IntipSeleb – Film Bumi Manusia yang diadaptasi dari karya sastra populer karangan Pramoedya Ananta Toer telah tayang di Indonesia sejak 15 Agustus 2019. Diarahkan langsung oleh sutradara kawakan Hanung Bramantyo, film ini mendulang banyak komentar positif dari para penonton yang sudah menyaksikan film tersebut.

Berlatar kehidupan di masa kolonial Belanda, film ini mengangkat isu sosial yang tentunya sudah terlupakan di masa sekarang. Meski berlatar sejarah, Bumi Manusia dibintangi oleh sederet aktor muda, lho. 

Iqbaal Ramadhan berperan sebagai Minke alias Raden Mas Tirto, beradu akting dengan Mawar Eva De JongH sebagai Annelies Mellema. Selain itu akting aktor ganteng seperti Jerome Kurnia, Bryan Domani dan Giorgino Abraham juga menarik untuk disimak.

Baca juga: Kenalin Mawar Eva de Jongh, Istri Iqbaal Ramadhan di Bumi Manusia

Para aktor muda ini dituntut untuk bisa melakukan dialog bahasa Belanda, lho. Mereka juga sukses bertransformasi menjadi tokoh-tokoh di kehidupan kolonial. Intip perubahannya berikut ini!

1. Iqbaal Ramadhan sebagai Minke/Raden Mas Tirto

Iqbaal Ramadhan

Memerankan tokoh Minke, Iqbaal Ramadhan sukses menuai pujian dari para penonton atas aktingnya yang dianggap sangat menjiwai tersebut. Dalam film itu juga, Iqbaal dipasangkan dengan Mawar Eva de Jongh yang berperan sebagai Annelies Mellema, gadis Indo yang mencuri hatinya saat mereka bertemu untuk pertama kali di Wonokromo.

Iqbaal yang biasanya kerap diidentikan dengan sosok Dilan saat berpasangan dengan Vanesha Prescilla di film Dilan 1990, memang terlihat sangat berbeda dalam beskap Jawa dan kumis tipis. Tubuh Iqbaal juga terlihat lebih berbobot dan warna kulitnya sengaja dibuat lebih gelap.

2. Giorgino Abraham sebagai Robert Mellema

Giorgino Abraham

Kali ini Giorgino tak lagi mendapat karakter protagonis layaknya di sinetron-sinetron yang selama ini ia bintangi. Di film Bumi Manusia, mantan kekasih Irish Bella tersebut berperan sebagai Robert Mellema, kakak kandung dari Annelies Mellema (Mawar Eva de Jongh). Menjadi tokoh antagonis, karakter Giorgino terlihat sangat nyebelin karena tidak mengakui darah wanita pribumi dalam dirinya. Giorgino juga terlihat menggunakan lensa kontak berwarna biru, lho.

3. Bryan Domani sebagai Jan Dapperste

Bryan Domani

Jan Dapperste terlahir sebagai orang pribumi namun diangkat anak oleh seorang pendeta Belanda. Jan sebetulnya ingin dikenal sebagai pribumi, maka ia berganti nama jadi Pandji Darman. Bersahabat dengan Minke (Iqbaal Ramadhan), Jan Dapperste juga memiliki kepentingan yang besar bagi kisah cinta Minke dan Annelies Mellema. Uniknya, Bryan yang kerap menggunakan beskap jawa lengkap dengan blangkon di film tersebut, gak terlihat risih sama sekali. Bahkan, ia terlihat lebih rapih dari penampilan sehari-hari. Setuju?

4. Jerome Kurnia sebagai Robert Suurhorf

Jerome Kurnia

Masih ingat gak? Jerome Kurnia berperan sebagai Yugo, sepupu Milea di film Dilan 1991. Nah dalam film Bumi Manusia, Jerome berperan sebagai Robert Suurhorf, teman sekelas Minke di H.B.S. Sejak awal film, Jerome menunjukan bahasa Belanda yang fasih. Maklum, cowok 25 tahun ini aslinya bisa bahasa Jerman.

Sebagai Suurhorf, Jerome terlihat beda banget kan? Karakternya merupakan pria indo namun selalu malu menunjukan darah pribumi. Ia berteman baik dengan Robert Mellema.