img_title
Foto : Instagram/@awkarin/@ernestprakasa

IntipSeleb – Kasus permasalahan hak cipta antara Awkarin dan ilustrator asal Bandung, Nadiya (@nadiyahrs), sedang memanas di dunia Twitter. Berawal dari 4 tahun lalu saat Awkarin mengambil foto grafis dari Pinterest tanpa mencantumkan pembuat karya tersebut.

Memang Awkarin di masa lalu banyak terlibat dalam kontroversi yang dianggap sebagai contoh buruk bagi remaja. Namun belakangan, pemilik nama asli Karin Novilda ini terlihat banyak melakukan aktifitas positif. Seperti membantu korban kebakaran hutan di Kalimantan hingga demo mahasiswa. Influencer 22 tahun ini menggunakan popularitasnya untuk menggerakan anak muda ke arah yang baik.

Sayangnya, sejak tiga hari lalu, kasus lama Awkarin yang melanggar hak cipta karya ilustrator kembali mencuat. Nadiya membuat cuitan pada 26 Oktober 2019, merasa terganggu melihat sikap Awkarin sekarang sebagai aktivis padahal mencuri karya orang lain.

Baca juga: Awkarin Disebut Curi Karya Ilustrator Lokal, Berujung Pengadilan?

Awkarin Merasa Bersalah

Permasalahan yang sebelumnya dianggap sudah berdamai kembali menjadi sorotan. Pasalnya, Nadiya menghapus semua cuitannya di akun Twitter. Banyak yang mendukung Nadiya dan merasa Awkarin mengintimidasi dengan membawa pengacara. Awkarin yang tadinya dipuja karena kebaikannya kini kembali dihujat.

Topik Terkait