X
  • Zico

IntipSeleb – Any Song, lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Zico tengah viral. Dirilis pada 13 Januari lalu, lagu tersebut langsung melesat ke posisi pertama di berbagai chart musik Korea seperti Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, Soribada, Flo, serta iChart. Saking meledaknya di pasaran, Any Song masih mempertahankan posisinya hingga sekarang. 

Member dari boy group Block B ini juga sukses meraih predikat All-Kill untuk Any Song. Gelar All-Kill sendiri diberikan untuk lagu yang berhasil bertengger pada peringkat pertama di chart harian dan realtime berbagai situs musik populer di Korea. 

Selain lagunya mendapat begitu banyak cinta dari masyarakat, ada pula tarian Any Song yang tersedia di aplikasi Tik Tok. Selain penggemar Kpop, sejumlah kalangan juga ikutan demam koreografi Any Song yang dipopulerkan dengan tagar #anysongchallenge. Dirangkum oleh tim Intipseleb, berikut adalah fakta tentang lagu Any Song milik Zico yang mungkin belum kamu ketahui.

Any Song Merupakan Bagian dari Album Thinking

Zico
Sumber Foto: Naver

Any Song sendiri merupakan lagu ‘lanjutan’ dari album bertajuk Thinking yang dirilis tahun 2019 silam. Album tersebut terbagi menjadi dua, yaitu Thinking Part.1 yang diperkenalkan oleh sang rapper pada bulan September dan Thinking Part.2 di November. Dikutip dari Billboard, lagu ini memiliki nada yang witty dengan alunan seperti mengetuk-ketuk. Any Song dianggap sebagai lagu easy-listening sehingga bisa dinikmati oleh siapa pun.

Strategi Marketing

Zico dan Hwasa MAMAMOO
Sumber Foto: @woozico0914/Instagram

Sebelum perilisan resmi Any Song, Zico sempat mengunggah video #anysongchallenge di akun Instagram pribadinya @woozico091 pada 11 Januari. Dalam video tersebut, dia menarikan koreografi Any Song bersama Hwasa MAMAMOO. 

Sontak video tersebut viral dan berhasil membuat publik penasaran dengan lagu Any Song. Cara sang pemilik nama Woo Ji Ho ini dalam mempromosikan lagunya dinyatakan berhasil. Karena bertepatan pada hari perilisan lagu tanggal 13 Januari, Any Song bisa langsung menduduki peringkat teratas berbagai chart lagu. 

Lirik Any Song Tidak Punya Makna

Zico
Sumber Foto: Naver

Dalam sebuah sesi wawancara, Zico sempat membahas makna di balik lagu Any Song tersebut, “Aku ingin membuat lagu yang dapat didengar orang ketika mereka tidak memikirkan apa pun. Aku ingin membuat sesuatu tanpa berpikir, dan dari situlah konsep Any Song muncul,” ungkapnya.

Pria kelahiran 1992 ini kemudian melanjutkan, “Aku berhenti dan mengandalkan insting untuk lagu ini. Orang-orang selalu memikirkan begitu banyak hal yang berbeda. Jadi aku pikir, setidaknya karena ini awal tahu, kita bisa menikmati sebuah lagu tanpa banyak berpikir. Pesan lagunya adalah tidak ada,” pungkas Zico.

Viral di TikTok

Any Song Challenge
Sumber Foto: Naver

TikTok kembali hits sejak awal tahun ini. Jika dahulu banyak yang menganggap aplikasi ini alay, berbeda dengan saat ini. Bahkan sederet publik figur dari dalam maupun luar negeri ketagihan menggunakan aplikasi ini. Dengan percaya diri, mereka asyik melakukan berbagai challenge yang disuguhkan termasuk Any Song Challenge

Tidak hanya fans Kpop yang turut meramaikan #anysongchallenge, tapi juga mereka yang bahkan belum familiar dengan lagu-lagu Zico. Wah, kira-kira tren ini akan bertahan sampai kapan ya guys?

Any Song Kalahkan Popularitas Love Scenario

Zico
Sumber Foto: KOZ Entertainment

Any Song pun dinobatkan sebagai lagu yang pertama kali meraih predikat All-Kill di tahun 2020. Dilansir dari Allkpop pada 31 Januari, lagu milik Zico itu disebut-sebut menjadi lagu yang bertahan pada posisi Perfect All-Kill terlama, yakni 212 jam dan hingga saat ini, perhitungannya masih berlanjut. Daebak!

Pencapaian ini ternyata sudah mengalahkan rekor Perfect All-Kill terlama yang sebelumnya dipegang oleh lagu Love Scenario milik iKON tahun 2017 silam. Love Scenario berhasil bertahan di posisi Perfect All-Kill selama 204 jam. 

Berbeda dengan All-Kill yang berarti lagu tersebut bertengger di chart harian, Perfect All-Kill bisa dicapai ketika sebuah lagu bertahan di posisi pertama pada chart mingguan iChart di samping kriteria All-Kill lainnya.

Sudah kamu mencoba #AnySongChallenge?