X
  • X1 dan IZ*ONE

IntipSeleb – Nasib X1 dan IZ*ONE akhirnya ditentukan jelang akhir tahun 2019. Seperti diketahui, dua grup jebolan program survival besutan Mnet, Produce X 101 dan Produce 48 tersebut terpaksa menghentikan seluruh aktivitas promosi karena terseret dalam skandal manipulasi voting yang dilakukan oleh PD Ahn Joon Young.

Baca Juga: Bisa Bubar, Mnet Umumkan Nasib X1 dan IZ*ONE Bulan Ini

Tepat pada Senin, 30 Desember, CEO CJ ENM yaitu Heo Min Heoi mengadakan konferensi pers dengan agenda permintaan maaf resmi mengenai kontroversi seri Produce 101. Selain itu, beliau juga mengumumkan masa depan dari X1 dan IZ*ONE yang telah dijanjikan sebelumnya. Ini pun menjadi momen yang telah dinanti-nantikan oleh para penggemar selama beberapa bulan belakangan. 

CJ ENM akan Berikan Kompensasi Kepada Pihak yang Dirugikan

Heo Min Heoi
CEO CJ ENM, Heo Min Heoi. (Sumber Foto: Osen)

Dilansir dari Soompi, Han Min Heoi meminta maaf secara pribadi karena telah menimbulkan kekecewaan atas tayangan kompetisi yang selama ini dimanipulasi. Tidak hanya itu, pihak CJ ENM berjanji akan memberikan kompensasi kepada para mantan kontestan yang terkena dampak atas skandal tersebut. Mereka akan bertanggung jawab penuh tanpa terkecuali.

“Pertama-tama, mengenai trainee yang menerima celaka karena manipulasi peringkat program audisi Mnet termasuk seri Produce 101, kami akan bertanggung jawab penuh dan memberikan kompensasi kepada mereka. Selain kompensasi finansial yang pasti, kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung kegiatan mereka di masa depan dan memberikan bantuan kerusakan praktis melalui diskusi mendalam dengan individu yang relevan,” ungkapnya.

Keuntungan Seri Produce 101 akan Dialokasikan

Heo Min Heoi
CEO CJ ENM, Heo Min Heoi. (Sumber Foto: Osen)

Sepanjang empat tahun penayangan Produce 101, diketahui Mnet telah meraup keuntungan sebesar 30 miliar won atau setara dengan Rp360 miliar. Kini, uang tersebut akan dialokasikan pada organisasi independen untuk memajukan industri hiburan Korea Selatan. 

“Semua keuntungan yang telah diterima oleh Mnet melalui program yang dimanipulasi, bersama dengan keuntungan yang akan diterima di masa depan, akan diserahkan. Kami berharap bahwa dana sekitar 30 miliar won dapat dikembangkan sebagai hasilnya. Dana ini akan dioperasikan oleh organisasi independen eksternal dan akan digunakan untuk pengembangan aktif industri musik dan pertumbuhan berkelanjutan K-pop” ujarnya. 

X1 dan IZ*ONE akan Lanjutkan Kegiatan Sebagai Grup

X1 dan IZ*ONE
Sumber Foto: MediaSR

Mengenai masa depan grup X1 dan IZ*ONE, akhirnya CJ ENM mengumumkan bahwa mereka akan kembali melanjutkan aktivitas promosi. Nantinya, Mnet tidak akan menerima keuntungan sepersen pun dari hasil promosi kedua grup. 

“Kami juga akan menyediakan semua dukungan yang memungkinkan untuk para member IZ*ONE dan X1 demi melanjutkan kegiatan. Mempertimbangkan rasa sakit dan tekanan emosional yang dialami para anggota bersamaan dengan pendapat penggemar yang mendukung untuk memulai kembali kegiatan mereka, kami akan bekerja untuk terus mendiskusikan rencana untuk IZ*ONE dan X1 agar dapat melanjutkan kegiatan sesegera mungkin. Seperti disebutkan sebelumnya, Mnet akan menyerahkan semua keuntungan yang diperoleh melalui kegiatan masa depan kedua grup kepada kami (CJ ENM),” pungkas Heo Min Heoi.

Baca Juga: Kronologi Manipulasi Voting Produce 101, Anggota X1 Tahu Gak Ya?