X
  • Awkarin Tsamara

IntipSeleb – Nama Awkarin dikenal sebagai seorang selebgram yang penuh drama soal kisah asmara. Berniat untuk berubah, Awkarin sempat menjual akun Instagram-nya. Video I Quit Instagram itu sempat viral lantaran warganet meragukan perubahan ke arah yang lebih baik dari seorang Karin Novilda.

Tak butuh waktu lama, Awkarin kini dikenal dengan seorang yang dermawan karena aksi relawannya. Dimulai dari turun langsung membantu korban bencana di Palu, konten YouTube dan Instagram-nya berisi tentang kebaikan yang ia lakukan untuk Negeri. 

Sebagai influencer, Awkarin menggunakan kemampuannya untuk mengajak anak muda berkontribusi untuk membangun Negeri. Beberapa aksinya adalah membagi uang kaget, menjadi dewan logistik dan konsumsi dalam demo mahasiswa, menjadi relawan bencana kabut asap di Kalimantan, dan terakhir Awkarin membantu seorang pengendara ojek online yang kehilangan motornya. Ia juga berniat untuk mengangkat isu #perppusekarangjuga bersama Ketua BEM UGM, Atitaul Muqtadir atau yang lebih dikenal dengan Fathur.

Baca Juga: Cie, Awkarin dan Ketua BEM UGM Makin Dekat, Sampai Pamer Chat

Namun, sepertinya banyak warganet yang memanfaatkan kebaikan Awkarin di sosial media. Hingga muncul istilah “Awkarin do your magic” di Twitter untuk sesuatu yang tidak penting, seperti mengemis online untuk tiket konser. Seharusnya warganet mengerti bahwa Awkarin memiliki sikap dermawan khusus untuk mengutamakan sifat kemanusiaan kepada yang lebih membutuhkan.

Melalui Twitter, Awkarin mengungkapkan rasa kecewanya kepada warganet. Bahkan salah satu pernyataannya menjadi trending topic pada Kamis, 17 Oktober 2019, yaitu “Usaha Jancok.” Cuitan Awkarin bahkan dikaitkan dengan tweet Tsamara Amany yang meminta donasi untuk PSI.

Awkarin marah

Awkarin

Dengan meluapkan amarahnya kepada warga Twitter Awkarin juga menyeleksi kasus yang menurutnya berhak untuk mendapatkan donasi darinya. Tidak sembarang orang bisa mendapatkan uang secara percuma dari Awkarin, ia hanya memberikan kepada yang benar-benar butuh. 

Sekarang lagi jaman ya ngemis online gitu? Gue juga research kali mau sedekah ke orang. Gak segampang “awkarin do your magic...” Gue kalo donasi/sedekah sama orang yang bener-bener butuh. Selama lo masih punya kuota buat ngemis sama gue. Berarti lo belom butuh bgt. Usaha jancok.”

Seolah melanjutkan, Awkarin merasa geram dengan orang yang ingin meminjam sejumlah uang kepadanya untuk menutup hutang online. Kalaupun Awkarin meminjamkan uangnya, orang tersebut tidak akan menyelesaikan masalah karena istilah gali lubang tutup lubang. Menurutnya, lebih baik menghindari hutang piutang dengan bekerja keras untuk masa depan yang lebih baik.

Ada lagi yang minjem duit katanya buat nutup hutang pinjaman online. Nah gmn itu, lu kelar ngutang disana, sekarang lu ngutang digue. Gak nyelesain masalah. Gali lubang tutup lubang. Kerja, usaha, cicil hutangnya. Lalu belajar menabung, hindari hutang piutang di masa mendatang.”

Reaksi ​warganet

Awkarin

Viralnya “Usaha Jancok” yang dituliskan Awkarin membuat warganet menyerbu cuitan yang ditulis oleh mantan Gaga Muhammad itu. Beberapa reaksi dilontarkan oleh netizen, ada yang setuju dan ada yang menyatakan bahwa Awkarin sendiri yang pernah memberikan uang kaget secara percuma kepada mereka. Ada juga netizen +62 yang melontarkan seperti ceramah dalam kolom komentar. 

“Tak boleh kau pikirkan kemana perginya sedekahmu. Apakah jatuh ke orang kaya atau orang miskin. Sedekah adalah kegiatan puritan. Syaratnya cuma satu: ikhlas! Sedekah itu jembatan bagimu utk bertemu penciptamu, tuhanmu. Sedekah bukan kegiatan kapitalisme!” tulis salah satu netter.

Awkarin menanggapi pernyataan tersebut dengan membela dirinya. Menurutnya, bukan sedekah namanya jika harus membelikan tiket konser kepada netizen

Emang kalo beliin tiket konser termasuk sedekah ya pak? Gak bisa uangnya saya kasih ke panti asuhan aja dari pada beliin tiket konser juta-jutaan?”

Dikaitkan dengan donasi ​Tsamara Amany

Awkarin

Beberapa reaksi dilontarkan oleh warganet hingga cuitan tersebut berhasil mendapat 2 ribu komentar dalam waktu empat jam. Ada yang pro dan kontra dengan pernyataan Awkarin dan ada juga yang mengaitkan dengan cuitan Tsamara Amany, ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Baca Juga: Heboh Awkarin VS Tsamara Amany, Kenapa Selalu Dibandingkan?

“Tolong yang ini kasih bantuan 88 ribu, thanks,” tulis salah satu netter dengan menyertakan tweets Tsamara.

Diketahui, sebelumnya Tsamara menuliskan seperti donasi online melalui akun Twitter @tsamaraDKI. 

“Teman2, orang jahat yang terorganisir bisa mengalahkan orang baik yang tidak terorganisir. Orang baik, jangan mau kalah. Yuk donasi untuk PSI mulai dari 88 ribu per bulan,” tulis Tsamara dengan menyertakan link donasi.

Tulisan Tsamara tersebut menimbulkan banyak reaksi dari warganet sebagai berikut:

Dear​ @psi_id , usaha jancok!”

”ketika jamannya politisi(katanya sih) ngemis2 & rakyat bersed3kah”

”wahh kasian amat psi. dipermalukan anggotanya sendiri .. minta sumbangan ..

Sekarang jamannya nyumbang neng, bukan minta sumbangan. Dari UAS sampai awkarin, keren itu klo nyumbang, tinggal pendukung jokohok aja yg masih ngemis2 sumbangan ama rebutan nasi kotak.”