• Irish Bella, Ammar Zoni

IntipSeleb – Ammar Zoni dan Irish Bella sedang mengalami kisah duka akibat bayi kembarnya meninggal. Pihak Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat menggelar jumpa pers hari Senin, 7 Oktober 2019 terkait meninggalnya bayi kembar pasangan selebriti Ammar Zoni dan Irish Bella.

Dikutip dari Viva.co.id, Aish, begitu sapaan Irish Bella yang melahirkan secara caesar sudah pulih meski pada saat operasi tekanan darahnya mencapai 180/90. Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG selaku Dokter Penanggung Jawab (DPJP) menjelaskan kronologi kesehatan Irish Bella.

Penyebab si kembar meninggal

Irish Bella dan Ammar Zoni
Sumber: Instagram/@_irishbella_

Kabar meninggalnya si kembar sudah diberitakan sejak Minggu malam, 6 Oktober 2019 dan belum diketahui penyababnya. Senin siang, 7 Oktober 2019 dijelaskan dr. Gatot bahwa bayi meninggal di dalam akibat sebagian plasenta lepas.

"Jadi Irish datang hari Jumat pagi sudah stage 4 (kondisi bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) sudah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil. Bayi meninggal di dalam, itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, solusio plasenta. Untuk kehamilan kembar, plasenta satu tali pusat dua. Bayi kembar donor resipien ini namanya TTTS," ungkap dr. Gatot dilansir dari Viva.co.id

Menurut dokter, si kembar dipindahkan ke HDU dan ternyata sudah tidak bernyawa. Kondisi sang ibu, Aish sehat dan tenakan darahnya juga bagus. Irish mengalami solusio plasenta yang disebabkan karena preeklamsia yang disebabkan mirror syndrom. Di mana tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi. Dilanjutkan dengan penjelasan sang dokter bahwa mirror syndrom saat hamil kembar sangat jarang.

"Pasien jam 9 dipindah ke HDU, dan ternyata sudah tidak ada detak jantung. Meninggal diperkirakan jam 8. Sekarang kondisi ibu bagus, tekanan darah bagus," tutur dr. Gatot.

Bukan karena kelelahan

Irish Bella, Ammar Zoni
Sumber: Instagram/@_irishbella_

Memiliki jadwal yang padat saat hamil, Aish sebelumnya diduga kelelahan karena sibuk bekerja. Namun, pernyataan itu dibantah oleh dr. Gatot karena sangat tidak berpengaruh. Sang dokter juga menganggap bahwa pasangan ini sangat luar biasa karena memahami keadaan dan tidak down.

"Enggak ada hubungannya dengan capek. Pasangan ini luar biasa. Setelah saya jelaskan perjalanan penyakitnya, Alhamdulillah mereka memahami, mereka tidak down," jelas dr. Gatot.

Irish Bella tidak mau melihat si kembar

Irish Bella, Ammar Zoni
Sumber: Instagram/@_irishbella_

Irish Bella dan Ammar sangat menantikan kehadiran sang buah hati hingga tidak sabar untuk menyambut keduanya. Dikatakan dokter, Irish Bella tidak ingin melihat bayi kembarnya yang telah tak bernyawa karena tak kuasa menahan kesedihan.

"Dia enggak mau lihat bayinya mungkin karena sedih. Pas beberapa waktu baru mau lihat," ucap Gatot dilansir dari Viva.co.id.

Bukan karena keguguran

Ammar Zoni dan Irish Bella
Sumber: Instagram/@_irishbella_

Dokter kembali menjelaskan bahwa kematian yang dialami si kembar bukan merupakan keguguran. Pasalnya, Irish Bella sudah mengandung selama 27 minggu atau enam bulan lebih tiga minggu. Sedangkan bayi yang dikatakan keguguran jika usia kadungannya berada di bawah 20 minggu.

"Bisa hamil lagi paling cepat 3 bulan. Tapi ini bukan keguguran ya. Karena kalau keguguran di bawah 20 minggu. Ini prematur, kandungan sudah berusia 27 minggu," ungkap Gatot.