img_title
Foto : Instagram/@ikahilal dan freepik

IntipSeleb Gaya HidupManfaat beras kencur sudah tidak du ragukan lagi oleh semua masyarakat Indonesia. Hampir semua orang Indonesia sudah pernah menikmati jamu ini dan manfaat beras kencur untuk tubuh.

Meski begitu, masih ada juga yang belum tahu apa manfaat besar dari mengknsumsi beras kencur. Manfaat beras kencur ternyata sangat baik untuk tubuh hingga tak ada yang bisa menandingi kecuali disuport oleh jenis jamu-jamuan lainnya.

Mulai dari anak kecil hingga dewasa pasti sudah pernah mencoba minum jamu beras kencur. Rasanya manis dan segar membuat semua kalangan menyukainya.

Anak-anak yang sulit minum obat atau vitamin dari medis biasanya diberi jamu beras kencur untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Eits jangan berhentj sampai di situ, ternyata jamu beras kencur juga ada manfaat lainnya lho.

Yuk kota ulik satu per satu apa saja sih manfaat beras kencur untuk tubuh. Selain bisa memulihkan kesehatan dan menjaga imunitas, manfaat beras kencur apa lagi yang belum ada tahu? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Instagram/@ikahilal
Foto : Instagram/@ikahilal

Beras kencur adalah salah satu ramuan jamu yang diolah dari bahan dasar beras dan kencur. Kedua bahan ini memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh dan segala penghalau penyakit lainnya.

Jika kita ulik satu per satu, manfaat beras sendiri merupakan sumber kalsium, fosfor, dan kalium, serta beberapa vitamin yang penting bagi tubuh kita. Sedangkan rimpang kencur mengandung beragam kandungan baik seperti flavonoid, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, dan zinc.

Semua kandungan dalam beras dan kencur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika digabungkan menjadi satu, secara tidak langsung tubuh akan mendapatkan seluruh kandungan yang ada di dalam beras dan kencur.

Tentu Anda penasarankan apa jadinya jika kandungan dalam beras dan kencur bersatu dan memenuhi kebutuhan tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat jamu beras kencur yang bisa Anda rasakan:

1. Antikanker

Freepik
Foto : Freepik

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan untuk tubuh. Dia memiliki sel yang sulit untuk dibunuh atau dihilangkan sekaligus.

Walau beberapa kasus bisa sembuh, namun ada baiknya kita mencegah pertumbuhan kanker dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi beras kencur dengan tepat dan sesuai takaran.

Menurut beberapa penelitian, kandungan di dalam jamu beras kencur diduga dapat menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, seperti kanker lambung, kanker usus besar, kanker mulut, dan multiple myeloma.

Anda perlu menbaca sedikit lebih banyak literatur mengenai kanker. Namun setidaknya jika Anda suka mengonsumsi beras kencur, kekhawatiran itu bisa anda jauhkan dari pikiran dan mulai hidup sehat.

2. Antiradang

Freepik
Foto : Freepik

Radant juga merupakan penyakit ringan yang sering dialami setiap orang. Bahkan ternyata Tuhan menciptakan beras kencur dengan maksud agar bisa dikonsumsi manusia mengobati penyakit radangnya.

Dalam pengobatan tradisional, jamu beras kencur dipercaya dapat meredakan sakit perut dan sakit gigi. Semua ini diduga berkat efek antiradang dalam kencur yang dapat menghambat faktor inflamasi.

Jadi baiknya sebelum anda buru-buru minum obat yang tidak sesuai dosis, coba deh minum beras kencur.

3. Antioksidan

Freepik
Foto : Freepik

Seperti dijelaskan selumnya bahwa kencur mengandung flavanoid maka Jamu beras kencur juga mengandung kandungan flavonoid yang sama. Antioksidan ini membantu tubuh melawan radikal bebas yang menjadi pemicu beberapa penyakit, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

Banyaknya kandungan dalam beras kencur membuat jamu jenis ini menjadi minuman herbal yang ampuh menjaga kesehatan tubuh.

4. Antibakteri

Freepik
Foto : Freepik

Menurut penelitian, kandungan kencur di dalam jamu beras kencur dapat melawan berbagai jenis bakteri penyebab penyakit, seperti bakteri Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Aspergillus niger, Bacillus subtilis, Salmonella typhi, dan Shigella flexneri.

Bakteri-bakteri di atas biasanya kita temukan ketika tubuh kota mulai terasa mudah sakit, nyeri, dan keracunan. Biasanya lebih banyak dialami anak-anak yang mudah makan-makanan sembarangan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa coba mengolah beras kencur di rumah dan dikonsumsi sesuai takaran agar khasiatnya tetap terjaga.

5. Anti diabetes

Freepik
Foto : Freepik

Diabetes menjadi penyakit paling mematikan nomor 3 di Indonesia setelah stroke dan penyakit jantung. Pada era Covid-19 seperti sekarang ini serangan penyakit diabetes bisa terjadi, akibat kurangnya aktifitas luar rumah.

Sebab mulai dari sekolah, bekerja, hingga bermain orang lebih memilih melakukannya di rumah. Maka tak heran banyak orang mudah terserang diabetes. Untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, Anda bisa memanfaatkan jamu beras kencur.

Dalam penelitian terhadap hewan, kencur dipercaya dapat mencegah dan mengobati komplikasi kronis pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Caranya yaitu dengan menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin tubuh.

Bagaimana? Banyak juga yaa manfaat beras kencur untuk tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa berbagai manfaat jamu beras kencur di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, terutama terhadap manusia.

Jadi, baiknya Anda selalu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mulai mengonsumsi jamu beras kencur, terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Saran terbaik jika mengonsumsi jamu-jamuan, baiknya diawali dengan minum air putih sebelumnya ya untuk mengurangi pengendapan kandungan jamu di dalam tubuh kita.

Membuat Jamu Beras Kencur di Rumah

Instagram/@sueorajamu.mblock
Foto : Instagram/@sueorajamu.mblock

Jangan hanya tahu manfaatnya ya, Anda bisa juga mencoba membuat jamu beras kencur di rumah. Selain manfaat beras kencurnya dapat, Anda juga bisa menjadikan resep di bawah ini untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat jamu beras kencur di atas, Anda bisa membuat jamu beras kencur sendiri di rumah. Bahan-bahan dan cara pembuatannya yaitu:

Bahan

- 50 gram kencur, kupas

- 100 gram beras

- 3 lembar daun pandan

- 2,3 liter air

- Gula aren secukupnya

Cara membuat

- Sangrai beras hingga kekuningan

- Haluskan beras, kencur, dan gula

- Masukkan campuran tersebut dan daun pandan ke dalam air

- Rebus hingga mendidih

- Saring

Catatan : Konsumsi jamu beras kencur sebanyak 2 kali dalam sehari

Meskipun memberikan sejumlah manfaat untuk kondisi medis, namun studi ilmiah lebih lanjut untuk memastikan manfaat jamu beras kencur masih diperlukan. Baiknya Anda mengonsumsi jamu-jamuan sesuai dosis dan tidak terlalu sering ya.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi keracunan jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi lain dari makanan dan minuman bervitamin lainnya.

Itulah manfaat beras kencur untuk tubuh. Anda boleh percaya atau tidak, namun banyak dari leluhur kita yang mengonsumpi bahan dari tanah ketibang kimia.

Sehingga ketika mengalami sakit tidak perlu pengobatan mahal ke rumah sakit. Cukup menggali tanah untuk mendapat rimpang, salah satunya manfaat beras kencur, kemudian kembali sehat.

Semoga bermanfaat.

Topik Terkait