, 8D Creative juga telah merilis pernyataan resmi terkait keterlibatannya dalam kasus manipulasi voting. Seperti diketahui, salah satu member IZ*ONE bernama Kang Hye Won merupakan trainee 8D Creative yang berhasil debut lewat program Produce 48.

Pihak agensi menyebutkan bahwa Ryu dari 8D Creative sudah hengkang dari perusahaan dan telah mendirikan agensinya sendiri, “Ryu sudah mendirikan agensi sendiri bernama Enfant Terrible Company tahun lalu dan tidak lagi memiliki hubungan dengan agensi kami. Sepengetahuan kami, Ryu juga telah diselidiki terkait salah seorang trainee-nya dari Enfant Terrible yang berpartisipasi dalam Produce X 101. 8D Creative tidak pernah diselidiki sama sekali mengenai manipulasi peringkat dan tidak berpartisipasi dalam suap,” ujar 8D Creative.

Hingga artikel ini ditulis, Starship Entertainment dan Woollim Entertainment masih belum menanggapi laporan mengenai kasus manipulasi voting yang dilakukan oleh agensi masing-masing.

Sementara itu, diketahui Kwon Eun Bi dan Kim Chae Won IZ*ONE serta Cha Jun Ho X1 merupakan artis asuhan Woollim Entertainment. Lalu Ahn Yu Jin dan Jang Won Young IZ*ONE serta Kang Min Hee dan Song Hyeong Jun X1 berasal dari Starship Entertainment.