img_title
Foto : Instagram/jennierubyjane

IntipSeleb Gaya Hidup – Siapa yang tak kenal dengan Jennie BLACKPINK? Dari keempat anggota BLACKPINK, Jennie menjadi salah satu yang terpopuler dan punya banyak penggemar baik kaum lelaki maupun wanita.

Penyanyi yang memiliki nama asli Kim Jennie ini debut bersama anggota BLACKPINK lainnya pada 2016 silam dengan single BOOMBAYAH.

Sosoknya yang tak hanya cantik namun juga karismatik dan elegan, membuatnya dipercaya menjadi brand ambassador berbagai produk berkelas dunia.

Ia juga menyimpan perjalanan karier yang menarik untuk diulas, dan memiliki sederet fakta yang sangat unik. Lantas, apa sajakah itu? Yuk, cari tahu sama-sama!

Baca Juga: Biografi Lengkap Park Shin Hye, Aktris Paling Populer di Korea

Profil Jennie BLACKPINK

1. Masa Kecil Jennie BLACKPINK

jennierubyjane/instagram
Foto : jennierubyjane/instagram

Kim Jennie atau yang sering disebut juga dengan Jennie Kim lahir di Seoul, Korea Selatan pada 16 Januari 1996. Ia sempat menjalani kehidupan masa kecil di dua negara yang berbeda, yaitu Korea Selatan dan Selandia Baru.

Ia bersekolah di Sekolah Dasar Cheongdam di Seoul. Meski lahir di Korea Selatan, Kim Jennie sempat mengenyam pendidikan selama 5 tahun di Selandia Baru hingga tahun 2010.

Jennie BLACKPINK pertama kali mengetahui soal K-Pop saat ia tinggal di Selandia Baru, dan mulai memiliki ketertarikan dengan YG Entertainment.

Ibunya sebenarnya memiliki rencana untuk memindahkan Jennie BLACKPINK ke Florida, Amerika Serikat saat usianya 14 tahun. Sang ibu ingin agar putrinya itu belajar dan menjadi pengacara atau guru.

Akan tetapi, Jennie tidak menyukai saran yang diberikan ibunya. Ia memilih untuk menentukan jalan hidupnya sendiri. Untungnya, pihak keluarga mendukung pilihan yang diambil Jennie kala itu.

2. Mulai Menjadi Trainee

Instagram/jennierubyjane
Foto : Instagram/jennierubyjane

Sehingga, pada tahun 2010 Jennie akhirnya kembali pulang ke kampung halamannya yakni Korea Selatan dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Cheongdam.

Di tahun yang sama, ia mencoba mengikuti audisi untuk YG Entertainment. Jennie Kim pernah mengungkap bahwa dirinya takut terhadap orang asing dan seringkali ragu mengambil inisiatif, sehingga ia sempat kesulitan memperkenalkan diri saat audisi.

Meski begitu, ia tetap melanjutkan audisi dan membawakan lagu Take a Bow milik Rihanna yang membuatnya sukses lolos audisi tersebut.

Walaupun awalnya ia mengincar posisi vokalis, namun YG Entertainment mempercayakannya agar mengambil posisi sebagai rapper karena kebanyakan lagu yang ia cover pada saat itu memiliki bagian rap.

Ditambah lagi, saat itu hanya Jennie Kim saja satu-satunya trainee yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang fasih sehingga semakin dianggap cocok untuk menjadi rapper.

Perjalanan Karier Jennie BLACKPINK

1. Masa Awal Karier

Instagram/Jennierubyjane
Foto : Instagram/Jennierubyjane

Jennie Kim pertama kali diperlihatkan kepada publik lewat sebuah foto yang diunggah di blog resmi milik YG Entertainment. Kemudian untuk pertama kalinya ia tampil secara resmi di video musik lagu That XX milik G-Dragon.

Setelah itu, lewat acara musik Inkigayo yang tayang di SBS, Jennie Kim tampil di atas panggung bersama G-Dragon untuk pertama kali.

Barulah pada tahun 2016, ia resmi debut dalam grup BLACKPINK dengan merilis album Square One dan single andalan berjudul BOOMBAYAH.

2. Memulai Debut Solo

jennierubyjane/instagram
Foto : jennierubyjane/instagram

Sukses berkarier sebagai anggota BLACKPINK, Jennie pun memulai debutnya sebagai penyanyi solo pada pertengahan tahun 2018 silam. Ia merilis single berjudul Solo yang pertama kali dinyanyikan pada tur BLACKPINK bertajuk In Your Area di Seoul.

Perilisan lagu solonya tersebut mendapat sambutan yang meriah dari para penggemar dan bahkan berhasil mendapat triple crown di tangga lagu Gaon karena berhasil memuncaki tangga lagu tersebut selama tiga minggu berturut-turut.

Lagu Solo bahkan mendapatkan sertifikat platinum dari KMCA dan dengan cepat memenangkan berbagai penghargaan musik.

Video musik untuk lagu tersebut juga berhasil menjadi video musik milik artis solo wanita K-Pop yang paling banyak dilihat dalam 24 jam pertama perilisannya.

Kemudian hanya dalam waktu 6 bulan sejak perilisan lagu tersebut, musik video untuk lagu Solo berhasil meraih angka penayangan fantastis yakni mencapai 300 juta lebih.

3. Didapuk Menjadi Brand Ambassador Berbagai Perusahan

Chanel via Vogue/vogue.com
Foto : Chanel via Vogue/vogue.com

Pesona Jennie BLACKPINK rupanya tak bisa ditolak oleh berbagai perusahaan di bidang fashion dan kecantikan. Banyak perusahaan yang satu per satu menjadikan Jennie BLACKPINK sebagai brand ambassador yang mewakili produk-produk.

Salah satunya adalah brand kelas dunia yaitu Chanel yang memilih Jennie Kim sebagai model untuk Chanel Beauty. Ia pun pertama kali melakukan pemotretan untuk brand tersebut lewat Harper’s Bazaar Korea pada Januari 2018.

Kemudian di bulan Juni 2018, ia terpilih menjadi duta Chanel dan pergi menghadiri peluncuran parfum baru yakni Les Eaux De Chanel yang berlokasi Deauville, Prancis.

Tak sampai di situ, berlanjut pada bulan Oktober di tahun yang sama, Jennie Kim menjadi Duta Global Chanel dan hadir dalam ajang peragaan busana Chanel sebagai perwakilan dari Korea Selatan.

Di ajang bergengsi itu, Jennie Kim bahkan berkesempatan untuk duduk di barisan depan di sebelah Pharrell Williams dan Pamela Anderson.

Berlanjut ke tahun 2019, idol yang kemudian ramai mendapat julukan ‘Human Chanel’ itu pun terpilih menjadi Duta Rumah Chanel.

Selain Chanel, sederet brand lainnya juga mempercayakan Jennie Kim untuk mewakili produk-produk mereka atau bekerja sama dalam proyek endorsment.

Sebut saja brand kecantikan mewah Hera yang dimiliki oleh Amore Pacific, Calvin Klein, Saint Laurent, Gucci, dan masih banyak lagi deretan brand yang menjadi portofolio Jennie Kim.

4. Penghargaan yang Diraih Jennie BLACKPINK

Beberapa penghargaan bergengsi juga berhasil diraih oleh idol berzodiak Capricorn ini. Pada 2019 lalu, ia berhasil meraih penghargaan Song of The Year untuk lagu Solo dalam ajang Gaon Chart Music Awards.

Kemudian masih di tahun yang sama, lagu Solo miliknya kembali membawa pulang penghargaan Digital Song Bonsang dari Golden Disc Awards.

Berlanjut ke tahun 2021, Jennie Kim mendapat Starlight Hall of Fame (Korea) yang diberikan oleh Weibo Starlight Awards.

Fakta Jennie BLACKPINK

- Jennie Kim memiliki masatrainee terlama di antara anggota BLACKPINK lainnya, yakni selama 6 tahun.

- Merupakan seorang anak tunggal dari keluarga kaya raya.

- Memiliki dua anjing kesayangan yang dinamakan Kuma dan Kai.

- Merupakan anggota BLACKPINK pertama yang memulai debut solo.

- Bersahabat dekat dengan pemeran Squid Game, yaitu Jung Ho Yeon. Keduanya pernah memamerkan kedekatan usai Squid Game menjadi pembicaraan di seluruh dunia.

- Merupakan artis solo wanita Korea pertama yang tampil di festival musik Coachella. Penampilannya bahkan masuk dalam 10 Hal Terbaik di Coachella 2019 oleh Billboard.

- Dijuluki anak emas YG Entertainment hingga YG Princess.

- Memiliki kemampuan memasak yang hebat. Hal ini diakui oleh anggota BLACKPINK yang lain dan ia pun dijadikan sebagai juru masak di BLACKPINK. (nes)

Topik Terkait