X

IntipSeleb – Narapidana asal China bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan dilaporkan telah kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten. Kabar ini baru disebar oleh Polda Metro Jaya pada Sabtu, 19 September 2020 lalu. Narapidana yang dijatuhi hukuman mati terkait kasus penyalahgunaan narkoba itu berhasil kabur setelah merencanakan pelarian selama 6 bulan menggunakan alat bangunan yang dicurinya dari dapur penjara.

“Memang di dalam sel lapas itu sedang ada pembangunan dapur. Kami bentuk tim bersama-sama untuk mengejar yang bersangkutan. Tapi, saya tidak bisa melihatkan seperti apa teknis yang dilakukan,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya dilansir dari Viva.co.id.

Melihat pelarian narapidana asal China ini, banyak sekali film-film Hollywood yang juga menceritakan tentang pelarian narapidana dari penjara. Sebut saja The Shawshank Redemption hingga Prison Break. Lantas film-film apa sajakah yang mengambil tema tentang pelarian narapidana dari sebuah penjara? Yuk kita bahas satu per satu.

Baca Juga: Sinopsis Film Dune, Timothee Chalamet-Zendaya Beradegan Panas

The Great Escape (1963)


Sumber foto: amazon

Film yang berlatar belakang perang ini diperankan oleh Steve McQueen, James Garner, hingga Richard Attenborough. Film adaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Paul Brickhill tahun 1950 silam ini menceritakan kisah yang berpusat tentang pelarian massal oleh tahanan perang Persemakmuran Inggris dari kamp POW Jerman Stalag Luft III di Sagan (sekarang Żagań, Polandia), di provinsi Silesia Bawah, Jerman.

Film ini didasarkan pada peristiwa nyata tetapi menyimpang secara signifikan dari catatan sejarah, karena dianggap menggambarkan versi pelarian yang sangat dibuat-buat, termasuk banyak kompromi. Walau demikian, film ini patut diacungi jempol karena memiliki akting dan jalan cerita yang baik.

Cool Hand Luke (1967)


Sumber foto: movieposters

Film yang dibintangi oleh Paul Newman dan George Kennedy ini juga bertemakan pelarian narapidana dari penjara. Berlatar belakang tahun 1950-an, veteran perang bernama Luke ditangkap karena memotong tiang parkir dan membuatnya dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Namun saat masa tahanannya, Luke menerima kabar jika ibunya telah meninggal.

Saksikan Juga

cf-analytic