X

IntipSeleb – Drama China Eternal Love of Dream atau yang di Indonesia memiliki judul Cinta Abadi Seindah Mimpi ini mendadak mendapat ulasan buruk dari para penontonnya.

Padahal dalam penayangan perdananya, drama yang dibintangi Dilraba Dilmurat ini berhasil mencetak rekor luar biasa dengan ditonton lebih dari 190 juta kali. Kira-kira kenapa ya drama ini mendapat ulasan buruk? Simak penjelasannya berikut ini.

Jalan cerita ketebak

Eternal Love of Dream

Sumber foto: My Drama List

Eternal Love of Dream atau yang juga dikenal dengan Three Lives, Three Worlds: The Pillow Book menceritakan tentang Bai Fengjiu (Dilraba Dilmurat) sebagai satu-satunya roh rubah merah berekor sembilan yang dikenal di seluruh negeri. Dia jatuh cinta pada kaisar surgawi bernama Dong Hua (Vengo Gao). Kedua karakter tersebut sudah ada di seri drama sebelumnya, Eternal Love yang tayang 2017 lalu.

Sama seperti serial pendahulunya, Eternal Love of Dream adalah contoh dari pendekar Tiongkok yang tidak berdosa dan memiliki masa lalu yang misterius. Dia kemudian jatuh cinta pada seorang penguasa yang kuat dan mampu membuat pandangan sinis pria itu tentang kehidupan berubah dan mereka hidup bersama.

Hal ini lah yang memicu kritik dari para penontonnya. Jalan cerita drama itu dianggap terlalu biasa. Banyak netizen yang mengikuti jalan ceritanya mengaku bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Dalam kehidupan pertama, mereka akan jatuh cinta. 

Di kehidupan kedua, mereka bereinkarnasi sebagai manusia fana dan menemukan kembali cinta mereka satu sama lain. Dan dalam kehidupan ketiga, takdir mencoba memisahkan mereka.

Sudah dilakukan drama lain

Sumber foto: My Drama List

Dilansir dari Jaynestars, 6 Februari 2020, jalan cerita itu dinilai sudah banyak dilakukan drama China lainnya, seperti Chinese Paladin 3 tahun 2009. Dimana, praktisi Shu Sekte, Xu Changqing dan Zixuan, keturunan Nu Wa telah menjadi kekasih selama tiga kehidupan berbeda. ​Eternal Love tahun 2017 juga mengikuti jalan cerita yang sama, tetapi ada tambahan cerita soal penipuan dan pengorbanan yang dilakukan agar menarik perhatian penonton.

Saat Eternal Love of Dream tayang, publik sudah kehilangan minat untuk menonton karena menganggap ceritanya sudah bisa ditebak. Bahkan penjahat dari semua seri xianxia ini sama, dimana Putri Zhi He berpura-pura menjadi pengantin wanita untuk menghancurkan pernikahan Dong Hua. Karena ulasan buruk ini, Eternal Love of Dream kini menempati peringkat 5,6 dari 10 di situs peringkat media terbesar China, Douban.

Baca juga: 5 Fakta Eternal Love of Dream Dibintangi Dilraba, Ditunda 2 Kali