X

IntipSeleb – Daesung sempat terseret dalam kasus dugaan bisnis ilegal yang dilakukan di salah satu properti miliknya. Berupa gedung dengan total 9 lantai, pihak kepolisian telah melakukan penyelidikan jauh sebelum member dari BIGBANG tersebut bebas dari wajib militer.

Baca Juga: Terseret Kasus Pajak, Daesung BIGBANG Bakal Berakhir Seperti Seungri?

Pada Juli 2019, Channel A melaporkan adanya bisnis hiburan dewasa ilegal yang melibatkan layanan prostitusi dioperasikan di gedung yang dimiliki Daesung. Namun artis asuhan YG Entertainment itu membantah dan tidak tahu menahu soal kegiatan ilegal yang dituduhkan. 

Daesung Tidak Terbukti Terlibat Bisnis Ilegal

Daesung BIGBANG
Sumber Foto: YG Entertainment

Berdasarkan kabar terbaru, Kantor Polisi Gangnam Seoul telah memutuskan untuk mencabut tuntutan kepada Daesung dalam penyelidikan mereka atas kemungkinan operasi bisnis ilegal di gedung milik sang idola.

Pria yang memiliki nama panggung D-Lite itu sempat diinterogasi pada bulan lalu sebagai saksi. Pihak kepolisian meninjau dokumen dan kesaksian yang diperoleh melalui hasil pencarian dan penyitaan. Pada Kamis, 2 Januari 2020, mereka pun menyimpulkan bahwa Daesung bebas dari dugaan kasus bisnis ilegal dan tidak akan dituntut.

Kesaksian Daesung BIGBANG

Gedung Daesung BIGBANG
Sumber Foto: SportsChosun

Selama interogasi, Daesung membuat kesaksian bahwa dia tetap bersikeras tidak mengetahui kegiatan ilegal seperti prostitusi, terjadi di gedungnya. Polisi juga tidak berhasil menemukan bukti untuk menuntutnya. Polisi pun menginterogasi tentang kecurigaan penggunaan narkoba ilegal dan meminta analis dari Badan Forensik Nasional dan hasilnya semua kembali negatif.

Sebaliknya, kini penyelidikan diteruskan kepada 5 pemilik bisnis dan 56 karyawan yang bekerja di gedung tersebut. Mereka diduga melanggar Undang-Undang Sanitasi Pangan dan UU Anti Prostitusi. Polisi akan merekomendasikan dakwaan tanpa penahanan terhadap penuntutan dan meminta tindakan administratif dari Kantor Distrik Gangnam sekaligus kantor pajak setempat tentang bisnis ilegal.​

Sementara itu, Daesung sendiri membeli gedung tersebut pada 17 November 2017 silam. Ketika penyelidikan berlangsung, kini bangunan seharga lebih dari Rp300 miliar itu telah dihancurkan. 

Bagaimana Kabar Daesung BIGABANG?

Daesung BIGBANG
Sumber Foto: Naver

Usai menyelesaikan wajib militer pada 10 November 2019 lalu, Daesung tidak lagi menunjukkan batang hidungnya di hadapan publik sehingga para penggemar juga tidak mengetahui kabar terkini dari pria kelahiran 1989 tersebut. Meski demikian, BIGBANG baru saja dikonfirmasi menjadi salah satu pengisi acara dalam festival musik bergengsi, Coachella 2020 tanggal 10 dan 17 April mendatang. 

Baca Juga: Akhirnya BIGBANG Bakal Tampil di Coachella 2020