img_title
Foto : VIVA

IntipSeleb Gaya HidupPancasila adalah ideologi negara Indonesia yang menjadi landasan bagi pembangunan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya.

Menjelang peringatan Hari Pancasila, yuk intip sejarah pancasila!

Awal Mula Terbentuknya Pancasila

pancasila
Source: Sampoerna University

Sejarah Pancasila dimulai pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pada 1 Juni 1945, sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dihadiri oleh para tokoh terkemuka Indonesia. Dalam sidang ini, ide-ide dan prinsip-prinsip yang kemudian menjadi Pancasila dibahas dan diperdebatkan secara intens.

Empat bulan setelah Sidang BPUPKI, tepatnya pada 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengadopsi dan mengumumkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Pancasila terdiri dari lima sila yang menjadi landasan moral dan filsafat bangsa, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Topik Terkait