img_title
Foto : Instagram/dg_kcp

IntipSeleb – Kabar duka bagi dunia selebritis Tanah Air. Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu, 16 Februari 2022. Ia meninggal dunia usai positif COVID-19 di RSPP Simprug. Dorce disebut telah positif virus corona sejak tiga minggu lalu.

Sebelum meninggal dunia, Dorce Gamalama merupakan salah satu pelawak hingga presenter serba bisa. Ia juga merupakan transgender wanita yang mengubah kelaminnya pada tahun 1980-an silam. Lantas, siapakah Dorce? Yuk simak profil dan agamanya di bawah ini!

Transgender Wanita

Instagram/ @dg_kcp
Foto : Instagram/ @dg_kcp

Dorce Gamalama terlahir sebagai pria dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi pada 21 Juli 1963. Sejak kecil, Dorce Gamalama tertarik pada dunia komedi, terlebih saat beradegan pura-pura menjadi wanita. Ia pun mendapatkan panggilan nama sebagai Dorce.

Lambat laun, Dorce Gamalama merasa dirinya terperangkap dalam tubuh laki-laki. Ia pun memutuskan melakukan operasi ganti kelamin menjadi seorang wanita di Surabaya pada tahun 1983 dengan ditangani Prof. Dr. dr. Djohansjah Marzoeki Sp.BP, ahli bedah plastik dari RSUD dr. Soetomo.

Keputusan Dorce Gamalama mengganti kelamin dari pria ke wanita menimbulkan banyak kontroversi. Namun, namanya semakin dikenal oleh masyarakat.

Topik Terkait