X
  • Apink

IntipSeleb – Apink menjadi salah satu pengisi acara dalam KBS Song Festival 2019 yang diselenggarakan pada Jumat, 27 Desember 2019. Ini menjadi penampilan grup beranggotakan Chorong, Bomi, Eunji, Naeun, Namjoo, Hayoung setelah sekian lama. Namun mereka justru mengalami kejadian tak menyenangkan.

Diketahui bahwa durasi penampilan Apink ketika membawakan lagu Eung Eung dipotong oleh KBS tanpa ada pemberitahuan. Padahal sebelum lagu benar-benar berakhir, masih ada tarian spesial yang telah disiapkan oleh Apink untuk menutup penampilan tersebut. Di atas panggung, seluruh member Apink tampak kebingungan dan kecewa. 

Setelah acara, satu per satu member Apink mulai angkat bicara mengenai insiden tersebut. Mulai dari Chorong yang menangis di siaran langsung melalui VLIVE, lalu Naeun mengunggah video latihan, hingga Eunji, Hayoung, Bomi mencurahkan kekecewaannya dengan caption panjang.

Chorong Apink Nangis

Chorong Apink
Sumber Foto: VLIVE

Chorong melakukan siaran langsung melalui VLIVE dan meminta maaf kepada para penggemar karena tidak bisa memberikan penampilan yang terbaik. Merasa kecewa, leader dari Apink ini pun pada akhirnya menangis karena sudah tidak bisa membendung air matanya. 

“Alasan mengapa kami kecewa bukan hanya karena penampilan (kami) hari ini, tetapi jujur saja, satu-satunya alasan mengapa kami pergi ke festival musik akhir tahun adalah 100% hanya untuk para penggemar,” kata Chorong, dikutip dari Soompi

Selain itu, dia juga memberitahu para penggemar untuk tidak khawatir dengan keadaan para member Apink yang lain. Chorong menyebutkan bahwa insiden tersebut tidak bisa dihindari dan KBS telah meminta maaf kepada mereka secara pribadi.

“Kami menjadi serakah dan ingin menunjukkan lebih banyak kepada kalian tetapi kami tidak diizinkan, jadi kami sebenarnya tidak harus tampil, tetapi kami hanya memutuskan untuk tampil hanya untuk para penggemar. Aku tidak menyesal karena itu adalah sebuah insiden. Tapi aku hanya frustasi,” ungkapnya.

Para Member Apink Kecewa Berat

Apink
Sumber Foto: Intipseleb

Para member Apink yang lain juga mengekspresikan kekecewaan mereka di media sosial. Eunji mengunggah gambar hitam dengan keterangan foto cukup panjang. Dia berharap penampilan para artis agar lebih dihargai lagi, “Kami mempersiapkan penampilan dengan kerja keras dan semangat luar biasa. Aku akan berdoa agar semua penampilan artis selalu dihormati. Terima kasih telah mendukung Apink hari ini. Aku harap kalian dapat menghabiskan tahun baru yang hangat,” katanya.

Begitu pula dengan Bomi dan Hayoung yang meminta maaf kepada fans dan memaparkan bagaimana kerja keras Apink untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para penggemar. Bahkan, Naeun sampai mengunggah video latihan bagian koreografi yang dipotong oleh KBS melalui akun Instagram pribadinya @marcellasne_.

Penggemar pun tidak terima dengan ketidakadilan yang diterima Apink dan bersama-sama menyemarakkan tagar #JusticeforApink dan #가요대축제_해명해 hingga menjadi Trending Topic di Twitter. Mereka menuntut permintaan maaf dari KBS kepada Apink atas insiden tersebut. Kabarnya, Apink juga diperlakukan tidak hormat di belakang panggung hingga bagian sesi foto di red carpet.

Permintaan Maaf KBS

Apink
Sumber Foto: Soompi

Dengan meningkatnya kritik terhadap KBS, akhirnya pihak stasiun televisi merilis permintaan maaf resmi kepada Apink dan para penggemar pada Sabtu, 28 Desember 2019. Surat tersebut ditulis langsung oleh produser KBS Song Festival 2019, Kwon Yong Taek. Berikut adalah isinya, dilansir dari Soompi.  

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada Apink dan penggemar mereka atas penampilan Apink yang tidak dapat berakhir seperti yang direncanakan dalam KBS Song Festival 2019 kemarin. Kesalahan kami tidak memungkinkan penampilan (Apink), dan para member telah mempersiapkan yang terbaik untuk para penggemar dan bekerja keras siang dan malam di tengah jadwal sibuk mereka, untuk tampil, dan kami tidak yakin bagaimana untuk menyembuhkan rasa kecewa yang dialami para member dan penggemar. Kami juga meminta maaf kepada staf Apink, yang bekerja keras untuk menciptakan penampilan yang hebat,” tulisnya.

“Kemarin, rehearsal kamera ditunda selama lebih dari satu jam karena kami menghadapi masalah dengan peralatan video yang ditangguhkan di langit-langit venue. Itu adalah penundaan yang disayangkan tetapi perlu untuk alasan keamanan, tetapi atas permintaan dari tim manajemen acara yang mengatakan bahwa kami tidak dapat menunda untuk memasukkan penonton ke dalam venue lebih lama, saya memerintahkan agar sebagian rehearsal kamera dihentikan,” lanjut sang produser. 

“Ini adalah kesalahan staf kami selama acara langsung, tapi itu kecelakaan yang tidak akan terjadi jika kami lebih siap. Jadi saya bertanggung jawab penuh untuk ini. Kami akan serius melihat masalah produksi yang terjadi, dan melakukan langkah-langkah untuk memastikan bahwa hal itu tidak terjadi lagi. Sekali lagi, kami menundukkan kepala dan meminta maaf kepada Apink dan penggemar mereka,” tutupnya.