X

IntipSeleb – Betrand Peto semakin disorot publik. Kehadirannya dengan suara emas di industri hiburan membawa warna baru bagi pecinta musik. Namun, anak angkat Ruben Onsu dan Sarwendah ini kerap mendapat cibiran dari netter.

Pertengahan November 2019 lalu, keluarga Onsu melapor kepada pihak yang berwajib lantaran wajah Betrand diganti dengan binatang. Merasa tidak terima, Ruben telah mengantongi akun-akun yang dianggap telah menghina putranya. Kini, Ruben mengungkapkan perkembangan dari kasus tersebut. Bagaimana kelanjutannya? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Wajah Betrand Peto Diubah Jadi Binatang, Keluarga Onsu Lapor Polisi

Pelakunya dari berbagai kalangan

Ruben Onsu menceritakan perkembangan kasus pencemaran nama baik Betrand Peto dengan nomor polisi TBL/7252/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus. Laporan itu diterima karena telah melanggar pasal 27 ayat 3 UU ITE juncto pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 tahun 2016. Kini, kasus pelaporan tersebut telah mendapat titik terang dan sudah melakukan berbagai tahapan. Hal ini diungkapkan langsung oleh suami Sarwendah saat ditemui awak media.

"Ya karena memang saya tidak cabut laporan kasusnya pasti berkembang terus. Dan sekarang ini sudah semakin ada titik terang lagi terima kasih pihak kepolisian sudah menerima laporan saya dengan baik. Hari ini pemanggilan saksi sudah dua hari ini pemanggilan saksi, minggu depan baru saya ada pemanggilan selaku orang tua dari Betrand,” kata Ruben Onsu lewat video YouTube Suaradotcom yang diunggah pada Rabu, 15 Januari 2020.

Meski enggan menyebutkan jumlah pelaku netizen yang menghujat anaknya, Ruben mengungkap mereka berasal dari berbagai usia. Tak hanya anak di bawah umur, akun yang menghina Betrand juga berasal dari pihak yang sudah berkeluarga dan usia dewasa. 

“Saya itu melakukan kewajiban sebagai warga negara dan gak di bawah umur aja kok, banyak mereka-mereka yang sudah berkeluarga, yang sudah rasa dewasa banyak. Ya mungkin kita semua tahu,” ujarnya.

Cara Ruben agar Betrand tidak tahu soal kabar miring

Ruben Onsu dan Betrand Peto
Sumber: Instagram/@ruben_onsu

Seperti diketahui, akun Instagram @betrandpetoputraonsu tidak dimainkan langsung oleh cowok kelahiran NTT itu. Ruben memilih untuk memanage langsung akun putranya karena dianggap belum pantas memainkan media sosial. Kabar miring yang beredar akhir-akhir ini membuat ayah tiga anak itu harus berusaha agar Betrand tidak mendengar. 

“Capek mba, nutup lobang ini lobang itu tapi kalau yang lain-lain saya tidak bisa ceritakan ke publik, itu menjadi  wewenang saya dan Sarwendah untuk membesarkan Betrand dan menjauhkan dia dari pemberitaan-pemberitaan yang saya rasa (Betrand) belum bisa memilah,” ungkap Ruben Onsu.

Ruben juga memberikan salah satu kabar miring yang menyeret nama Betrand beberapa waktu lalu. Rekaman video yang menampilkan Betrand seperti menyentuh payudara Sarwendah menjadi viral di media sosial. Menanggapi hal itu, Ruben mengaku banyak dampak negatif jika Betrand memainkan media sosial di usianya yang masih belia. 

“Dampak ke depannya itu membahayakan anak saya karena Betrand saat ini dalam keadaan stabil tapi ada beberapa hal dari dampak bullying, mereka memberikan komentar-komentar negatif tanpa ada kitanya. Pada saat itu cuman menclok ke situ cuman nggak nyampe empat menit tiba-tiba ada omongan yang nyampe ya itu mungkin kepancing kesedihannya dia. Jadi ini yang saya bilang anak saya belum bisa pegang sosial media,” pungkasnya.

Ruben mencabut laporan beberapa akun 

Betrand dan ruben
Sumber: Instagram/@ruben_onsu

Ruben mengungkapkan kalau dirinya telah menerima permintaan maaf dari netizen yang mencibir putranya. Akhirnya, kakak Jordi Onsu ini mencabut beberapa laporan untuk akun-akun tertentu. Namun, ia masih melanjutkan proses hukum berbagai akun yang merusak nama baiknya.

“Ada beberapa yang sudah meminta maaf dan saya memaafkan dan saya mencabut laporannya untuk beberapa akun. Tapi yang saya gak cabut itu banyak juga,” ujar Ruben Onsu.

Ruben memilih untuk tidak membocorkan soal jenis hukuman yang akan diterima oleh akun-akun yang nanti terbukti bersalah. Ruben juga menyatakan bahwa dirinya tidak akan melakukan perbuatan seperti apa yang telah netizen itu lakukan.

“Saya tidak pantas untuk bicarakan apa hukumannya. Saya mengikuti arahan kepolisian. Apa yang mereka perlakukan tidak akan mungkin saya perlakukan, mereka mencaci maki, atau membuat kata-kata yang kurang bagus buat anak saya tapi saya tidak akan buat kata-kata yang tidak bagus juga,” tutur Ruben Onsu.

Baca Juga: Tuai Kontroversi, Ini 6 Kedekatan Betrand Peto dan Sarwendah