img_title
Foto : Freepik/gpointstudio

IntipSelebKalkulator kehamilan merupakan salah satu alat atau tools yang dapat membantu para ibu hamil mengetahui usia kandungan mereka. Dengan teknologi yang semakin maju seperti saat ini, mengetahui usia kehamilan pun sudah tak sulit lagi.

Sudah banyak tersedia beragam kalkulator penghitung usia kehamilan yang hadir baik dalam bentuk situs ataupun aplikasi yang dapat dipasang di smartphone. Hanya dengan memasukkan beberapa data dan melakukan klik pada tombol yang ada, usia kandungan pun dapat diketahui.

Dengan begitu, tak perlu menggunakan cara manual yang rumit dan memakan waktu untuk dapat mengetahui berapa usia kandungan Anda. Nah, berikut ini sederet rekomendasi aplikasi dan situs kalkulator kehamilan yang bisa dicoba oleh para ibu hamil. Yuk, langsung cek!

Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Kehamilan

Google Playstore
Foto : Google Playstore

1. Kalkulator Kehamilan Hallobumil

Rekomendasi aplikasi yang pertama adalah Hallobumil. Aplikasi yang satu ini cukup populer dan banyak diandalkan oleh para ibu yang ingin mengecek usia kandungan mereka. Oleh karenanya Anda mungkin saja sudah pernah mendengar tentang aplikasi ini.

Hallobumil menyediakan beberapa fitur yang sangat bermanfaat bagi para ibu hamil seperti kalkulator penghitung usia kehamilan, informasi tentang persiapan selama kehamilan berlangsung, hingga informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan menjelang waktunya persalinan.

Aplikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi para ibu yang sudah dalam masa kehamilan, tetapi juga bermanfaat untuk para ibu yang baru mempersiapkan kehamilan mereka. Hal itu karena di dalamnya terdapat fitur untuk memperkirakan kapan masa kesuburan tiba.

2. Pregnancy Calculator and Calendar

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Playstore bagi Anda yang menggunakan smartphone berbasis Android. Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan fitur untuk menghitung berapa lama usia kehamilan Anda.

Menariknya tidak hanya itu, pihak pengembang juga menyediakan fitur agar Anda sebagai pengguna dapat mengetahui perkiraan waktu atau HPL. Oleh karena itu, Anda dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum menyambut kelahiran si buah hati.

Ditambah lagi terdapat fitur yang membuat pengguna bisa mengetahui informasi tentang perkembangan janin dari minggu ke minggu, seperti memantau berat badan janin dan beragam informasi lainnya.

3. Kehamilan+

Selanjutnya ada aplikasi bernama Kehamilan+ yang bisa menjadi alternatif pilihan lain bagi Anda yang ingin mengecek perihal usia kandungan.

Selain fungsi utamanya yang dapat digunakan untuk menghitung umur kehamilan, aplikasi Kehamilan+ ini juga menghadirkan beberapa informasi dan tips seputar kehamilan yang sangat membantu.

Untuk membuat tips yang dibagikan menjadi semakin menarik, informasi tersebut juga disertai dengan ilustrasi yang menarik. Ilustrasi tersebut juga digunakan untuk menginformasikan tentang perkembangan janin. Sehingga para ibu dapat membayangkan bagaimana tumbuh kembang buah hati ketika di dalam perut.

Berbagai fitur pelengkap lainnya juga tersedia di aplikasi ini. Contohnya seperti informasi harian mengenai kehamilan, catatan seputar kehamilan, fitur menghitung seberapa banyak tendangan bayi, dan bermacam-macam fitur menarik lainnya.

4. Baby Center Pregnancy Tracker

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk kalkulator penghitung usia kehamilan adalah Baby Center Pregnancy Tracker. Aplikasi berbasis Android ini juga menyediakan fitur utama yang bisa memudahkan Anda agar tak perlu menghitung usia janin secara manual.

Fitur lainnya yang juga tersedia adalah penghitung due date dari HPHT. Pengguna juga dapat menyaksikan tampilan visualisasi yang memperlihatkan ukuran bayi dengan tampilan yang menarik.

5. Teman Bumil

Aplikasi yang satu ini merupakan salah satu buatan anak negeri, yang ditujukan khusus untuk menemani dan membantu para ibu yang sedang mengandung buah hati tercinta.

Sebagai aplikasi untuk membantu ibu hamil, Teman Bumil memiliki sederet fitur yang cukup lengkap. Contohnya saja seperti penghitung usia kehamilan, pengingat pribadi untuk mempersiapkan segala hal yang dipelukan oleh ibu hamil, hingga fitur untuk memantau bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan.

Menariknya, informasi mengenai perkembangan janin tersebut dihadirkan dengan menggunakan grafik yang juga menunjukkan perkembangan kesehatan sang ibu. Untuk dapat melihat perkembangan kesehatan ibu hamil, Anda hanya perlu memasukkan tekanan darah serta berapa kenaikan berat badan selama kehamilan.

Rekomendasi Situs Kalkulator Kehamilan

pampers.com
Foto : pampers.com

1. Kalkulator Kehamilan Prenagen

Rekomendasi pertama datang dari situs kalkulator kehamilan yang disediakan oleh Prenagen. Untuk dapat menggunakan situs ini, Anda harus mengetahui kapan tanggal menstruasi sebelumnya dan mencatatnya dengan rutin.

Hal itu karena situs yang satu ini melakukan perhitungan melalui Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) untuk menentukan usia kehamilan. Salah satu kelebihan menggunakan penghitung usia kehamilan yang berbentuk website adalah hemat penyimpanan karena tidak perlu meng-install aplikasi.

2. Kalkulator Kehamilan Pampers

Sama seperti situs sebelumnya, situs penghitung usia kehamilan ini juga menggunakan sistem HPHT untuk menentukan berapa kira-kira usia kandungan para Ibu. Tampilan yang dihadirkan pun sederhana dan mudah untuk dipahami.

Anda hanya perlu memasukkan tanggal yang dibutuhkan, kemudian masukkan data terkait berapa lama siklus haid Anda biasanya. Setelah itu situs akan menampilkan hasil perhitungan usia kehamilan Anda.

3. Luvizhea.com

Rekomendasi situs yang selanjutnya adalah Luvizhea.com. Tak jauh berbeda dengan situs penyedia kalkulator penghitung kehamilan lainnya, Anda perlu mengetahui tanggal terakhir dan lama siklus haid untuk dapat menggunakan fitur yang disediakan karena sistemnya menggunakan HPHT.

Tak hanya menghitung seberapa usia kehamilan, terdapat juga fitur untuk mengetahui dan memperkirakan kapan awal kehamilan tiba.

Luvizhea.com sebenarnya memiliki keunikan dibanding situs lainnya yang sudah disebutkan. Dalam Luvizhea tidak hanya tersedia fitur penghitung usia kandungan, namun juga tersedia berbagai macam informasi gaya hidup yang berhubungan dengan keseharian para wanita.

Beberapa informasi yang disediakan di antaranya seperti yang terkait dengan kecantikan, pernikahan, hingga parenting.

4. Kalkulator Kehamilan Generasi Maju SGM

Kalkulator penghitung usia kandungan dari SGM ini juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi para ibu hamil yang ingin mengetahui usia janin mereka tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun.

Meski memiliki fitur utama berupa penghitung usia kehamilan, namun situs yang dikembangkan oleh SGM ini juga menampilkan perkiraan tanggal kelahiran bayi. Di samping itu, pengguna juga dapat memantau seperti apa perkembangan janin dalam tiap trimesternya berdasarkan usia kehamilan, serta berbagai fakta unik terkait janin.

5. Kalkulator Kehamilan Frisco

Rekomendasi terakhir adalah situs kalkulator kehamilan dari Frisco. Tak hanya menyediakan fitur penghitungan usia kehamilan, situs ini juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan masa subur atau ovulasi.

Untuk menggunakan situs ini, Anda hanya perlu memasukkan data mengenai HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir serta Lama Siklus Haid Rata-Rata.

Setelah memasukkan data-data yang dibutuhkan, nantinya situs dari Frisco ini akan menampilkan hasil perhitungan yang terdiri dari perkiraan waktu pembuahan, usia kandungan tiap trimester, dan juga perkiraan kelahiran.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi dan situs kalkulator kehamilan yang dapat Anda coba. Tertarik mencoba salah satunya? (nes)

Topik Terkait