X

IntipSeleb – Jackie Chan, Jet Li dan Andy Lau merupakan aktor laga kawakan asal Asia yang kepiawaiannya dalam bela diri diakui oleh berbagai belahan dunia. 

Tak sedikit yang menganggumi ketiga sosok ini. Namun tahukah kalian, mereka bertiga ternyata berutang kepada sosok pria nakal, Alexander Fu Sheng. Kok bisa? Berikut kisahnya di bawah ini.

Alexander Fu Sheng Jadi Sosok Acuan Jackie Chan dan Jet Li

img_title
Foto : berbagai sumber

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Jackie Chan, Jet Li hingga Andy Lau ternyata menjadikan Alexander Fu Sheng sebagai sosok acuan dalam bela diri. 

Bukan tanpa sebab, Alexander Fu Sheng merupakan aktor laga yang sangat terkenal di era-70an. Ia menjadi tokoh figur yang membawa era industri baru dalam perfilman di era tersebut. 

Fu Sheng bahkan pencetus pertama dalam memperlihatkan seni bela diri menjadi terlihat lebih indah di depan kamera. Hal inilah yang membuat Fu Sheng diidolakan oleh para pemain film termasuk Jackie Chan, Jet Li dan Andy Lau.

Bahkan, gerakan Fu Sheng dalam memperlihatkan seni bela diri membuat Jackie Chan, Jet Li hingga Andy Lau mencontoh setiap gerakannya. Mereka bahkan juga menirukan komedi yang sama dengan Fu Sheng dalam filmnya. 

“Alexander Fu Sheng adalah aktor yang brilian. Ia sangat berkarakter dan memiliki kedalaman dalam dialog maupun bagian aksi. Ia pun punya sensitivitas komedi yang baik. Dalam beberapa cara ia seperti sebuah acuan dari Jackie Chan, Stepehen Chow, Jet Li hingga Andy Lau. Aku tak melihat lagi adanya kilauan seperti yang dimilikinya setelah ia wafat,” ucap Chang Cheh, pelatih bela diri Asia di buku biografi Fu Sheng.

Fu Sheng, Sosok Pria Nakal

img_title
Foto : berbagai sumber

Walau menjadi acuan Jackie Chan dan Jet Li, Fu Sheng ternyata merupakan sosok pria nakal. Bukan nakal wanita ataupun barang terlarang, tetapi Fu Sheng merupakan pria pemberontak yang bandel terhadap orang tuanya.

Fu Sheng besar sebagai anak yang tidak patuh kepada orang tuanya. Ia bahkan tak enggan untuk keluar dari rumah dan bekerja sebagai kuli di usianya yang masih belasan tahun. 

Selain itu, ia juga kerap emosional kepada siapapun yang membuatnya kesal. Beruntungnya, ia akhirnya mendapat kesempatan saat audisi untuk aktor baru di Shaw Bros dan belajar selama 3 tahun. 

Ketenaran Fu Sheng dalam industri film sayangnya harus terhenti di tengah jalan. Fu Sheng mengalami kecelakaan maut yang membuatnya tewas seketika saat mengendarai mobil Porsche 911. Pemakamannya pun dihadiri oleh 3000 fans dan 2000 rekan artisnya.

Berita Terkait :

Saksikan Juga