X
  • Agnez Mo

IntipSeleb – Agnez Mo sedang menjadi topik hangat karena wawancaranya dengan salah satu media Amerika Serikat, Build Series. Video berjudul ‘Indonesia Pop Artist Agnez Mo Talks New Music, Including Her Single, Diamonds,’ diunggah di YouTube pada 22 November 2019.

Sepanjang wawancara selama 27 menit, Agnez banyak berbicara tentang musik dan juga latar belakangannya. Berikut pernyataan Agnez Mo dalam wawancara yang menuai kontroversi.

Gak mau ngomong kasar pakai Bahasa

Agnez Mo

Di awal wawancara Agnez Mo membicarakan tentang lagu barunya yang berkolaborasi dengan French Montana, Diamonds dan single terbaru berjudul NaNaNa. Saat Agnez berkata kasar, pembaca acara bertanya mengapa ia tidak mengumpat dengan bahasa Indonesia? 

“Itu berbeda rasanya saat kau berkata kasar dalam bahasamu sendiri. Hal itu membuatku grogi, bahkan saat ini jantungku berdebar kencang hanya memikirkannya. Aku bisa berkata ‘fuck you’ tidak ada masalah dengan itu. Tapi ketika harus berkata kasar dalam bahasa Indonesia, aku tidak bisa,” tuturnya sambil tertawa.

Agnez juga tidak mau mengajarkan temannya yang bertanya kata-kata kasar dalam bahasa Indonesia.

“Aku tidak mau melakukannya demi rakyat. Aku tidak mau mengecewakan Negaraku.”

Baca juga: 8 Gaya Seleb di Red Carpet AMAs 2019, Agnez Mo Saingi Selena Gomez

Menekankan inklusivitas budaya Indonesia

Agnez Mo

Selanjutnya Agnez membicarakan bagaimana banyak pihak memberi pemahaman yang salah tentang dirinya. Diketahui, Agnez sering menampilkan budaya Indonesia dengan cara modern. Saat menggunakan baju adat Papua, penyanyi 33 tahun ini juga sempat menuai pro kontra.

“Menarik karena Indonesia punya lebih dari 18 ribu pulau. Masing-masing pulau punya musik, baju tradisional, alat musik, yang sangat beragam. Aku tumbuh dengan itu. Tapi yang lucu adalah aku tumbuh sebagai penyanyi di gereja jadi seperti, ‘eh tunggu deh kau menggunakan musik tradisional tapi di saat yang sama aku merupakan penyanyi gereja’, Itu bagian diriku. Jadi aku merasa ini bukan hanya tentang merepresentasikan budaya tapi lebih ke inklusivitas budaya dan ini yang aku kedepankan.”

Tidak berdarah Indonesia

Agnez Mo

Mendengar jawaban tersebut, presenter berpikir Agnez berbeda dari orang kebanyakan. Hal ini pun diakui oleh Agnez. Pemilik nama lengkap Agnes Monica Muljoto tersebut membeberkan kalau ia memang tidak berdarah Indonesia.

“Iya karena aku sebetulnya enggak punya darah Indonesia, apapun itu. Aku sebetulnya (berdarah) Jerman, Chinese, Jepang, aku hanya lahir di Indonesia dan aku juga seorang Kristen. Mayoritas di Indonesia beragama Muslim. Aku tidak berpikir aku seharusnya tidak di sana karena mereka selalu menerima diriku apa adanya. Tapi selalu ada rasa dalam diri seperti aku bukan orang lain. Hal itu mengajarkan ku untuk menerima perbedaan dan orang lain yang berbeda pula.”

Baca juga: Heboh, Agnez Mo Ngaku Gak Punya Darah Indonesia

Merasa berbeda

Agnez Mo Wanna Be Loved

Agnez Mo merasa berbeda dari mayoritas penduduk di Indonesia. Namun bukan berarti dia merasa lebih keren dibanding yang lain. Agnez ingin merangkul semua golongan.

“Aku tidak ingin dihubungkan dengan golongan anak-anak keren (cool kids). Aku merasa perlu dihubungkan dengan orang-orang yang merasa mereka tidak termasuk dalam golongan apapun. Aku ingin bisa mengatakan ‘hei aku seorang introvert tidak terbiasa berbicara di depan publik tapi aku dapat memicu perubahan’. Aku punya banyak followers, sehingga merepresentasikan hal itu lebih penting ketimbang mewakilkan anak-anak keren (cool kids). Walaupun bagus juga untuk mewakilkan keduanya. Tapi sebagai pengingat bahwa aku berasal dari tempat dimana ‘aku tidak seperti yang lain’ tapi aku masih bisa melakukannya,” ungkap Agnez Mo.

Tonton video lengkap wawancara Agnez Mo di bawah ini: