X

IntipSeleb – Andre Taulany dan Rina Nose dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh perwakilan marga Latuconsina, Ruswan Latuconsina pada Senin, 18 Mei 2020. Hingga saat ini keduanya masih bungkam saat dihubungi untuk konfirmasi.

Ini bukan kali pertama candaan yang dilontarkan Andre Taulany menyinggung pihak tertentu. Sebelumnya, ia juga pernah menyinggung umat Islam dan ulama. Berikut ini IntipSeleb merangkum kasus candaan Andre Taulany yang akhirnya berbuntut panjang.

Kronologi kasus diduga Hina Marga Latuconsina

Rina Nose - Prilly Latuconsina - Andre Taulany
Yang terbaru, Andre Taulany menjadikan nama Prilly Latuconsina sebagai bahan candaan bersama Rina Nose dalam acara yang dipandu bareng Sule pada Minggu, 17 Mei 2020. Tanpa kehadiran Prilly, Andre dan Rina Nose membuat tebak-tebakan nama artis.

"Artis artis yang kalau diundang selalu dateng," kata Andre Taulany. "Prilly Latu..kondangan," jawab Andre sambil tertawa.

"Artis artis apa yang pada saat tertentu merasa kesakitan?," sahut Rina bergantian memberi tebakan. "Apa?," tanya Sule. "Prilly Latu..kontraksi," timpal Rina yang disambut tawa.

Baca juga: Terancam Dipolisikan, Andre-Rina Nose Minta Maaf ke Prilly Latuconsina

Saat dihubungi tim IntipSeleb pada Senin, 18 Mei 2020, Prilly Latuconsina mengaku sudah memaafkan Andre dan Rina Nose yang tidak berniat menghina.

“Aku yakin ini hanya seperti salah paham, mereka juga pasti enggak ada niat sama sekali meledek. Enggak sengaja dan sudah minta maaf juga kok,” ungkapnya.

Sikap Prilly berbeda dengan Ruswan Latuconsina, seorang advokat yang melaporkan Andre Taulany dan Rina Nose atas dugaan penghinaan. Menurutnya, sikap dua presenter tersebut sudah mengolok-olok harga diri keluarga besar marga Latuconsina dari Maluku.

“Ini persoalan harga diri, kita boleh mati dirantau tapi harga diri keluarga kami itu tidak bisa,” tutur Ruswan dihubungi secara terpisah usai membuat laporan.

Candaan menyinggung umat Islam

Andre Taulany juga sempat membuat heboh dengan candaannya, tepat satu tahun yang lalu pada Mei 2019. Masih dalam acara yang dipandu bersama sahabatnya, Sule, Andre membuat candaan yang menyinggung umat Islam.

Saat itu, penyanyi Virzha hadir sebagai bintang tamu dan menjelaskan alasannya terjun ke bisnis parfum. Virzha mengaku mengagui Nabi Muhammad SAW yang wanginya seperti 1.000 bunga.

Mendengar pernyataan itu, Andre Taulany spontan melontarkan candaan yang akhirnya membuat banyak umat Muslim tersinggung.

“Aromanya 1.000 bunga? Itu badan apa kebon?” tutur Andre.

Menuai kecaman luas, mantan vokalis band Stinky itu akhirnya meminta maaf kepada umat Muslim dengan mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 4 Mei 2019.

“Saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya atas kekhilafan dan juga kelalaian saya yang tanpa sengaja,” ungkapnya saat itu.

Andre Taulany dan Ustaz Adi Hidayat

Masih dalam kurun waktu yang sama pada Mei 2019, Andre Taulany juga menjadi sorotan karena candaannya yang menyinggung nama ustaz Adi Hidayat dan ustaz Abdul Somad.

Dalam sebuah tayangan video yang dipandu bersama Sule, Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez menjadi bintang tamu. Saat membahas merk sepatu yang digunakan, Andre tiba-tiba membuat celetukan.

“Tapi memang le, merek Adisomad itu bagus,” ungkapnya.

Sadar akan candaan itu, ustaz Adi Hidayat meminta masyarakat jangan terprovokasi. Hingga akhirnya Andre menemui ustaz Adi Hidayat dan meminta maaf secara langsung.

Baca juga: Andre-Rina Nose Dipolisikan, Ruswan Latuconsina: Ini Soal Harga Diri

Berita Terkait :

Saksikan Juga