X

IntipSeleb – Fakta mengejutkan tentang kasus manipulasi voting dalam program survival show besutan Mnet, Produce 101 kembali terkuak. Delapan tersangka yang sebelumnya diberitakan tengah menjalani proses penyelidikan, kini identitasnya diungkap ke publik. Yonhap News melaporkan terdapat 4 agensi yang terlibat antara lain Starship Entertainment, Woollim Entertainment, 8D Creative, serta Around Us Entertainment.

Mereka semua diketahui terlibat dalam manipulasi hasil suara dengan menyuap produser seri Produce 101, PD Ahn Joon Young. Pada Jumat, 6 Desember 2019, delapan individu tersebut di antaranya PD Ahn Joon Young, PD Lee, CP (kepala produser) Kim Yong Bum, CEO Starship Entertainment Kim Si Dae, Wakil Presiden Starship Entertainment ‘Kim’, mantan karyawan Woollim Entertainment ‘Lee’, mantan karyawan 8D Creative ‘Ryu’. serta ‘Kim’ dari Around Us Entertainment.

Baca Juga: Terungkap Agensi Anggota X1 dan IZ*ONE yang Lakukan Suap

Sementara Dispatch baru-baru merilis rincian lebih lanjut tentang manipulasi yang telah terjadi selama keempat musim Produce, yakni Produce 101 Season 1, Produce 101 Season 2, Produce 48, serta Produce X 101. Disebutkan bahwa di balik semua keputusan, ada pertemuan antara pihak agensi serta para staf Produce. Keempat agensi yang telah disebutkan di atas pun meminta perlakuan khusus untuk para trainee asuhannya, dan PD Ahn Joon Young senantiasa menerima suap tersebut.

Berikut adalah kronologi serta cara PD Ahn Joon Young menerima suap dari agensi selama empat musim Produce 101 sejak tahun 2016, dikutip dari Koreaboo.

Produce 101 Season 1: I.O.I

Produce 101 Season 1 I.O.I
Sumber Foto: Intipseleb

Ini merupakan musim pertama dari seri Produce 101 yang ditayangkan pada 2016 silam dan menghasilkan sebuah girl band bernama I.O.I beranggotakan 11 orang. Berdasarkan laporan Dispatch, PD Ahn Joon Young memanipulasi ranking dari dua orang trainee pada ronde pertama eliminasi, dari total 101 trainee menjadi 61 trainee di ruang konferensi CJ Entertainment pada 12 Februari 2016.

Trainee A dan B awalnya berada di Top 61 setelah hasil voting penonton. Namun, posisi mereka ditukar oleh Trainee C dan D sehingga bisa masuk ke dalam Top 61. Sebagai gantinya, Trainee A dan B tereliminasi dengan cara yang tidak adil.

Produce 101 Season 2: Wanna One

Produce 101 Season 2 Wanna One
Sumber Foto: Intipseleb

Kala itu, Ahn Joon Young memanipulasi ranking dari seorang trainee di ruang konferensi CJ ENM pada Mei 2017. Trainee E masuk dalam Top 60 menurut hasil pemungutan suara namun terpaksa didepak. Trainee F yang gagal masuk babak 60 besar dipilih menggantikan Trainee E.

Pada musim ini, Kim Yong Bum juga memanipulasi peringkat salah satu trainee. Saat babak eliminasi dari 20 menjadi 11 kontestan, Kim Yong Bum memanipulasi hasil voting pesan teks yang dilakukan pada 26 Juni 2017. Trainee G yang seharusnya bisa debut dalam grup Wanna One berdasarkan hasil voting justru disingkirkan dari Top 11. Sebagai gantinya, trainee H yang gagal masuk ke line-up debut, justru dipilih masuk ke dalam grup.

Produce 48: IZ*ONE

Produce 48 IZ*ONE
Sumber Foto: Intipseleb

Produce 48 menjadi satu-satunya seri Produce 101 yang menggabungkan antara trainee asal Korea Selatan dan juga Jepang. Namun sayang, tayangan ini juga dimanipulasi hasil pemungutan suaranya. Keputusan tersebut diambil sebelum 12 anggota dipilih untuk masuk dalam IZ*ONE, tanpa memperhatikan hasil pemilihan online dan mengecualikan trainee yang dianggap Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum tidak cocok dengan konsep penyiaran dan promosi mereka.

Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum bertemu di ruang konferensi di CJ ENM pada 2 Agustus 2018 untuk memutuskan 12 anggota yang akan debut sebagai IZ*ONE. Jadi, kedua belas member dari pelantun La Vie en Rose ini dipilih benar-benar berdasarkan keinginan Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum.

Produce X 101: X1

Produce X 101 X1
Sumber Foto: Intipseleb

Paling terbaru adalah X1 yang baru saja melakukan debutnya pada Agustus 2019 lalu. Saat babak pertama eliminasi dari 101 trainee menjadi 60 besar, posisi Trainee I yang berada di Top 60 ditukar oleh Trainee J yang seharusnya tereliminasi.

Lalu pada babak eliminasi ketiga dari 30 trainee menjadi 20 besar, Trainee K dan L sama-sama masuk ke dalam Top 20. Namun, mereka harus dieliminasi agar Trainee M dan N bisa berkompetisi ke babak selanjutnya. Sama seperti Produce 48, PD Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum sudah memilih 11 member yang akan debut dalam X1 sesuai keinginan mereka pada awal acara, sehingga keseluruhan hasil voting menjadi tidak berguna.

Dengan dirilisnya kronologi manipulasi voting yang dilakukan PD Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum ini, membuat publik jadi menebak-nebak trainee mana yang seharusnya tidak debut bersama grup jebolan Produce 101 tersebut. Sementara nasib X1 dan IZ*ONE yang tengah menghentikan seluruh aktivitas grup, akan diumumkan pada akhir bulan ini.