• X1

IntipSeleb – X1 resmi melakukan debutnya pada 27 Agustus 2019 dengan perilisan album perdana Emergency: Quantum Leap dengan lagu andalan Flash. Namun, di tengah-tengah kebahagiaan yang tengah menyelimuti kesebelas personil serta penggemar, grup jebolan program survival Produce X 101 justru menghadapi hambatan untuk melakukan promosi karena kontroversi manipulasi voting yang sedang berlangsung.

Seperti diketahui, paska berakhirnya Produce X 101, acara besutan Mnet itu marak diperbincangkan. Pihak penyelenggara program survival dikabarkan melakukan tindakan manipulasi hasil voting. Pengakuan dari salah satu mantan staf Mnet yang membenarkan bahwa daftar trainee yang terpilih debut dalam X1 telah disusun sejak awal acara pun makin membuat skandal ini kian memanas.

Kasus ini pun nyatanya berimbas pada seluruh aktivitas grup X1, mulai dari gagalnya mendapat tawaran iklan hingga nyaris tidak tampil di program musik. Penasaran dengan penjelasan selengkapnya? Simak artikel di bawah ini ya!

Manipulasi Voting yang Dilakukan Mnet

Produce X 101
Sumber Foto: @produce_x_101/Instagram

Kasus tersebut masih diselidiki oleh polisi. Pihak berwajib telah menemukan bukti yang dapat memperkuat dugaan manipulasi voting. Agar masalah ini cepat selesai, Mnet bahkan meminta tim profesional untuk melakukan investigasi.

Saat polisi sedang menyelidiki Mnet dan para staf produksi, terkuak fakta baru yang menyebutkan bahwa mereka menemukan rekaman audio dari salah satu produser yang berbincang tentang niatnya untuk berlaku curang pada hasil voting Produce X 101.

Selain Produce X 101, tuduhan kecurangan pemungutan suara juga diajukan untuk Produce 48 dan Idol School. Karena hal tersebut, membuat banyak perusahaan iklan dan brand enggan melakukan kerjasama dengan X1, mengingat situasi yang saat ini belum stabil.

Batal Lakukan promosi di Program Musik

X1
Sumber Foto: X1 Official Twitter

X1 terancam tidak dapat tampil di program musik untuk mempromosikan lagu debut mereka. Beberapa stasiun televisi yang membatalkan promosi tersebut antara lain, KBS (Music Bank), MBC (Music Core), dan SBS (Inkigayo). Melansir Soompi, X1 baru dikonfirmasi untuk melakukan penampilan perdana di Mnet Countdown pada Kamis, 29 Agustus.

Menanggapi kabar ini, sumber dari pihak X1 mengatakan pada Newsen bahwa mereka masih dalam tahap diskusi dengan stasiun televisi, “Kami sedang dalam diskusi dengan stasiun penyiaran,” kata sang sumber pada Rabu, 28 Agustus 2019. Hingga sekarang, masih belum diketahui apakah X1 akan tampil di program musik atau tidak sama sekali selama masa promosi berlangsung.

Berdasarkan pernyataan SPOTV, beberapa stasiun televisi yang membatalkan jadwal promosi X1 memilih untuk menunggu hasil penyelidikan polisi terkait dugaan manipulasi voting yang terjadi di Produce X 101.

Respon Anggota X1 Soal Kasus Manipulasi Voting

Han Seung Woo X1
Sumber Foto: Star Daily News

Salah satu personil dari X1 memberikan tanggapan mengenai kontroversi manipulasi voting saat hadir dalam jumpa pers showcase debut mereka di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan pada Selasa, 27 Agustus 2019 lalu.

“Seperti yang aku katakan sebelumnya, kami hanya fokus dengan latihan. Karena jadwal yang padat, kami tidak punya waktu untuk menggali informasi soal penyelidikan tersebut. Kesimpulannya, kami hanya ingin memberikan yang terbaik untuk para penggemar yang telah menunggu dan mencintai kami. Kami bekerja keras demi orang-orang yang mencintai kami, dan kami berharap album ini akan menghapus (kekhawatiran mereka), kata Han Seung Woo selaku leader dari X1.

Tetap Hadir di Variety Show

X1
Sumber Foto: @x1official101/Instagram

Meski tidak tampil di program musik, X1 dipastikan masih akan sibuk mewarnai layar kaca pertelevisian Korea. JTBC Idol Room menjadi program pertama yang disambangi oleh X1 dengan formasi lengkap. Selain itu, Kim Yo Han, Han Seung Woo, Son Dong Pyo, dan Nam Do Hyun juga akan muncul di TMI News. Sementara member lainnya juga hadir sebagai bintang tamu untuk acara Mafia Game in Prison dan Let’s Eat Dinner Together.

Grup beranggotakan 11 orang ini juga telah menyapa ONE IT lewat reality show bertajuk X1 FLASH , yang menyuguhkan cuplikan momen di belakang layar tentang persiapan debut dan juga perasaan para masing-masing member.