X
  • Som Hye In, Holland, Jiae

IntipSeleb – Jiae Eks WASSUP, Som Hye In, dan Holland merupakan tiga contoh idola Kpop yang secara terang-terangan mempublikasikan soal orientasi seksualnya. Tidak bisa dipungkiri, hidup di sebuah negara, termasuk Korea Selatan, yang masyarakatnya masih sangat konservatif membuat sebagian orang takut untuk membuka jati diri masing-masing.

Meski demikian, terdapat sejumlah idola Kpop yang memberanikan diri untuk membuat pengakuan atau coming out kepada para penggemarnya. Berikut adalah 11 idola Kpop yang secara terang-terangan mengaku bagian dari komunitas LGBTQ.

Harisu

Harisu
Sumber Foto: Tistory

Harisu adalah seorang penyanyi sekaligus entertainer yang telah mengubah jenis kelaminnya (transgender). Lahir pada tahun 1975, dia mengaku sebagai seorang wanita sejak usia dini dan menjalani operasi penggantian kelamin sekitar tahun 1990-an. Hingga saat ini, dia masih aktif di industri hiburan Korea Selatan, Taiwan, serta Hongkong. 

Maman

Maman
Sumber Foto: Koreaboo

Debut pada tahun 2007 dengan nama panggung Magoply, Maman menjadi idola Kpop pertama yang mengaku sebagai seorang gay. Dia memulai debutnya di bawah naungan agensi Jerry Entertainment lewat lagu Flight Girl berkolaborasi dengan Kangin Eks Super Junior. 

Tak lama setelah debut, Maman membuat pengakuan bahwa dirinya adalah gay. Pihak agensi memutuskan untuk mengeluarkannya. Maman kemudian bergabung dengan agensi baru, namun sudah tidak aktif sebagai penyanyi sejak 2015. 

Hanbit

Choi Hanbit
Sumber Foto: Koreaboo

Model, aktris, sekaligus penyanyi ini memulai debutnya bersama girl grup Mercury. Dengan dukungan orang tuanya, Hanbit menjalani operasi penggantian kelamin dari pria ke wanita di 2006. Dalam sebuah wawancara, dia menyatakan bahwa menjadi seorang wanita seutuhnya membuat dia bahagia, “Hidup dengan tubuh wanita itu sendiri membawakan perasaan euforia terbesar untukku,” katanya. 

Hansol Eks TOPPDOGG

Hansol TOPPDOGG
Sumber Foto: Koreaboo

Hansol mengaku sebagai seorang aseksual dan aromantic. Sejak debut, dia memang cukup terbuka dengan orientasi seksualnya. Bahkan, pria 26 tahun ini seringkali membahas bagaimana rasanya hidup sebagai seorang queer di Korea Selatan, yang mana belum cukup terbuka dengan komunitas LGBTQ. 

Aku tidak tertarik dengan lawan jenis, tetapi aku juga tidak tertarik dengan gender yang sama. Aku tidak perlu repot-repot berkencan dan sangat membenci seks,” ungkapnya dalam sebuah postingan di Instagram. 

Seungho, B.Nish, dan Hyeongseong D.I.P

D.I.P
Sumber Foto: Koreaboo

Tiga member dari boyband D.I.P juga mengaku merupakan bagian dari komunitas LGBTQ. Debut di tahun 2016, Seungho dan B.Nish mengumumkan bahwa mereka tengah berkencan. Keduanya sangat terbuka tentang orientasi seksual masing-masing. Sementara sang leader, Hyeongseong juga seorang bisexual. Di akun Facebook lamanya, dia menempatkan seksualitasnya sebagai biseksual, yang mana tertarik pada pria dan juga wanita.

Holland

Holland
Sumber Foto: @holland_vvv/Instagram

Solois tampan satu ini juga merupakan idola Kpop gay pertama yang terbuka soal orientasi seksualnya. Holland memulai debutnya pada Januari 2018 silam. Pria berusia 23 tahun ini memutuskan untuk menjadi penyanyi karena ingin mengutarakan pengalamannya sebagai seseorang yang berada dalam minoritas seksual di masyarakat. 

Marshall

Marshall
Sumber Foto: Koreaboo

Berasal dari Orange County, Amerika Serikat, Marshall rela terbang ke Korea Selatan demi mengejar mimpinya sebagai bintang Kpop. Dia sudah terbuka sebagai seorang gay sejak 2015 dan memulai debutnya pada tahun 2018. Meskipun teman-teman gay Korea-nya mengatakan bahwa akan lebih baik untuk menyembunyikan orientasi seksualnya, dia tetap memilih menjadi diri sendiri. 

Som Hye In

Som Hye In
Sumber Foto: somgodld/Instagram

Som Hye In juga belum lama ini mengakui bahwa dirinya adalah seorang bisexual. Mantan kontestan dari program survival besutan Mnet, Idol School ini bahkan tidak takut mengunggah sejumlah foto mesra bersama kekasih wanitanya. 

Tentu pengakuannya itu menjadi perbincangan hangat publik. Tidak sedikit dari K-Netz yang menghujat Som Hye In. Menuai pro dan kontra, akhirnya sang idola harus menempuh jalur hukum demi menutup mulut para haters.

Jiae Eks WASSUP

Jiae WASSUP
Sumber Foto: @ji.aee/Instagram

Terbaru adalah Jiae Eks WASSUP. Lewat postingannya di Instagram Story, wanita kelahiran 1995 tersebut mengaku bahwa dirinya menyukai pria dan wanita, menunjukkan ke publik bahwa dia adalah seorang bisexual.

Baca juga: 6 Seleb Korea PeDe Tindik di Hidung, Tidak Peduli Hujatan Netizen