• Awkarin dan ernest prakasa

IntipSeleb – Kasus permasalahan hak cipta antara Awkarin dan ilustrator asal Bandung, Nadiya (@nadiyahrs), sedang memanas di dunia Twitter. Berawal dari 4 tahun lalu saat Awkarin mengambil foto grafis dari Pinterest tanpa mencantumkan pembuat karya tersebut.

Memang Awkarin di masa lalu banyak terlibat dalam kontroversi yang dianggap sebagai contoh buruk bagi remaja. Namun belakangan, pemilik nama asli Karin Novilda ini terlihat banyak melakukan aktifitas positif. Seperti membantu korban kebakaran hutan di Kalimantan hingga demo mahasiswa. Influencer 22 tahun ini menggunakan popularitasnya untuk menggerakan anak muda ke arah yang baik.

Sayangnya, sejak tiga hari lalu, kasus lama Awkarin yang melanggar hak cipta karya ilustrator kembali mencuat. Nadiya membuat cuitan pada 26 Oktober 2019, merasa terganggu melihat sikap Awkarin sekarang sebagai aktivis padahal mencuri karya orang lain.

Baca juga: Awkarin Disebut Curi Karya Ilustrator Lokal, Berujung Pengadilan?

Awkarin Merasa Bersalah

Permasalahan yang sebelumnya dianggap sudah berdamai kembali menjadi sorotan. Pasalnya, Nadiya menghapus semua cuitannya di akun Twitter. Banyak yang mendukung Nadiya dan merasa Awkarin mengintimidasi dengan membawa pengacara. Awkarin yang tadinya dipuja karena kebaikannya kini kembali dihujat.

Lewat sebuah thread yang dibuat pada Selasa malam, 29 Oktober 2019, Awkarin dengan panjang lebar memberi penjelasan terkait masalahnya dengan Nadiya. Mantan pacar Gaga Muhammad ini juga meminta maaf karena sempat terpancing emosi sampai membuat cuitan akan menyelesaikan masalah ini dengan pengacaranya.

“Aku pun merasa menyesal karena terpancing emosi yang akhirnya membuatku berkeputusan untuk membuat pernyataan tentang “Lawyer” di ruang publik. Dan aku akui, itu adalah keputusan yang salah dan aku sesali. Untuk itu aku minta maaf,” kata Awkarin.

Awkarin sempat menyesalkan tindakan ilegal Nadiya yang menyebar screenshoot chat pribadi antara mereka berdua ke Twitter. Takut dituntut Awkarin, Nadiya akhirnya sekalian menghapus semua tweet di akunnya.

“Intinya, aku tidak pernah memaksa Nadiya untuk menghapus semua twitnya dan tidak ada tuntutan dari Lawyer ku sama sekali. Justru maksud ku menghubungi Nadiya lewat DM adalah untuk berdamai dan mediasi,” tutur Awkarin di akhir penjelasannya.

Ernest Prakasa Curiga

Setelah Awkarin membuat thread di atas, Ernest Prakasa ikut mengomentari permasalah tersebut. Sutradara film Imperfect ini curiga kalau Awkarin memang mengintimidasi Nadiya.

“Klo niat minta maafnya tulus & nggak disertai intimidasi, kenapa Nadiya sampe harus hapus2in twitnya?” ujarnya

Bukan hanya itu, Ernest juga menyentil cuitan Awkarin sebelumnya tentang membawa pengacara. Sutradara sekaligus komika tersebut mengingatkan pengguna Twitter agar tidak menyebarkan screenshot percakapan Awkarin dan Nadiya yang disebut ilegal.