img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Sejumlah artis Indonesia memiliki perjalanan spiritual yang tidak sebentar. Dari perjalanan spiritual tersebut, beberapa di antara mereka memutuskan pindah agama.

Namun ternyata, tak sedikit yang mengambil keputusan untuk berpindah keyakinan lebih dari sekali. Lantas, siapa sajakah selebritis yang bolak-balik pindah agama? Yuk kita ulik satu per satu!

1. Jono Armstrong

Instagram/armstrong_jono
Foto : Instagram/armstrong_jono

Jono Armstrong adalah anggota band Gugun Blues Shelter. Pria asal London, Inggris ini ternyata memutuskan pindah agama Islam. Setelahnya, Jono menikahi perempuan asal Aceh. Namun pernikahan tersebut berakhir pada perceraian. Setelah bercerai, Jono kembali pindah agama ke Kristen, keyakinan semula.

2. Ericko Lim

Instagram/@xrickolim
Foto : Instagram/@xrickolim

Ericko Lim merupakan pemeluk agama Kristen dengan nama baptis Ericko Timotius Lim. Namun karena tidak merasa agamanya terhubung ke kehidupannya, Ericko memutuskan pindah agama ke aliran satanic saat berada di penjara. Tak hanya di situ, Ericko juga mengaku sempat mualaf.

3. Kriss Hatta

Instagram/krisshatta07
Foto : Instagram/krisshatta07

Kriss Hatta pindah agama Islam saat hendak menikahi Hilda Vitria. Namun, ia memutuskan kembali ke agama Kristen saat mendekam di penjara. Ia bimbang hendak beribadah ke gereja atau masjid kala itu.

4. Jonas Rivanno

YouTube/Daniel Mananta Network
Foto : YouTube/Daniel Mananta Network

Kabar Jonas Rivanno mualaf beredar pada tahun 2013, tepatnya saat hendak menikahi Asmirandah. Namun, pernikahannya dengan Asmirandah dibatalkan sebab pria yang akrab masih disapa Vanno itu kembali ke agama semula, Kristen. Kabar tersebut membuat Vanno dan Asmirandah menuai kecaman publik, khususnya FPI.

5. Monica Oemardi

Instagram/monica_oemardi
Foto : Instagram/monica_oemardi

Terlahir sebagai Kristen, Monica Oemardi putuskan pindah agama ke Katolik untuk menikah dengan Andrew Prabowo, pria asal Brunei. Pasca bercerai, Monica putuskan jadi mualaf setelah tertarik melihat temannya salat.

6. Bang Tigor

Instagram/bangtigor75
Foto : Instagram/bangtigor75

Bang Tigor atau Sumaisy Djaitov Yanda memutuskan pindah agama dari Islam ke Kristen. Sempat pindah agama Kristen, Bang Tigor kini kembali jadi Muslim. Ia pun berdoa agar dirinya istiqomah di Islam.

7. Marcell Siahaan

Instagram/marcellsiahaans
Foto : Instagram/marcellsiahaans

Marcell Siahaan terlahir sebagai pemeluk agama Kristen. Tiba-tiba, ia memutuskan untuk menjadi pemeluk agama Buddha. Marcell lalu kembali pindah agama ke Islam. Setelah jadi mualaf, Marcell seringkali memperlihatkan kegiatannya seperti berpuasa di bulan Ramadhan.

8. Steve Emmanuel

Instagram/bananaphotowork
Foto : Instagram/bananaphotowork

Lahir sebagai pemeluk agama Kristen, Steve Emmanuel putuskan jadi mualaf dan mengucap syahadat di depan Habib Rizieq pada tahun 2008. Namun, saat terjerat kasus narkoba, Steve ternyata telah kembali ke agama semula. Ia mengaku agamanya adalah Kristen.

9. Emilia Contessa

wikipedia
Foto : wikipedia

Keputusan Emilia Contessa pindah agama ke Kristen membuat kaget banyak pihak. Tak lama setelahnya, Emilia bahkan kembali ke Islam, agamanya semula. Hal tersebut membuat Junaedi Salat mengejek Emilia yang disebutnya tidak pernah belajar.

10. Nania Idol

Instagram/@nania.yusuf
Foto : Instagram/@nania.yusuf

Teranyar adalah Nania Idol. Nania Idol terlahir sebagai pemeluk agama Islam. Namun, Nania memutuskan pindah agama ke Kristen setelah melihat Alkitab milik temannya. Setelahnya, Nania meminta petunjuk dengan salat tahajud. Tak disangka, Nania mengaku melihat cahaya terang dan bertemu dengan Yesus.

Meski demikian, Nania Idol kini kembali putuskan masuk Islam. Lewat bimbingan Gus Miftah, ia mengucap dua kalimat syahadat pada Mei 2022. Keputusannya kembali jadi Muslim diambil karena mengingat kedua orang tuanya jika meninggal nanti tidak ada yang mendoakan karena berbeda agama.

Berita Terkait
Topik Terkait