img_title
Foto : MySelf

IntipSeleb – Dunia pekerjaan dihiasi dengan kesibukan dan kompetitif. Tak ayal, istilah ‘burnout’ ramai diperbincangkan. Burnout adalah keadaan kepenatan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh stres kronis di tempat kerja.

Burnout dialami oleh orang-orang yang merasa sangat penat sehingga bisa mengurangi kualitas dan kuantitas pekerjaan. Lantas, apa itu burnout dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu Burnout?

burnout
Source: The Seattle Times

Burnout adalah kondisi kepenatan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh stres kronis di tempat kerja. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan perasaan yang sangat lelah, putus asa, dan kehilangan minat terhadap pekerjaan.

Burnout biasanya terjadi ketika individu terus-menerus mengalami tekanan, tuntutan, dan beban kerja yang berlebihan tanpa adanya pemulihan yang memadai.

Biasanya, orang yang mengalami burnout menunjukkan beberapa gejala. Gejala yang paling menonjol antara lain kelelahan fisik, kelelahan mental, tak mampu mengatasi stres, hingga penurunan motivasi dan minat terhadap pekerjaan.

Topik Terkait