img_title
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Jakarta – Pada hari ini, 31 Juli 2023 AKS1 (Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia) resmi di deklarasikan dan menjadi organisasi berbadan hukum yang akan menaungi seluruh komposer di Indonesia. Visi dibentuknya asosiasi ini adalah untuk menjadi wadah bagi para pencipta lagu di Indonesia untuk berkarya, bergerak dan bersuara.

Misi dari AKS1 adalah untuk melindungi dan membela hak-hak pencipta lagu, baik itu hak eksklusif yang berupa hak moral dan hak ekonomi yang pada akhirnya akan dapat memberikan keadilan dan kesejahteraan bagi para pencipta lagu di masa depan. Berikut ulasan lengkapnya, yuk simak!

Bergerak Untuk Mempertahankan Hak Ekslusif Terkait Hak Cipta

Ahmad Dhani

Isu-isu terkait multi tafsir beberapa pasal di Undang-Undang Hak Cipta yang muncul
belakangan ini memberikan kesan bahwa pencipta atau pemegang hak cipta seolah-olah kehilangan hak eksklusifnya terhadap karya ciptanya. Hal inilah yang membuat para pencipta lagu merasa sangat penting untuk bergerak dan bersuara bersama untuk mempertahankan hak eksklusif terkait karya cipta mereka.

“Undang-Undang Hak Cipta harus dibuat berdasarkan Wisdom dan Common Sense sehinga tidak akan terjadi multi tafsir seperti saat ini. Akan tetapi saya sangat yakin bahwa apa yang kami perjuangkan ini sudah benar dan sesuai jalurnya," kata Ahmad Dhani selaku Ketua Dewan Pembina AKS1 dilansir Intipseleb dari press release pada Senin, 3 Juli 2023.

Disatu sisi, Satriyo Yudi Wahono atau yang lebih dikenal dengan nama Piyu, yang di tunjuk oleh para komposer sebagai Ketua Umum AKS1 memberikan pendapat.

Topik Terkait