img_title
Foto : YouTube/Sony Pictures Entertainment

IntipSeleb Gaya HidupResident Evil merupakan film bergenre science fiction atau fiksi ilmiah yang memiliki berbagai series lanjutan. Resident Evil merupakan film yang diangkat dari game populer asal Jepang yang berjudul sama. Di Jepang, game Resident Evil bernama Biohazard yang diproduksi oleh Capcom.

Saking sukses dan populernya, Resident Evil kemudian diangkat menjadi film dan selalu menjadi tontonan wajib untuk para penggemarnya. Maka tak heran jika tiap lanjutan dari film Resident Evil selalu dinanti oleh para penonton.

Hingga saat ini, ada 6 film Resident Evil. Jika anda ingin memulai namun bingung harus mengawalinya dengan film yang mana, berikut ini adalah urutan nonton film Resident Evil sekaligus dengan sinopsis singkatnya.

1. Resident Evil (2002)

IMDb
Foto : IMDb

Jika ingin memulai menonton film Resident Evil, maka and abisa memulainya dengan filmnya yang paling pertama yakni Resident Evil yang tayang di tahun 2002. Film ini dibintangi oleh Milla Jovovich, Michelle Rodriguez hingga Ryan McCluskey.

Di film Resident Evil yang pertama ini mengisahkan Milla Jovovich yang memerankan Alice. Alice merupakan seorang petugas keamanan buatan Umbrella Corporation yang kehilangan ingatannya alias amnesia. Ia kemudian bertemu dengan pasukan militer di tempatnya bekerja yang menyelidiki tentang laboratorium di bawah tanah.

Laboratorium itu lah awal mula bencana terjadi. Sebab, T-Virus yang merupakan proyek yang dikerjakan di dalam lab, justru yang membuat adanya perubahan manusia menjadi zombie. Laboratorium itu pun penuh dengan zombie yang terjadi akibat menyebaran T-Virus.

Anda akan melihat bagaimana perjuangan Alice dalam membasmi seluruh zombi mengeringan yang ada di dalam laboratorium. Sekadar informasi, selama menonton Resident Evil, anda akan selalu bertemu dengan Milla Jovovich. Sebab dirinya adalah tokoh utama dari semua lanjutan film Resident Evil.

2. Resident Evil: Apocalypse (2004)

IMDb
Foto : IMDb

Kemudian di Resident Evil: Apocalypse, mengisahkan lanjutan kisah Alice yang terbangun di Rumah Sakit Racoon City. Ternyata, T-Virus tak lagi hanya tersebar di laboratorium saja, namun juga tersebar luas hingga ke kota Racoon.

Dalam petualangannya, Alice nantinya akan bertemu dengan Jill Valentine dan Carlos. Mereka akan bekerja sama untuk mencari jalan keluar dari Racoon City. Sebab, sebagai salah satu cara memusnahkan para zombie, Racoon City akan diledakkan dengan misil karena sebagian besar penduduknya telah berubah menjadi zombie.

Lanjutan film Resident Evil yang satu ini menjadi salah satu film yang sukses hingga masuk ke dalam list box office Amerika Serikat selama satu minggu lamanya.

3. Resident Evil: Extinction (2007)

IMDb
Foto : IMDb

Meskipun Racoon City telah dihancurkan, tampaknya penyebaran T-Virus tak berhenti sampai di situ saja. Justru kini para zombie semakin meluas hingga tersebar ke seluruh dunia. Dunia menjadi kacau karena banyak yang berusaha menghindar dari pada makhluk pemangsa manusia.

Tugas Alice pun belum selesai, dirinya kali ini memiliki misi untuk menghancurkan semua fasilitas dari markas mililk Umbrella Corporation yang masih ada di beberapa bagian di belahan bumi. Di sisi lain, fakta baru terungkap. Alice ternyata memiliki semacam antivirus yang membuatnya kebal dan tak terpengaruh terhadap T-Virus.

Hal ini lah yang kemudian membuat Alice diincar oleh ilmuwan Umbrella, yakni Dr. Isaacs. Sementara itu, dalam film kali ini juga memunculkan karakter original dari game Resident Evil, yakni Claire Redfield. Tentunya kisah Alice dan yang lainnya akan semakin menegangkan dan menimbulkan rasa penasaran dalam diri anda.

4. Resident Evil: Afterlife (2010)

IMDb
Foto : IMDb

Perjalanan Alice untuk menghancurkan setiap markas dari jejak-jejak Umbrella Corporation membawanya ke Los Angeles. Di sana, Alice beserta dengan para survivor saling bekerja sama untuk mengalahkan petinggi dari Umbrella Corporation, yakni Albert Wesker. Usaha Alice dan yang lain pun tak mudah.

Zombie yang mereka hadapi semakin banyak dan semakin kuat karena bermutasi. Dalam film kali ini, akan memunculan karakter Albert Wesker yang juga merupakan karakter original dari game Resident Evil. Albert akan menjadi musuh paling kuat dan sulit untuk dikalahkan. Tak hanya Albert saja, namun karakter baru yakni Chris Redfield juga akan mucul dalam sekuel kali ini.

5. Resident Evil: Retribution (2012)

IMDb
Foto : IMDb

Dalam sekuel kali ini, merupakan sekuel dari Resident Evil yang banyak ditunggu dan paling populer di kalangan penggemar. Pasalnya, dalam film ini anda bisa menyaksikan banyak karakter utama dari game lainnya yang ada di dalam satu film, seperti misalnya Jill Valentine, Ada Wong, Leon Kennedy hingga Barry Burton akan hadir.

Perjuangan Alice dalam menghilangkan wabah zombie masih berlanjut. Kali ini rintangan baru terbuka, mengambil konten yang ada di game Resident Evil 4, parasit Las Plagas mampu membuat zombie jadi lebih pintar dan mampu menggunakan senjata api. Tentu hal ini menjadi rintangan yang tak mudah untuk Alice.

Selain itu, nantinya Alice dan yang lain akan berhadapan dengan sebuah supercomputer yang bernama Red Queen. Ia bisa mengambil alih Umbrella Corporation dan memiliki tekad untuk membunuh semua manusia yang selamat di bumi.

6. Resident Evil: The Final Chapter (2016)

IMDb
Foto : IMDb

Akhirnya perjuangan Alice dalam memberantas zombie dan melawan Umbrella Corporation menemui ujungnya. Di sekuel yang ke enam ini, Alice akan kembali berhadapan dengan musuh tersulitnya yakni Albert Wesker dan juga Dr. Isaacs. Alice didesak untuk menuju The Hive, yakni salah satu tempat di Racoon City oleh Red Queen.

Misi kali ini, Alice harus mencegah pemusnahan masal yang akan dilakukan oleh Umbrella Corporation. Sekuel kali ini akan penuh dengan ketegangan, sebab setelah mengikuti kisah Alice sejak penayangan pertamanya, ini akan menjadi penentuan nasib Alice beserta para survivor ke depannya.

Serial Resident Evil

Kesuksesan film Resident Evil memang tak perlu diragukan lagi. Maka tak heran jika salah satu layanan streaming terkenal yakni Netflix, kini menghadirkan Resident Evil versi series di tahun 2022. Dalam latar serial Resident Evil kali ini mengambil latar di tahun 2036, yakni setelah T-Virus menyebar ke seluruh dunia.

Serial Resident Evil versi Netflix ini mengisahkan empat belas tahun setelah virus mematikan menyebabkan kiamat global, Jade Wesker berjuang untuk bertahan hidup di dunia yang dikuasai oleh makhluk yang terinfeksi saat dihantui oleh masa lalunya, ayahnya, dan apa yang terjadi pada saudara perempuannya, Billie.

Terdiri dari 8 episode, serial ini dibintangi oleh Ella Balinska, Tamara Smart, hingga Siena Agudong. Jika tertarik menontonnya, anda bisa mengklik link di sini.

Demikian adalah sederet informasi mengenai urutan film dari Resident Evil lengkap dengan sinopsisnya. Mengandung unsur kekerasan dan adegan sadis, film Resident Evil diberi rating Dewasa. Jadi peringatan untuk anda yang ingin mengajak anak atau adik untuk menonton film ini.

Pastikan anda mengikuti setiap sekuel dari alur cerita Resident Evil agar bisa mengikuti kisahnya dengan baik. Akhir kata semoga artikel timeless ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat menonton!

Topik Terkait