img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb – Kabar kedekatan Ayana Moon dengan Ustaz Abdul Somad sedang ramai diperbincangkan oleh publik. Berawal dari foto keduanya saat menjadi mengisi acara Islamic Book Fair di Jakarta Convention Center pada Minggu, 1 Maret 2020.

Dalam tayangan YouTube Refly Harun pada 7 Juni 2020, Ustaz Abdul Somad menjelaskan fakta di balik fotonya dengan Ayana Moon hanyalah kebetulan. Keduanya juga tidak saling berkomunikasi sejak pertemuan pertama mereka. Meski begitu, Refly Harun mendoakan agar UAS dan Ayana Moon berjodoh.

“Jodohkan di tangan yang Maha Kuasa. Mudah-mudahan Ayana Moon mendengarkan ini kan,” kata Refly Harun membuat UAS tersenyum malu-malu.

Sosok Ayana Moon sendiri dikenal sebagai selebgram Korea Selatan yang memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Kisahnya dituangkan dalam buku berjudul ‘Ayana Journey to Islam’. Penasaran? Yuk simak perjalanan hijrahnya!

Baca Juga: Heboh Ustaz Abdul Somad Ungkap Hubungan dengan Ayana Moon

Awal Masuk Islam

Ayana Moon

Ayana Moon semakin terkenal di Tanah Air karena kehadirannya dalam dunia hiburan sebagai model dan selebgram. Bahkan, wajahnya pun sering terlihat di layar kaca karena ia merupakan brand ambasador salah satu produk kecantikan lokal. Dalam tayangan YouTube Oki Setiana Dewi yang diunggah pada Selasa, 11 Juni 2019 lalu Ayana mengungkapkan perjalanan hijrahnya yang penuh inspirasi.

“Saya pindah ke Islam ketika masih duduk di bangku SMA pada tahun 2012 lalu. Sekitar tujuh tahun yang lalu (saat masih) di Korea,” tutur Ayana dalam bahasa Inggris.

Ketika ditanya siapa yang mengajaknya pindah agama, perempuan 24 tahun ini mengatakan bahwa itu merupakan keputusannya. Pasalnya, Ayana telah mencari-cari tentang ajaran agama Islam ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Meskipun tidak memiliki teman muslim, Ayana mengaku sudah tertarik dan ingin melangkah lebih jauh lagi dengan agama yang ia anut sekarang.

Tinggal di Indonesia Lebih Mudah

UAS dan Ayana Moon

Pemilik asli nama Ayana Jihye Moon ini juga mengaku lebih mudah untuk tinggal di Indonesia karena mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Selama kurang lebih dua tahun tinggal di Indonesia, Ayana ternyata sangat fasih dalam berbahasa dan mengaku mencintai negara ini karena masyarakatnya yang baik.

Ketika kakak Ria Ricis itu menanyakan soal perbedaan agama Islam di Indonesia dan Korea, Ayana menjawab bahwa sangat sulit tinggal di tanah kelahirannya.

“Di Korea Islam masih minoritas masih di bawah satu persen. Sedangkan di Indonesia sebagian besar beragama Islam jadi sangat mudah untuk solat, puasa dan kehidupannya sangat islam jadi membantu saya,” lanjutnya.

Baca Juga: 10 Potret Keluarga Ayana Jihye Moon, Selebgram Korea Masuk Islam

Perasaan Setelah Masuk Islam

Ayana Jihye Moon

Ayana mengaku bahwa pertama kali masuk Islam dia tidak merasakan apapun. Kala itu, ia mengucapkan kalimat syahadat dan langsung menangis karena suasana yang begitu haru. Bahkan, kerabat dan keluarganya pun berdatangan ke rumahnya ketika ia memutuskan untuk pindah agama. Namun, semua itu berubah ketika dia menjalankan hal-hal yang wajib dilakukan oleh seorang muslim.

“Namun ketika saya pindah ke Islam lalu solat kemudian bertemu banyak orang muslim, mengikuti banyak kajian, pergi ke Malaysia dan Indonesia lalu aku punya banyak teman muslim aku mulai merasakan sesuatu. Setelah saya memutuskan menjadi seorang muslim saya merasakan saya mendapat hidayah. Sekarang saya sangat senang, puas dan bahagia,” kata Ayana.

Keputusannya ini pun didukung oleh teman-temannya di Korea Selatan. Ayana mengatakan bahwa sebelumnya ia menjadi orang biasa dan ketika datang ke negara dengan mayoritas umat muslim, dia akhirnya mendapatkan rezeki dan pekerjaan yang baik.

Berita Terkait
Topik Terkait