• Vanesha Prescilla sebagai Cempaka

IntipSeleb – Vanesha Prescilla dikenal lewat perannya sebagai Milea dalam film Dilan 1990 dan Dilan 1991. Kental dengan image siswi SMA, kini ia ditantang untuk memerankan tokoh superhero, Cempaka dari komik ciptaan R.A Kosasih pada 1974 di Jagat Sinema Bumilangit.

Jagat Sinema Bumilangit telah mengumumkan deretan aktor dan aktris Indonesia papan atas yang dipastikan akan ambil andil dalam menghidupkan karakter jagoan-jagoan Indonesia. Adapun karakter Cempaka yang diperankan Vanesha adalah seorang jagoan Indonesia yang berwujud tarzan perempuan. Ia tampil dengan pakaian bermotif loreng harimau dan bersahabat dengan para binatang hutan.

Baca juga: Daftar Pemeran Superhero Wanita di Jagat Sinema BumiLangit

“Aku di Jagat Sinema Bumilangit ini sebagai salah satu patriot, nama karakternya Cempaka. Dia punya special ability. Kita nanti bisa lihat pada saat filmnya sudah ada,” katanya Sasa, sapaan akrab untuk Vanesha saat ditemui tim IntipSeleb di Plaza Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu, 18 Agustus 2019. 

Meski baru mengenal sosok Cempaka, bagaimana sih persiapan cewek 19 tahun ini dalam mendalami karakter jagoan perempuan tersebut? Baca selengkapnya di bawah ini. 

Belum Sempat Lakukan Riset

Vanesha Prescilla jadi Cempaka
Sumber Foto: intipseleb.com

Seperti diketahui, karakter-karakter dalam Jagat Sinema Bumilangit berdasarkan cerita komik-komik zaman dahulu, jauh sebelum Sasa lahir. Untuk itu, ia belum melakukan riset lebih dalam mengenai tokoh Cempaka. 

“Kebetulan aku baru diajak ngobrol sama Pak Wicky (Produser dari Screenplay Bumilangit) dan Bang Joko (Creative Producer Jagat Sinema Bumilangit). Jadi aku masih belum bisa riset lebih banyak lagi. Aku baru dikasih bayangannya aja sih tapi untuk lebih dalam lagi mungkin nanti ya,” ujarnya. 

Alasan Terima Tawaran Jadi Cempaka

Cempaka - Vanesha Prescilla
Sumber Foto: @jokoanwar/Twitter

Adik dari aktris Sissy Priscilla mengaku tidak tahu menahu tentang eksistensi komik Bumilangit yang berkisah tentang pahlawan super yang ada di Tanah Air. Meski begitu, Vanesha langsung mengiyakan tawaran untuk memerankan salah satu tokoh Jagat Sinema Bumilangit tanpa pikir panjang. 

“Pertama kali excited banget pasti, senang. Aku juga baru tahu di Indonesia ternyata ada komikus-komikus yang memang buat komik pure ceritanya Indonesia dan keren-keren banget dijadiin satu. Jadi proyek buat ini luar biasa buat aku. Senang sekali sih,” ucapnya. 

Sebelumnya, perempuan kelahiran tahun 1999 tersebut sempat diperkenalkan soal sosok Gundala, salah satu tokoh jagoan Indonesia yang memiliki kekuatan mengendalikan petir, oleh sang kakak, Jevin Julian.

“Pas ditawarin, aku baru tahu tapi sebetulnya pas (film) Gundala mau rilis, kakakku yang cowok (Jevin Julian) ngajak ‘Sasa mau nonton Gundala enggak?’ Aku bilang 'Oh Gundala yang kayak jagoan-jagoan Indonesia?', soalnya kak Jevin sempet baca pas dia kecil. Aku tertarik juga karena kakakku tahu,” kata Sasa menambahkan.

Disejajarkan dengan Aktor dan Aktris Senior

Vanesha Prescilla, Chelsea Islan, Pevita Pearce, Joe Taslim, Zara, Dian Sastro
Sumber Foto: @jokoanwar/Twitter

Kini, Vanesha memang masih termasuk dalam aktris pendatang baru di industri perfilman Tanah Air. Namun, kemampuan aktingnya patut diperhitungkan semenjak dirinya dipilih menjadi sosok yang akan memerankan karakter pahlawan super. Apalagi, ia juga sudah disandingkan dengan aktor dan aktris yang jauh lebih senior. 

Baca juga: Daftar Aktor dan Kekuatan Superhero Pria di Jagat Sinema BumiLangit

“Aku sebagai aktor yang baru main sama aktor yang senior yang sudah hebat itu suatu kebahagiaan buat aku. Karena mainnya sudah sama yang senior, (jadi) banyak belajar sama yang senior.” tuturnya. 

Tantangan melatih fisik

Vanesha Prescilla
Sumber Foto: @irmaragasti/Instagram

Bagi Vanesha, menerima peran sebagai Cempaka tentu merupakan suatu kesempatan yang membanggakan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa itu juga memberinya tantangan tersendiri. Menjadi seorang superhero, ia dituntut untuk berlatih fisik agar mampu menjiwai peran dengan lebih baik. 

“Ini agak sedikit challenging buat aku, karena kan beda dari sebelumnya yang aku mainin kayak anak sekolah. Tapi di sini bisa jadi jagoan. Jadi harus latihan kebugarannya, fit-nya,” pungkasnya.

Siap Tinggalkan Comfort Zone

Vanesha Prescilla
Sumber Foto: @irmaragasti/Instagram

Hampir tiga tahun lamanya, karakter Milea begitu melekat dengan sosok Vanesha. Setelah mendapat kepercayaan untuk memerankan karakter yang jauh berbeda, dara kelahiran Jakarta ini siap meninggalkan comfort zone-nya dengan melakoni peran-peran yang lebih menantang.

“Aku di sini diajak gabung untuk jadi aktor yang bisa mainin apa aja, karena aku pengin nyobain semuanya. Sebagai aktor, aku pengin nyobain segala genre film,” ungkap lawan main Iqbaal Ramadhan tersebut.

Mulai Belajar Bela Diri

Vanesha Prescilla dan Tara Basro
Sumber Foto: @jokoanwar/Instagram

Hingga saat ini, masih belum pasti kapan tokoh Cempaka akan difilmkan atau masuk ke dalam salah satu film dari Jagat Sinema Bumilangit. Meski demikian, Vanesha mengaku sudah menyiapkan diri untuk mendalami karakter dengan mulai berfokus pada kebugaran badannya. 

“Aku pun mau pastikan film seperti ini jadi jagoan butuh persiapan lebih lama. Untuk fit badannya dan bela dirinya, karena aku baru soal bela diri,” tutup Vanesha Prescilla.