X

IntipSeleb – Nama Jang Hansol pemilik akun YouTube Korea Reomit mendadak jadi trending topik Twitter sejak Rabu malam, 6 Mei 2020. Pria yang lancar berbahasa Indonesia ini memviralkan video jenazah anak buah kapal (ABK) Indonesia yang dibuang ke laut.

Peristiwa tidak manusiawi itu tengah menjadi pemberitaan heboh di Korea Selatan. Videonya berjudul “Berita Trending di Korea yang Bakal Bikin Orang Indonesia Ngamuk!” ditonton lebih dari 600 ribu kali setelah diunggah 7 jam .

Selama 14 menit, Hansol membantu menerjemahkan tayangan berita MBC News hingga akhirnya kejadian ini diketahui masyarakat Indonesia. ABK Indonesia yang bekerja di kapal China itu bekerja 30 jam nonstop tidak diberi minum air mineral, hingga meninggal karena sakit kelelahan kerja. Setelah itu, jenazahnya dibuang ke laut.

Sebetulnya siapakah sosok YouTuber Jang Hansol yang begitu akrab dengan masyarakat Indonesia? Bahkan sampai pernah ketemu Presiden Jokowi lho. Yuk ketahui fakta-fakta menariknya dirangkum oleh IntipSeleb!

1. Orang Korea yang medok

Janghansol YouTuber Korea Reomit

Salah satu alasan Jang Hansol dicintai oleh penonton YouTube Tanah Air karena kemampuannya berbahasa Indonesia dan Jawa dengan lancar. Bahkan pria kelahiran 8 Mei 1994 di Daegu, Korea Selatan ini menyebut dirinya sebagai orang Korea yang medok.

2. Lama tinggal di Indonesia

Alasannya terdengar medok dengan logat Jawa karena Hansol pernah tinggal di Indonesia. Tepatnya mengikuti orangtua yang bekerja di kota Malang, Jawa Timur saat masih umur 4 tahun. Pria yang sekilas mirip aktor Lee Jong Suk ini bersekolah di Indonesia sampai lulus SMA lalu lanjut berkuliah di Singapura. Kini ia tinggal di Korea Selatan.

3. Karier sebagai YouTuber

Jang hansol youtuber korea reomit

Channel YouTube Korea Reomit dibuat Hansol sejak 1 September 2013. Total penonton semua videonya mencapai 400 juta lebih dengan 2,9 juta subscribers.

“Mari membahas hal menarik dari Indonesia. Berbagi dan berdiskusi tentang Indonesia! Suka sekali!,” tulisnya dalam keterangan di profile YouTube.

YouTuber yang memanggil penontonnya dengan sebutan bolo-bolo ini rutin mengunggah 5 video dalam seminggu. Berisi konten informatif, mukbang makanan, vlog keseharian hingga kisah horor yang saat ini lagi rutin dibuat.

4. Bertemu Presiden Joko Widodo

Video terpopuler di channel Korea Reomit dengan 5 juta penonton berjudul Aku tanya pak Jokowi pakai bahasa JAWA!!. Yup, Hansol pernah bertemu dengan Presiden Jokowi di Seoul, Korea Selatan pada 11 September 2018. Hansol menemui Jokowi dan sempat berbincang sedikit sambil melakukan jalan pagi.

“Saya orang Korea tapi besarnya di Malang pak. Saya mau tanya pak, gimana cara menjadi pemimpin yang baik dan bagus? Bapak selaku pemimpin Indonesia,” tanya Hansol dalam Indonesia bercampur Jawa yang medok.

5. Berdonasi untuk Indonesia

Jang Hansol YouTuber Korea Reomit

Di tengah pandemi virus corona, Jang Hansol turut berdonasi Rp50 juta untuk Indonesia melalui Kitabisa.com pada Maret 2020. Angka ini bukan nominal kecil untuknya tapi jauh lebih berarti dibagikan untuk yang membutuhkan.

6. Penghasilan YouTube Korea Reomit

Jang Hansol YouTuber Korea Reomit

Berdasarkan data dari Noxinfluencer, 91 persen penonton channel YouTube Korea Reomit berasal dari Indonesia. Taksiran penghasilan bulanan Jang Hansol dari YouTube Rp436 juta hingga Rp1,5 miliar.

Video Korea Reomit yang berjudul Berita Trending di Korea yang Bakal Bikin Orang Indonesia Ngamuk! Diperkirakan bernilai Rp83 juta dengan jumlah penonton 800 ribu diprediksi semakin bertambah.

7. Bonus: Jang Hansol masih jomblo!

Jang hansol youtuber korea reomit

Baca juga: YouTuber Korea Viralkan Video Jenazah ABK Indonesia Dibuang ke Laut

Berita Terkait :

Saksikan Juga