X

IntipSeleb – X1 resmi dibubarkan pada Senin, 6 Januari 2020 usai masing-masing agensi yang menaungi kesebelas member tidak mencapai kesepakatan dengan CJ ENM dan Swing Entertainment. Grup jebolan survival show Produce X 101 terpaksa terkena imbas dari kasus manipulasi voting yang dilakukan oleh PD Ahn Joon Young.

Mendengar kabar tersebut, One It, sebutan nama penggemar untuk X1, mengekspresikan kekecewaan mereka di media sosial Twitter. Berdasarkan pantauan Intipseleb, kini sejumlah tagar terkait dengan X1 mulai bertengger di daftar Trending Topic dunia. Mulai dari #Reboot_X1, #사랑하는_엑스원_고마워 (Cintaku X1 Terima Kasih), #WeTrustX1 serta #No_Disband_X1.

Baca Juga: BREAKING: X1 Resmi Bubar

Tak lama setelah berita pembubaran menyeruak, agensi yang menaungi dua mantan member X1, MBK Entertainment, mengunggah video perpisahan Lee Han Gyul dan Nam Do Hyon. Mereka berdua mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan selama ini sekaligus meminta maaf kepada One It.

Permintaan Maaf Lee Han Gyul

Lee Han Gyul
Sumber Foto: @mbkboys_official/Instagram

Video pertama memperlihatkan sosok Lee Han Gyul dengan balutan sweater coklat. Dengan wajah tanpa riasan dan rambut tidak tertata rapi, lelaki kelahiran 1999 ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh penggemar, para staf, serta pihak agensi yang telah memberikan dukungan selama ini, ketika dirinya masih aktif menjadi member dari X1.

“Halo, aku Lee Han Gyul. Aku ingin meminta maaf kepada orang-orang yang terkejut dengan berita ini. Aku senang telah mendapatkan begitu banyak pembelajaran dan pengalaman selama project ini. Aku juga bertemu dengan orang-orang baik di sana. Aku tidak akan melupakan cinta yang telah kalian berikan kepadaku. Aku bisa mendapatkan momen berharga ini hanya karena member X1 dan One It yang senantiasa ada. Aku berterima kasih untuk semua ini. Terima kasih juga kepada para staf Swing Entertainment yang telah melalui masa-masa sulit karena kami. Kami mengalami ini dan itu, tetapi kami akan mencoba untuk segera kembali,” ungkap Lee Han Gyul, yang belum selesai mengungkapkan perasaannya namun video telah terpotong. 

Raut Wajah Sedih Nam Do Hyon

Nam Do Hyon
Sumber Foto: @mbkboys_official/Instagram

Hal serupa juga disampaikan sang maknae dalam X1, Nam Do Hyon. Terlihat raut wajah sedih menyelimutinya selama memberikan ucapan perpisahan lewat video singkat tersebut. 

“Halo, aku Nam Do Hyon. Pertama, saya ingin meminta maaf kepada orang-orang yang terkejut dengan berita ini. Aku senang karena bisa belajar dan menerima banyak cinta selama promosi. Aku tidak akan bisa melupakan momen-momen bersama X1. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada X1 hyung dan anggota staf, serta One It yang selalu mendukungku. Aku akan mencoba yang terbaik untuk menunjukkan sisi terbaik (aku) sesegera mungkin. Aku juga berterima kasih kepada anggota staf Swing Entertainment yang telah bekerja sangat keras. Terima kasih,” ujarnya.

Bagaimana Nasib Lee Han Gyul dan Nam Do Hyon?

Lee Han Gyul dan Nam Do Hyon
Sumber Foto: Mnet

Lee Han Gyul telah melewati masa-masa sulit sebelum resmi menjadi anggota X1. Sebelumnya, dia pernah melakukan debut bersama grup IM66 namun tidak berjalan dengan baik. Akhirnya, dia mengikuti program survival KBS The Unit, tapi gagal menjadi salah satu line-up grup untuk debut. Dan pada tahun 2019, ia memutuskan untuk berpartisipasi di Produce X 101.

Sementara Nam Do Hyon yang kini baru menginjak usia 15 tahun, masih mengenyam pendidikan sebagai salah satu siswa di Hanlim Multi Arts School. Para penggemar mengaku khawatir dengan kelanjutan karier Lee Han Gyul dan Nam Do Hyon usai pembubaran X1 karena MBK Entertainment dinilai kurang memperlakukan keduanya dengan baik.