img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Merupakan suatu hal yang wajar jika rambut beruban seiring bertambahnya usia. Itu terjadi karena folikel rambut dalam tubuh kehilangan sel pigmen yang mengandung melanin. Karena sel pigmen berkurang ini, rambut akhirnya akan berubah menjadi abu-abu.

Namun uban sebenarnya bisa muncul kapan saja. Bahkan ada orang berusia dua puluhan yang sudah memiliki beberapa helai uban. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa penyebab umum rambut beruban sebelum waktunya. Yuk, Cek selengkapnya.

1. Keturunan Genetik

Pexels
Foto : Pexels

Dilansir dari WebMD, sebagian besar yang menentukan rambutmu bakal cepat memutih atau tidak itu berdasarkan genmu. Jadi jika orangtuamu mulai beruban di usia 30-an, maka kurang lebih kamu juga akan seperti itu.

Bukan cuma gen, ras juga punya peranan penting. Rata-rata, orang yang kulit putih baru mulai memutih rambutnya di usia pertengahan 30-an tahun. Sementara orang Asia baru mulai beruban di akhir usia 30-an tahun. Sedangkan rambut orang Afrika-Amerika baru akan beruban di usia pertengahan 40-an tahun.

Topik Terkait